Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Persaingan Langsung: Pengertian, Faktor, dan Contohnya

Persaingan Langsung: Pengertian, Faktor, dan Contohnya


Pengertian Persaingan Langsung

Persaingan langsung (direct competition) adalah jenis persaingan pasar di mana dua atau lebih bisnis bersaing untuk produk atau layanan yang sama, di pasar sasaran yang sama untuk pelanggan potensial yang sama. Oleh karena itu, pesaing langsung dapat didefinisikan sebagai bisnis atau orang, atau organisasi apa pun dalam lini bisnis yang serupa.

Ciri Persaingan Langsung
Terdapat beberapa karakteristik penting dari pasar persaingan langsung di antaranya,
1. Di satu sisi, ini lebih berfokus pada produk yang menjalankan fungsi yang sama untuk konsumen. Misalnya, beberapa universitas menawarkan karier yang sama di wilayah geografis yang sama. Ini membuat target pasarnya sama.
2. Meskipun dalam persaingan langsung, karena produk yang ditawarkan sangat mirip, pelanggan menghargai dan berusaha menemukan manfaat atau atribut yang memberi mereka kepuasan yang lebih besar. Atribut ini mungkin berupa tingkat layanan yang lebih baik yang ditawarkan, harga yang lebih rendah, atau lokasi yang lebih disukai.
3. Oleh karena itu, jika kita melanjutkan dengan contoh universitas yang menawarkan karier yang sama, klien dapat memilih universitas yang memberikan harga yang lebih baik, yang paling dekat dengan rumah atau tempat kerja mereka, atau yang telah ditindaklanjuti. lebih dipersonalisasi.
4. Dengan cara yang sama, seperti dalam persaingan langsung ada pesaing yang menghasilkan produk yang sangat mirip, perusahaan berusaha memanfaatkan atau mengeksploitasi beberapa atribut yang memungkinkan mereka untuk membedakan diri dari pesaing lainnya.

Memang, dalam kasus universitas yang menawarkan karier yang sama, seseorang mencapai tingkat diferensiasi yang lebih tinggi karena teknologi yang digunakan untuk menyediakan layanan pendidikannya. Situasi ini akan memungkinkannya mencapai keunggulan kompetitif atas pesaing langsung lainnya.

Faktor Persaingan Langsung
Faktor utama perusahaan dapat menemukan persaingan langsung di antaranya,
1. Produk serupa
Di sisi lain, ketika sebuah perusahaan memproduksi dan memasarkan produk yang serupa kepada orang lain, perusahaan tersebut menghadapi persaingan langsung, seperti kasus Coca Cola dan Pepsi atau kasus McDonald’s dan Burger King.

2. Pasar serupa
Tentu saja, kita berbicara tentang persaingan langsung ketika perusahaan yang bersaing saling berhadapan di pasar yang sama. Artinya, mereka menargetkan kelompok pelanggan target yang sama, ini akan menjadi kasus dengan Apple dan Samsung yang menargetkan pengguna smartphone.

3. Kemampuan strategis serupa
Di atas segalanya, seseorang dapat berbicara tentang persaingan langsung ketika perusahaan menerapkan strategi produksi, pemasaran dan pemasaran yang sangat mirip seperti dalam kasus perusahaan otomotif seperti Toyota dan Hyundai.

Contoh Pesaing Langsung
Berbagai contoh persaingan langsung mudah terlihat di berbagai industri dan ceruk pasar seperti AT&T seluler dan T-Mobile keduanya terlibat dalam penjualan layanan telepon seluler dan produk di pasar serupa.

Contoh lain adalah McDonald’s dan Burger King bersaing untuk mengubah pelanggan yang haus burger. Pencarian Google, Yahoo, dan pencarian Bing bersaing di pasar mesin pencari online. Beberapa pesaing langsung populer lainnya adalah Boeing dan Airbus atau Chevy dan Ford.

Dengan cara yang sama, Coke dan Pepsi, Bru Coffee dan Nescafe Coffee, Verizon dan Sprint, Petco dan PetSmart, dll adalah beberapa contoh umum dari persaingan langsung.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
6. Materi Ringkas Interaksi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Persaingan Langsung: Pengertian, Faktor, dan Contohnya"