Pahlawan: Pengertian dan Nilai Kepahlawanan

Pengertian Pahlawan dan Nilai Kepahlawanan
Pahlawan

A. Pengertian Pahlawan
Pahlawan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran; pejuang yang gagah berani. Kata pahlawan dari Bahasa Farsi: پهلوان, "pejuang; pahlawan") yaitu orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran, atau pejuang yang gagah berani.

Sementara istilah pahlawan nasional diberikan kepada para pejuang yang berjasa kepada Negara Republik Indonesia, berjuang dalam Negara Indonesia, dan merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Menurut data Kementerian Sosial RI, hingga November 2020 terdapat 191 tokoh yang dianugerahi gelar pahlawan nasional.

B. Nilai Pahlawan
Berikut nilai-nilai kepahlawanan di antaranya,
1. Cinta Tanah Air
Cinta tanah air merupakan salah satu nilai kepahlawanan.  Salah satu nilai kepahlawanan yang harus dimiliki adalah cinta tanah air. Seorang pahlawan harus memiliki rasa cinta tanah air. Hal ini dikarenakan bangsa dan negara merupakan sesuatu yang diperjuangkan.

2. Pantang Mundur
Pantang mundur merupakan salah satu nilai kepahlawanan. Seorang pahlawan enggak boleh mudah menyerah. Mereka pantang mundur dalam situasi atau kondisi yang sedang dihadapi. Pahlawan selalu berusaha untuk memperjuangkan kebenaran.

3. Mengutamakan Kepentingan Golongan
Salah satu nilai kepahlawanan adalah dengan mengutamakan kepentingan golongan di atas kepentingan pribadi. Hal ini dikarenakan pahlawan enggak boleh mengutamakan kepentingan sendiri atau egois.

4. Ikhlas dan Tanpa Pamrih
Ikhlas dan tanpa pamrih juga merupakan nilai kepahlawanan. Seorang pahlawan harus menanamkan nilai ikhlas. Sehingga enggak mengharapkan imbalan dari orang lain. Imbalan dapat berupa pujian atau uang.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pahlawan: Pengertian dan Nilai Kepahlawanan"