Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Self Reward: Pengertian, Manfaat, dan Caranya

Self Reward: Pengertian, Manfaat, dan Caranya


A. Pengertian Self Reward

Self reward adalah salah satu bentuk penghargaan untuk diri sendiri. Dengan kata lain, setelah berhasil mencapai berbagai target yang sudah direncanakan, sering kali orang memberi penghargaan pada dirinya sendiri, istilah ini disebut self reward.

Self reward merupakan hal yang cukup penting untuk kita sendiri. Dengannya kita menjadi lebih menghargai diri kita yang telah berjuang keras dalam menjalankan proses yang telah dilewati. Self reward juga bisa dikatakan sebagai bentuk kegiatan memanjakan diri.

Dengan Self reward diharapkan kita jadi lebih termotivasi dan bersemangat dalam melakukan suatu pencapaian di kemudian hari.

B. Manfaat Self-Reward
Terdapat beberapa alasan mengapa self-reward sangat penting untuk diri sendiri di antaranya,
1. Memberikan Apresiasi untuk Diri Sendiri
Apresiasi tidak harus selalu diberikan oleh orang lain. Anda juga dapat memberikan apresiasi kepada diri sendiri. Jika Anda harus menunggu orang lain untuk memberikan apresiasi tentu akan sangat sulit dan secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa kecewa dalam diri sendiri.

Oleh karena itu, apresiasikan diri sendiri dengan membeli makanan kesukaan, menonton bioskop, karaoke, mengunjungi wahana hiburan, dan hal apapun yang dapat membuat Anda merasa bahagia.

2. Tanda Bahwa Anda Mencintai Diri Sendiri
Self-reward juga merupakan tanda dari self-love atau mencintai diri sendiri. Dengan mengetahui apa yang dapat membuat diri sendiri bahagia, maka Anda sudah selangkah lebih maju dalam melakukan pengenalan diri. Ketika Anda mulai mengenali dan bahkan memahami diri sendiri, mengetahui apa yang disukai dan disenangi, maka itu tanda bahwa Anda sudah mulai mencintai diri sendiri.

3. Memotivasi Diri untuk Terus Maju dan Berkembang
Self-reward dapat diberikan sebagai bentuk apresiasi ketika Anda telah melakukan sebuah pencapaian. Di saat Anda sudah merasakan sebuah self-reward tersebut, akan ada keinginan dalam diri untuk dapat menikmati self-reward itu kembali. Dengan demikian, Anda akan termotivasi untuk terus melakukan pencapaian-pencapaian baru yang dapat membuat diri berkembang menjadi lebih baik lagi.

4. Melepaskan Stres dan Rasa Jenuh
Ketika Anda saat ini sedang merasa stres dan jenuh di tengah situasi yang tidak kondusif, maka self-reward dapat membantu mengatasi perasaan tersebut. Self-reward dapat meningkatkan energi positif dan juga perasaan Anda.

Terdapat berbagai macam self-reward yang dapat diberikan kepada diri sendiri yang intinya, apapun hal yang dapat membuat Anda senang. Dengan demikian, rasa stres dan jenuh pun dapat teratasi dengan self-reward tersebut.

5. Anda Berhak Mendapatkan Self-Reward
Alasan terakhir mengapa self-reward sangatlah penting adalah karena Anda berhak untuk mendapatkannya. Terlepas dari pencapaian apa yang telah diraih ataupun situasi apa yang sedang dialami saat ini, Anda berhak untuk mendapatkan self-reward. Anda perlu merasakan bahagia untuk dapat terus memiliki energi positif di dalam hidup ini.

C. Cara Self Reward
Tanpa harus boros, terdapat beberapa cara self reward yang dapat membuat Anda bahagia di antaranya,
1. Melakukan Quality Time dengan Keluarga
Cara pertama yang bisa dilakukan dan tentunya membahagiakan diri sendiri ialah berkumpul dan melakukan quality time dengan anggota keluarga. Quality time dengan keluarga bisa dilakukan dengan sekadar makan malam bersama sambil bercerita.

Kalau misalnya, Anda perantau, pulanglah sebentar ke rumah orang tua atau sanak saudara di kampung halaman. Dengan begitu, itu sudah menjadi salah satu bentuk self reward yang mampu membuat Anda bahagia tanpa harus berfoya-foya menghabiskan uang.

2. Membeli Barang yang Memang Sudah Diinginkan Sejak Lama
Salah satu bentuk self reward yang terbilang paling ampuh ialah membeli barang yang memang sudah diinginkan dan dibutuhkan sejak lama. Hati kita sangat menginginkan barang tersebut, akan tetapi pikiran kita menentangnya. Hal itu karena kita khawatir bahwa itu hanya sebatas ‘laper mata’ saja. Namun, sebagai bentuk self reward bagi kita yang sudah berjuang keras, tentunya akan menjadi kebahagiaan tersendiri.

