Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Self Improvement: Pengertian, Manfaat, dan Caranya

Self Improvement: Pengertian, Manfaat, dan Caranya


A. Pengertian Self Improvement

Self improvement (pengembangan diri) adalah segala bentuk tindakan yang diambil untuk meningkatkan kesadaran diri, bakat, kemampuan, keterampilan serta kualitas hidup untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya. Self development akan membantu seseorang untuk menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Self improvement dalam diri individu sangatlah penting di dalam proses kehidupan. Self improvement merupakan hal yang sudah semestinya diupayakan setiap individu. Hal itu karena, dalam meningkatkan kualitas dan pengembangan diri, diharuskan adanya kemauan yang berasal dari diri individu tersebut, bukan dari orang lain.

B. Manfaat Self Improvement
Self improvement yang dilakukan individu merupakan upaya individu untuk menggali potensi yang dimiliki serta mengembangkan dirinya agar tidak berada di kehidupan yang itu-itu saja. Berikut beberapa manfaat self improvement bagi individu yang melakukannya di antaranya,
1. Mampu Meningkatkan Kesadaran Individu
Setiap individu akan dihadapkan pada berbagai hal kemungkinan dalam hidup, baik hal yang baik maupun hal buruk. Dengan adanya self improvement dalam diri individu, ia akan lebih mampu mengetahui dan mengenal pribadinya, pola pikir yang ia miliki, serta perasaan yang ia rasakan saat dihadapkan oleh berbagai kemungkinan tersebut.

2. Mampu Membantu untuk Mengetahui Potensi yang Dimiliki
Self improvement dapat berperan penting dalam membantu untuk menggali kemampuan atau potensi diri yang dimiliki oleh tiap individu. Hal itu karena self improvement dalam diri individu dapat mempertimbangkan dan mengukur kemampuan atau potensi yang dimiliki sesuai dengan kapasitas pribadi tersebut.

Dengan begitu, penerapan self improvement di kehidupan sehari-hari akan memberikan pemahaman dan mampu untuk mengukur kemampuan atau potensi yang dimiliki dalam menetapkan suatu tujuan, serta individu tersebut akan tahu bagaimana cara untuk mewujudkannya.

3. Memberikan Efek Positif pada Kesehatan Mental
Self Improvement pada diri individu akan memberikan efek positif, terutama bagi kesehatan mentalnya. Dapat dikatakan kesehatan mentalnya lebih terjaga sehingga ia lebih mampu untuk mengatasi dan menghindari stress juga depresi, serta gangguan penyakit berkenaan dengan mental yang membutuhkan bantuan pengobatan khusus dari ahli.

Maka secara tidak sadar pun, dirinya tak lagi meratapi kegagalan yang pernah atau sedang dialaminya, lebih mau untuk memahami untuk mencintai dirinya sendiri, dan tak lagi membenci dirinya. Bahkan, hal tersebut bukan hanya hubungan pada dirinya sendiri, melainkan hubungan dirinya dengan orang di lingkungan sekitar.

4. Membimbing Menjadi Pribadi yang Lebih Baik
Self improvement mampu membimbing individu menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Apabila individu tersebut berhasil menjadi pribadi yang lebih baik, ia akan mudah untuk menaikkan kualitas diri (seperti: pekerjaan) kemudian memperluas koneksi antarindividu, dan menjalin hubungan yang harmonis dengan orang lain, baik itu yang berada di lingkungan sekitarnya maupun lingkungan luar.

Lalu, menjadi pribadi yang lebih baik juga membuat individu merasa senang dalam menjalani kehidupan yang sesungguhnya. Dengan begitu, tak ada lagi kata ‘iri’ atas pencapaian yang dipunyai oleh individu lain, malahan dirinya akan lebih fokus terhadap apa yang dimilikinya dan apa yang hendak diraih di kemudian hari.

Jelasnya, self improvement akan membuat hidup menjadi lebih tenteram, bahagia, damai, dan semacamnya, meskipun tak dapat dipungkiri bahwa rintangan, hambatan, dan segala macam ujian dalam hidup ini akan terus berputar.

5. Self Improvement Menciptakan Peluang Baru
Self improvement atau pengembangan diri yang telah dilakukan oleh individu pastinya akan mengarahkan dirinya ke berbagai peluang baru di kehidupannya. Self improvement akan membuka jalan baru yang semulanya tertutup.

Seperti halnya, sebuah kesuksesan akan tercapai apabila adanya persiapan dan peluang dalam mencapainya. Dalam konteks ini, self improvement berperan sebagai suatu “persiapan” yang mana individu tersebut akan mempersiapkan dirinya untuk menjadi individu yang lebih baik, yakni dengan self improvement atau pengembangan diri tadi.

Kemudian, bilamana seorang individu rajin membaca buku, mengikuti seminar-seminar, mengikut workshop, kursus, belajar pengetahuan bahasa asing, dan sejenisnya, kemudian berbagai peluang baru muncul menghampirinya, ia tentu akan mampu menghadapi kemungkinan peluang tersebut. Hal itu karena ia telah melakukan berbagai persiapan secara matang.

Oleh karena itu, pentingnya seseorang untuk mempersiapkan diri dengan menerapkan self improvement di dalam kehidupannya. Sesungguhnya, sebuah peluang akan hadir secara alami pada orang-orang yang siap dan tepat.

C. Cara Melakukan Self Improvement
Langkah pertama ketika Anda melakukan self improvement tentunya adalah menumbuhkan motivasi pada diri, Anda perlu mencari alasan yang kuat mengapa perlu untuk meningkatkan kapasitas diri. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai usaha untuk self improvement di antaranya,
1. Membuat Tujuan Harian
Tujuan tersebut harus ditulis dengan jelas, agar Anda tahu sudah sampai mana kemajuan yang dilakukan. Dengan membuat tujuan yang jelas, maka akan menambah semangat dalam proses peningkatan diri, Anda memang harus memulainya dengan membuat tujuan dan apa saja yang ingin kita capai dengan melakukan self improvement.
 
2. Update Ilmu Setiap Hari
Salah satu cara untuk mengupdate ilmu adalah dengan membaca, tentu saja pasti Anda sering mendengar bahwa, “membaca sama dengan membuka cakrawala dunia”. Bacaan yang bagus adalah yang dapat mengubah seseorang menjadi lebih baik. Buat jadwal untuk membaca buku, luangkan waktu setiap harinya (bisa satu jam, dua jam, dan seterusnya). Pilihlah bacaan yang memotivasi, atau langsung tentang self improvement.
 
3. Ciptakan Lingkungan yang Mendukung dan Positif
Cari teman yang mendukung dan batasi berinteraksi dengan teman yang menghambat mimpimu. Karena dalam proses peningkatan diri, pasti sangat membutuhkan dukungan dari lingkungan sekitar, karena dukungan akan sangat berpengaruh pada sikap maupun emosi.

Self improvement sebagai bentuk menghargai diri sendiri dengan menggali potensi dan mengasahnya menjadi kemampuan yang membuat percaya diri dalam mencapai tujuan hidup. Tentu saja tujuan hidup masing-masing orang berbeda, namun secara umum pasti sama, yaitu memperoleh kenyamanan dan ingin semua impian dapat terwujud.

Tetapi banyak juga belum berhasil dalam mewujudkan impiannya dikarenakan kapasitas diri yang memang belum memadai. Dan ini menjadi alasan mengapa self improvement perlu dilakukan untuk memperjuangkan kualitas hidup yang Anda inginkan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Self Improvement: Pengertian, Manfaat, dan Caranya"