Multidimensi Identitas: Pengertian, Faktor, dan Jenisnya

Pengertian Multidimensi Identitas
Multidimensi Identitas

Pengertian Multidimensi Identitas
Multidimensi identitas diartikan sebagai cara pandang, ukuran dan sudut pandang identitas seseorang yang berada dalam kelompok atau masyarakat. Identitas tersebut merupakan keadaan atau ciri khusus seseorang yang membedakan individu dan menandakan eksistensinya dalam masyarakat. Sementara identitas seseorang dalam kelompok atau masyarakat tidak akan dilihat dari satu sudut pandang saja, tetapi juga akan dilihat dari berbagai sudut pandang, cara, dan ukuran yang beragam.

Faktor Multidimensi Identitas
Multidimensi identitas dalam subjek individu maupun kelompok muncul karena adanya pandangan yang beragam dari anggota-anggota masyarakat terhadap seseorang yang menyandang identitas tertentu. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya,
1. Cara pandang yang berbeda terhadap status dan peranan seseorang dalam kelompok
Hal ini disebabkan oleh perbedaan persepsi antara anggota masyarakat terhadap status atau kedudukan seseorang di masyarakat di mana juga terdapat kewajiban dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Status merupakan perwujudan atau pencerminan dari hak dan kewajiban individu dalam tingkah lakunya.

Status sosial sering pula disebut sebagai kedudukan atau posisi, peringkat seseorang dalam kelompok masyarakatnya. Sedangkan peran merupakan aspek dinamis dari suatu status (kedudukan). Peranan adalah tingkah laku yang diharapkan dari orang yang memiliki kedudukan atau status. Apabila seseorang melaksanakan hak-hak dan kewajibannya sesuai dengan status yang dimilikinya, maka ia telah menjalankan peranannya.

2. Ukuran yang selalu berubah tidak sebanding dengan kemampuan seseorang penyandang identitas
Ukuran yang dimaksud adalah tuntutan masyarakat terhadap kemampuan seseorang yang menyandang status dan identitas. Ukuran yang berubah ini sangat wajar sesuai dengan kebutuhan manusia yang selalu bertambah. Hal ini dikarenakan tingkat kepuasan seseorang selalu berubah.

3. Budaya masyarakat yang beragam dalam memandang identitas seseorang
Budaya ini tercermin dalam masyarakat matrilineal, patrilineal, dan parental. Matrilineal yaitu suatu adat masyarakat yang mengatur alur keturunan berasal dari pihak ibu. Sedangkan patrilineal adalah suatu adat masyarakat yang mengatur alur keturunan berasal dari pihak ayah. Sementara itu, parental adalah adat masyarakat di mana ayah dan ibu memiliki peran yang penting dalam keluarga.

Jenis Multidimensi Identitas
Di dalam kehidupan bermasyarakat multidimensi identitas dapat dibedakan menjadi dua yaitu heterogenitas profesi dan heterogenitas gender. Pertama, heterogenitas profesi yang menunjukkan keberagaman profesi atau pekerjaan seseorang, tetapi hal tersebut tidak selalu membawa dampak yang positif bagi masyarakat.

Gejala sosial yang ditimbulkan dari adanya heterogenitas profesi adalah munculnya keberagaman profesi, lembaga pendidikan ditekan agar dapat menunjang kebutuhan pendidikan dan pelatihan untuk memenuhi permintaan profesi.

Di samping itu, akan ada dampak negatif yang akan muncul akibat heterogenitas profesi dalam kehidupan masyarakat apabila sarana penunjang tidak memenuhi permintaan kebutuhan. Akibatnya, dampak yang akan muncul dengan banyaknya pengangguran, urbanisasi, kriminalitas, korupsi, maupun ketimpangan sosial.

Multidimensi identitas yang kedua adalah heterogenitas gender yang menunjukkan perbedaan gender atau jenis kelamin. Dalam masyarakat yang modern, heterogenitas gender ini ditandai dengan semakin luasnya fungsi dan peran perempuan terhadap laki-laki di dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satu contohnya pekerjaan laki-laki yang kini bisa dilakukan oleh perempuan, begitu pun sebaliknya sehingga batas antara laki-laki dan perempuan akan semakin tipis.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Multidimensi Identitas: Pengertian, Faktor, dan Jenisnya"