Maka dari itu, cobalah sesekali manjakan diri dengan buka online shop andalan Anda dan cek isi keranjang yang sudah menjadi wishlist. Pilihlah salah satu barang yang memang sudah Anda dambakan sejak lama. Tentunya barang tersebut juga harus disesuaikan dengan budget yang kalian tetapkan. Setelah itu, check out dan bayar deh.

3. Meluangkan Waktu untuk Jalan-Jalan Sendiri: Me Time Part 1
Kalau Anda termasuk orang lebih senang untuk melakukan jalan-jalan sendiri. Cara ini tentunya akan sangat tepat untuk self reward. Cobalah luangkan waktu untuk sekadar jalan-jalan mengelilingi kota, kulineran di malam hari, atau bahkan travelling dan mengeksplorasi lokasi-lokasi unik yang berada di sekitar kota tempat tinggal Anda.

Terkadang, dengan jalan-jalan sendiri, akan jauh lebih leluasa untuk menentukan destinasi, jika dibandingkan jalan-jalan dengan orang lain. Lalu, budget yang dikeluarkan juga cenderung tidak banyak. Hal itu karena manusia terkadang memiliki kecenderungan tak bisa menahan ajakan orang lain, atau bisa dikatakan mudah tergoda.

Kemudian, pastikan untuk menentukan destinasi yang dapat menyegarkan hati dan pikiran Anda, serta jangan lupa untuk mengabadikan hal-hal tersebut dengan kamera handphone yang Anda miliki. Hal itu bertujuan, agar Anda bisa melihat momen-momen itu dikala kalian lelah juga penat dengan semua pekerjaan yang kalian lakukan dan lewati.

4. Meluangkan Waktu untuk Sekadar Bersantai di Rumah: Me Time Part 2
Tidak melulu jalan-jalan keluar karena tentunya banyak sekali bentuk self reward yang bisa kita lakukan di rumah di antaranya,
a. Membaca buku-buku yang dimiliki
Membaca buku yang sudah lama ingin Anda baca sambil bersantai merupakan self reward yang bisa Anda terapkan. Terkadang, kita memanglah memiliki kecenderungan untuk membeli buku sebanyak-banyaknya, tetapi karena saking padatnya aktivitas sehingga lupa untuk dibaca. Bahkan menyebabkan banyaknya buku-buku bacaan yang terbengkalai begitu saja.

Maka dari itu, sesekali untuk melirik tumpukan buku yang Anda miliki. Apalagi ketika pikiran sedang suntuk dan penatnya, cobalah alokasikan waktu untuk menambah wawasan dengan membaca buku-buku yang Anda punya.

Sebenarnya tidak harus buku-buku pengetahuan, bisa saja berupa novel, komik, cerpen, dan sebagainya. Dengan begitu, pikiran akan lebih fresh dan tidak suntuk lagi. Tipe-tipe pecinta buku dan introvert tentu akan cocok dengan self reward jenis ini.

b. Menonton film favorit
Bentuk self reward ini memanglah terbilang asik. Karena kita hanya perlu menyiapkan badan dan pandangan kita untuk menghadap ke layar televisi atau laptop. Carilah film-film yang memang sudah menjadi list tontonan atau Anda juga bisa untuk rewatch film yang pernah ditonton sebelumnya.

Usahakan untuk menonton film dengan genre ringan, seperti romance, komedi, atau drama. Hal itu bertujuan agar pikiran tidak tegang. Coba bayangkan saja apabila Anda menonton film dengan genre action atau yang berbau detektif, Anda akan cenderung berpikir keras. Namun, itu semua kembali lagi kepada diri sendiri. Intinya, tentukanlah genre film yang dapat menyegarkan pikiran kita.

c. Sekadar rebahan sambil bermain handphone
Self reward ini memang sangat sering dilakukan oleh kebanyakan orang. Hal itu karena kebanyakan dari kita sudah sangat lelah, penat, bahkan stres atas segala aktivitas yang telah kita lakukan. Maka untuk melakukan self reward yang anti ribet dan pastinya low budget, rebahan sambil bermain handphone saja sudah cukup membuat kita bahagia.

Bermain handphone bukan hanya sekadar scroll media sosial, seperti Instagram atau Twitter saja, melainkan bisa kita gunakan untuk membaca artikel-artikel, bermain games untuk sekadar menghilangkan bosan, dan semacamnya.

5. Melakukan Relaksasi Spa dan Pijat
Tidak hanya pikiran saja yang penat, raga kita tentu juga pasti lelah. Terlebih bilamana kita terlalu memforsir pekerjaan, membuat badan kita pegal-pegal dan rasanya ingin remuk. Sudah ditempel koyo sana sini, tetapi tetap tidak menimbulkan efek apapun pada badan kita.

Maka tidak ada salahnya untuk melakukan relaksasi spa dan pijat untuk diri sendiri sebagai bentuk self reward. Kegiatan spa dan pijat memanglah kegiatan memanjakan diri yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang, terutama perempuan. Dengan begitu, membuat pikiran dan badan menjadi rileks, menambah energi positif, detoksifikasi tubuh, dan sebagainya.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Self Reward: Pengertian, Manfaat, dan Caranya"