Geografi: Objek Ilmu Geografi dan Aspeknya

Objek Ilmu Geografi dan Aspeknya
Objek Ilmu Geografi

A. Objek Ilmu Geografi
Setiap ilmu tentunya mempunyai objek studi dan pendekatan penelitiannya agar dapat mengetahui secara lebih menyeluruh mengenai permasalahan yang sedang dikaji tersebut. Objek studi geografi sendiri terbagi menjadi dua di antaranya,
1. Objek Material
Berupa kajian geografi dan yang paling umum dikenal yaitu mengenai geosfer (lapisan bumi), yang meliputi: Litosfer (lapisan keras) adalah lapisan luar atau kerak bumi kita Atmosfer (lapisan udara) dan lapisan atmosfer bawah dikenal sebagai troposfer. Hidrosfer (lapisan air) berupa lautan, danau, sungai, dan air tanah.

Biosfer (lapisan tempat hidup) terdiri atas hewan, tumbuhan, dan manusia sebagai suatu komunitas, bukan dilihat sebagai individu. Pedosfer (lapisan tanah) yaitu lapisan batuan dan telah mengalami pelapukan, baik pelapukan fisik, organik, maupun kimia. Kesimpulannya objek material geografi meliputi gejala-gejala yang terjadi di muka bumi, seperti aspek batuan, tanah, gempa bumi, cuaca, iklim, gunung api, udara, air, serta flora dan fauna yang terkait dengan kehidupan manusia.

2. Objek Formal
Merupakan sudut pandang dan cara kita berpikir terhadap suatu gejala yang ada di muka bumi. Baik itu yang bersifat fisik atau sosial yang dilihat dari sudut pandang keruangan (spasial). Pada ilmu geografi selalu ditanyakan mengenai di mana suatu gejala terjadi, dan mengapa bisa terjadi di sana. Maka diharapkan mampu menjawab berbagai pertanyaan berikut di antaranya,
a. Apa (what), terkait struktur, pola, fungsi dan proses kejadian di permukaan bumi.
b. Di mana (where), terkait letak suatu objek geografi di permukaan bumi.
c. Berapa (how much/many) menjelaskan ukuran (jarak, luas, isi, dan waktu) objek geografi dalam bentuk angka-angka.
d. Mengapa (why) memuat rangkaian waktu dan tempat, latar belakang, atau interaksi atau saling kebergantungan suatu gejala, peristiwa, dan motivasi manusia.
e. Bagaimana (how), berkaitan dengan penjabaran suatu pola, fungsi, dan proses gejala dan peristiwa. Kapan (when), menjelaskan waktu berlangsungnya kejadian.
f. Siapa (who), berkaitan dengan subjek atau pelaku dari suatu kejadian atau peristiwa.

B. Aspek Geografi
Aspek geografi merupakan suatu penginterpretasian dan gagasan serta hal-hal yang dipertimbangkan dalam geografi. Adapun aspek geografi ini terbagi menjadi 2 di antaranya,
1. Aspek Fisik
Aspek fisik menyangkut keadaan lingkungan alam di luar manusia. Contohnya, bentuk muka bumi, perairan, keadaan udara, tumbuhan, dan hewan, serta semua fenomena alam yang dapat langsung diamati. Aspek fisik ini dibagi lagi menjadi aspek topologi (wilayah), aspek biotik (manusia, vegetasi, dan hewan), dan aspek non biotik (tanah, perairan, dan iklim).

2. Aspek Sosial
Aspek sosial adalah seluruh masalah sosial, budaya, dan ekonomi yang terjadi karena adanya aktivitas serta kreativitas manusia di permukaan bumi. Beberapa hal yang dikaji dalam aspek sosial antara lain aspek ekonomi, sosial, politik, dan budaya.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Geografi: Objek Ilmu Geografi dan Aspeknya"