Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Biografi Alfred Marshall

Biografi Alfred Marshall


Alfred Marshall (26 Juli 1842 – 13 Juli 1924) adalah seorang ahli ekonomi Inggris yang paling berpengaruh di zamannya. Marshall lahir di Bermondsey, wilayah sub urban kelas pekerja London tahun 26 July 1842. Ayahnya adalah juru tulis di Bank Inggris, ibunya adalah anak seorang penjual daging.

Marshall tumbuh di daerah suburban Clapham, London dan dididik di Merchant Taylor's School, Northwood dan St. John's College, Cambridge, di mana ia menunjukkan sebuah bakat dalam matematika, meskipun ayahnya menekankan pada sastra klasik dan bahas, tetapi Marshall lebih tertarik kepada matematika dibanding ilmu-ilmu kemanusiaan.

Dengan bantuan keuangan dari pamannya, Marshall masuk ke Universitas Cambridge di mana ia belajar matematika, filsafat dan ekonomi politik. Ketertarikannya pada filsafat sangat kuat. Tetapi Marshall memutuskan untuk mengkhususkan diri dalam bidang ekonomi.

Setelah menerima gelar dalam ilmu moral (saat itu tidak ada gelar ekonomi di Camridge). Dia menjadi profesor di 1868 yang dalam politik ekonomi. Pada awal karirnya, Alfred Marshall adalah ilmuwan dan pengajar di bidang falsafah (khususnya mengenai segi logika dan etika) dan matematika.

Dalam perkembangan selanjutnya ia tertarik pada ilmu ekonomi dan kemudian seluruh perhatiannya dipusatkan pada perkembangan teori ekonomi. Pada 1879 ia menulis tentang perdagangan internasional dan masalah protektionisme dalam judul The Pure Theory of Foreign Trade: The Pure Theory of Domestic Values.

Tahun 1885 Marshall menjadi profesor ekonomi politik di Universitas Cambridge. Pada tahun 1903 jurusan dibidang ekonomi dibuka di Universitas Cambridge. Institusi akademik lainnya segera mengikuti jejak Cambridge, dan ilmu ekonomi menjadi disiplin yang diakui di seluruh dunia. Karena alasan inilah Marshall menjadi ahli ekonomi yang paling terkemuka dewasa ini.

Namun kariernya ini hanya sampai pada tahun 1908, karena ia mengundurkan diri pada tahun tersebut yang diakibatkan oleh permasalahan kondisi kesehatannya. Mahasiswanya di Cambridge menjadi tokoh ekonomi, termasuk John Maynard Keynes dan Arthur Cecil Pigou.

Marshall hidup tertutup dan setelah mengundurkan diri dari Cambridge penyakitnya semakin kompleks, ia menderita tekanan darah tinggi, penyakit batu empedu dan ketegangan saraf, hingga akhirnya dia meninggal karena serangan jantung dalam keadaan lumpuh pada tanggal 13 July 1924 in Cambridge, Inggris, dua minggu sebelum ulang tahunnya yang ke 82.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.1 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.2 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013) 
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.3 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013) 
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.1 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.2 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.3 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)  

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Orang cerdas selalu punya cara untuk menang __Nasurudin Hoja

Post a Comment for "Biografi Alfred Marshall"