Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Self Healing: Pengertian, Hal yang Perlu Dihindari, Metode

Self Healing: Pengertian, Hal yang Perlu Dihindari, Metode

A. Pengertian Self Healing

Self healing adalah sebuah proses penyembuhan diri dari luka batin atau mental yang dilakukan secara mandiri. Metode ini biasanya dilakukan saat seseorang sedang menyimpan luka batin yang sangat mengganggu emosinya. Misalnya saja trauma masa kecil, kegagalan yang mengecewakan, dan cemas terhadap sesuatu. Hingga kesedihan lainnya yang dapat memicu stres atau depresi.

Beberapa luka batin dapat disembuhkan oleh diri sendiri, namun sebagian lainnya  membutuhkan bantuan pakar. Self healing juga bisa diartikan dengan sistem pemulihan internal yang dilakukan secara sadar atau tidak sadar. Kemudian sistem ini dapat membantu Anda sembuh dari penyakit fisik maupun ketidakseimbangan emosi.

Banyak sekali orang yang merasa bahwa masalah yang sedang dihadapinya tidak bisa ditangani, maka dari itu seseorang tersebut akan pesimis, cemas, dan bahkan tidak bisa berbuat sesuai dengan nalarnya. Psikologis dalam diri yang buruk bisa mempengaruhi segala aspek kebaikan dalam diri manusia bahkan sampai keadaan fisiologis seseorang tersebut.

Permasalahan yang terjadi dalam hidup seseorang sering kali membuatnya menyalahkan dirinya sendiri dan me-nol-kan untuk berproses pada kesembuhan. Untuk memulai self healing, ada baiknya seseorang meyakinkan dirinya bahwa ia adalah orang yang hebat, kuat dan bisa bangkit dari keterpurukan yang dialaminya.

B. Hal yang Perlu Dihindari dalam Self Healing
Terdapat beberapa hal yang harus dihindari ketika ingin self healing di antaranya,
1. Menjauhkan diri
menjauhkan diri dari masalah memang merupakan sebuah mekanisme pertahanan diri manusia untuk melindungi diri sendiri. Pertahanan diri ini akan menarik kita ke zona nyaman masing-masing. Namun, menjauhkan diri secara terus menerus dengan konflik merupakan sebuah pemecahan masalah yang baik.

Tetapi, setiap masalah yang dihindari tentunya bisa menumpuk dan lama kelamaan membuat diri sendiri tidak bisa menerima konflik lainnya dan tidak bisa menerima dukungan dari orang-orang terdekat.

2. Mencoba melupakan masalah
Manusia memiliki organ penyimpan memori yang disebut otak. Manusia secara alami tidak bisa melupakan masalah begitu saja, seperti menghapus sebuah file di dalam komputer. Sesuatu yang diri kita benci dan membuat kita marah memiliki energi negatif di alamnya.

Sebaiknya, jangan mencoba untuk melupakan masalah tersebut, cobalah untuk memaafkan, mencoba ikhlas dan berdamai dengan keadaan. Dengan begitu, diri kita bisa merasa nyaman dan masalah yang ada di dalam memori kita tidak menimbulkan konflik lagi.

3. Meratapi kesedihan terus menerus
Ketika diri kita sudah lelah, bingung dan tidak tahu cara menyelesaikan masalah. Kita cenderung meratapi kesedihan secara terus menerus. Berharap masalah tersebut bisa selesai sendirinya bak di negeri dongeng. Namun, meratapi kesedihan terlalu dalam juga merupakan tindakan yang salah.

Meratapi kesedihan terlalu lama bisa membuat diri seseorang tidak mampu memecahkan masalahnya. Orang yang meratapi kesedihan cenderung berfokus pada kesedihan itu dan mengabaikan hal lainnya, bahkan tidak memikirkan solusi untuk memecahkan masalah itu.

4. Menyakiti diri sendiri
masalah yang bisa membuat kita sakit hati seringkali mengganggu diri kita. Dengan masalah itu diri kita juga bisa tersiksa dalam waktu atau periode yang lama. Setiap manusia mungkin berpikir bahwa sakit fisik lebih baik daripada sakit hati. Dari situlah, banyak manusia yang kerap menyakiti diri sendiri, dan menganggap sakit hatinya itu bukanlah masalah yang besar lagi.

Menyakiti fisik mengakibatkan hal yang serius, bukan menyelesaikan masalah tetapi malah menambah masalah. Kita harus sadar bahwa menyakiti diri sendiri hanya akan mengalihkan masalah, bukan ke arah yang lebih positif tetapi ke arah yang negatif.

