Pengertian Nilai Ekonomi

Pengertian Nilai Ekonomi
Nilai Ekonomi

Pengertian Nilai Ekonomi
Nilai ekonomi adalah ukuran manfaat yang diberikan oleh barang atau jasa kepada agen ekonomi (orang atau perusahaan). Nilai ekonomi juga bisa diartikan sebagai perhitungan keuntungan yang dihasilkan atau mungkin dihasilkan suatu aset di masa depan.

Nilai ekonomi ini umumnya diukur relatif terhadap unit mata uang. Dengan kata lain, nilai ekonomi mengacu pada jumlah tertinggi yang bersedia dibayar konsumen untuk suatu produk atau jasa. Nilai ekonomi tidak sama dengan harga pasar, begitu pula nilai ekonomi tidak sama dengan nilai pasar.

Jika seorang konsumen bersedia untuk membeli barang, itu menyiratkan bahwa pelanggan menempatkan nilai yang lebih tinggi pada barang tersebut daripada harga pasar. Selisih antara nilai bagi konsumen dan harga pasar disebut "surplus konsumen". Sangat mudah untuk melihat situasi di mana nilai sebenarnya jauh lebih besar dari harga pasar: pembelian air minum adalah salah satu contohnya.

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Nilai Ekonomi"