Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fisis Posibilisme: Pengertian, Gagasan, dan Contoh Penerapannya

Fisis Posibilisme: Pengertian, Gagasan, dan Contoh Penerapannya

Pengertian Fisis Posibilisme

Possibilisme adalah paham yang menganggap bahwa manusia mampu mengubah alam di sekitarnya agar sesuai dengan kebutuhannya. Manusia tidak hanya dianggap sebagai aktor pasif yang hanya menerima nasib, mereka bisa mengubah nasib mereka.

Possibilisme merupakan reaksi dari paham fisis determinisme yang sebelumnya eksis. Possibilisme dalam geografi berasumsi bahwa kebudayaan dikendalikan oleh kondisi sosial masyarakat bukan pada kondisi fisikal wilayah.

Teori ini dikemukakan Vidal de la Blache, mengungkapkan bahwa manusialah yang menentukan kehidupannya. Alam memberikan kemungkinan manusia memanfaatkan semua sumber daya sesuai dengan tradisi, budaya dan tingkat perkembangan sosial ekonomi.

Gagasan Fisis Posibilisme
Manusia dipandang bukan hanya produk lingkungan alami. Alam tidak lain lebih dari sekedar pemberi sinyal atau nasihat yang bisa kita pikirkan solusi pemecahannya. Secara umum, gagasan-gagasan yang diutarakan oleh paham possibilisme di antaranya,
1. Alam menyediakan potensi dan masalah, manusia yang memanfaatkan dan mengatasi hal tersebut dengan kecerdikannya dan teknologi
2. Manusia tidak diperbudak oleh lingkungan sekitarnya, justru kita yang bisa mengubah lingkungan sesuka kita
3. Kondisi lingkungan hanya dianggap sebagai saran, bukan paksaan dalam mengambil keputusan
4. Kecerdikan manusia dan pengembangan teknologi dapat menyelesaikan semua permasalahan yang dilemparkan oleh lingkungan
5. Apa yang mungkin terjadi dan terbangun di suatu wilayah lebih banyak dipengaruhi oleh biaya tindakan tersebut dibandingkan dengan kondisi lingkungannya

Contoh Penerapan Fisis Possibilisme
Saat ini perkembangan teknologi demikian pesat, banyak hal yang dahulu tidak mungkin dilakukan sekarang menjadi mungkin dilakukan. Berkat bantuan teknologi dan ilmu pengetahuan manusia yang senantiasa berkembang. Berikut beberapa contoh penerapan teknologi oleh manusia untuk menyelesaikan permasalahan yang disebabkan oleh lingkungan di sekitarnya di antaranya,
1. Bercocok Tanam di Daerah yang Kering
2. Membangun Perkotaan di Pegunungan
3. Membangun Kota di Tengah-Tengah Hutan

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga   

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.1 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.2 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013) 
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.3 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013) 
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.1 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.2 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.3 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)  

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Orang cerdas selalu punya cara untuk menang __Nasurudin Hoja

Post a Comment for "Fisis Posibilisme: Pengertian, Gagasan, dan Contoh Penerapannya"