C. Metode Self Healing
Stres atau kemurungan yang disebabkan dari luka batin secara tidak langsung bisa menyebabkan penyakit fisik lainnya. Berikut beberapa cara melakukan self healing di antaranya,
1. Sembuhkan Diri Melalui Energi
Salah satu teknik self healing adalah dengan metode timur kuno terfokus pada energi. Metode ini telah diajarkan selama berabad-abad dan dikatakan baik untuk menyembuhkan diri sendiri bahkan untuk luka fisik sekalipun. Untuk melakukannya, Anda perlu mengikuti 5 langkah berikut ini.
a. Pertama, duduk dengan nyaman dan perhatikan nafas Anda. Hal ini untuk menimbulkan perasaan bahwa saat ini Anda sedang hidup. Usahakan untuk fokus dan buang pikiran atau emosi negatif.
b. Kedua, gosokkan telapak tangan selama 30-60 detik dengan cepat dan rasakan kehangatan yang timbul dari gesekan tersebut. Berikan senyuman tipis di bibir agar membuat Anda lebih tenang.
c. Ketiga, renggangkan telapak tangan sekitar 6-8 inci dan rasakan energi yang mengalir di dalam diri Anda.
d. Keempat, tutup mata dan rasakan energinya mengalir ke seluruh tubuh. Beberapa bagian tubuh mungkin akan mengalami ketegangan, abaikan saja. Pikirkan bahwa energi yang mengalir dalam tubuh Anda adalah energi penyembuhan.
e. Kelima, salurkan energi ke bagian tubuh lainnya yang diinginkan. Kemudian rasakan energi tersebut memasuki setiap bagian yang berbeda.

Self Healing

2. Berikan Sugesti Positif Pada Diri Anda
Sugesti positif atau berpikir optimis adalah cara terbaik untuk melawan pikiran negatif. Anda dapat berbicara dengan diri sendiri secara lembut dan mengatakan bahwa dapat melalui hal ini dengan baik, Anda kuat, dan berjanji untuk menjadikan penyesalan atau kegagalan sebagai kekuatan untuk bangkit.

3. Lakukan Me Time
Terkadang Anda butuh me time atau waktu untuk diri sendiri, menjauh dari orang-orang di sekitar Anda. Dengan me time, Anda dapat menenangkan diri dan membuat keputusan atas apa yang akan dijalani berikutnya.

Karena bisa saja selama ini Anda terlalu sibuk memikirkan orang lain. Oleh sebab itu, Anda dapat memberikan waktu untuk beristirahat, mencintai diri sendiri atau self love, serta menciptakan kebahagiaan.

4. Mindfulness
Mindfulness merupakan berpikir dengan kesadaran penuh. Maksudnya, Anda fokus dengan apa yang terjadi pada saat itu. Kemudian menerima kenyataan tanpa ada penolakan atau penghakiman terhadapnya.

Teknik self healing ini dapat dilakukan dengan kesadaran penuh, terkait apa yang menyebabkan Anda terluka. Lalu Anda menerimanya, merasakannya dan melepaskannya seiring berjalannya waktu.

5. Izinkan Diri Anda untuk Memaafkan
Memaafkan sangat baik untuk proses penyembuhan. Dengan memaafkan, Anda telah berhasil mengatasi stres, melepaskan luka, serta keresahan yang selama ini mengganggu Anda.

6. Menulis Jurnal
Anda juga dapat melakukan Self Healing dengan Menulis. Anda dapat Menulis Bebas untuk Self Healing. Dalam artian menuliskan apa pun yang dirasakan. Baik itu tentang apa yang mengganggu, maupun hal yang membuat Anda bersyukur pada buku jurnal.

Menurut Jaime Fleres, penulis buku Birth Your Story, menggabungkan pemikiran dan perasaan sangatlah integratif, bahkan sampai ke neurobiologi. Mengapa bisa begitu? Karena proses ini mengaktifkan dan meminta belahan otak kiri juga kanan untuk memproses pengalaman Anda secara kolaboratif.

Menulis tidak hanya baik untuk kesehatan mental, namun juga baik bagi kesehatan fisik.

7. Cari Bantuan
Jika merasa memerlukan bantuan dari orang lain, Anda bisa berbicara kepada teman atau anggota keluarga yang dipercayai. Anda juga dapat menghubungi profesional jika kasus yang dialami lebih berat.

Self healing adalah upaya yang dilakukan untuk menyembuhkan luka batin secara mandiri. Self healing merupakan keinginan Anda sendiri untuk bangkit dan melepaskan segala energi negatif yang ada dalam diri.

Untuk melakukannya, ada beberapa cara mudah yang dapat Anda terapkan. Namun, perlu diingat bahwa teknik-teknik ini perlu latihan dan butuh waktu untuk menyesuaikan. Anda dapat melakukan self healing dengan metode penyaluran energi, memberikan sugesti positif pada diri Anda, melakukan me time, mindfulness, menulis puisi dan surat di jurnal dan mencari bantuan.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 2. Permasalahan Sosial (Kurikulum 2013)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Permasalahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Self Healing: Pengertian, Hal yang Perlu Dihindari, Metode"