Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Nilai Ekonomi

Pengertian Nilai Ekonomi
Nilai Ekonomi

Pengertian Nilai Ekonomi
Nilai ekonomi adalah ukuran manfaat yang diberikan oleh barang atau jasa kepada agen ekonomi (orang atau perusahaan). Nilai ekonomi juga bisa diartikan sebagai perhitungan keuntungan yang dihasilkan atau mungkin dihasilkan suatu aset di masa depan.

Nilai ekonomi ini umumnya diukur relatif terhadap unit mata uang. Dengan kata lain, nilai ekonomi mengacu pada jumlah tertinggi yang bersedia dibayar konsumen untuk suatu produk atau jasa. Nilai ekonomi tidak sama dengan harga pasar, begitu pula nilai ekonomi tidak sama dengan nilai pasar.

Jika seorang konsumen bersedia untuk membeli barang, itu menyiratkan bahwa pelanggan menempatkan nilai yang lebih tinggi pada barang tersebut daripada harga pasar. Selisih antara nilai bagi konsumen dan harga pasar disebut "surplus konsumen". Sangat mudah untuk melihat situasi di mana nilai sebenarnya jauh lebih besar dari harga pasar: pembelian air minum adalah salah satu contohnya.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Nilai Ekonomi"