Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Self Development: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Self Development: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya


A. Pengertian Self Development

Self development (pengembangan diri) adalah strategi yang diusahakan oleh individu guna mengembangkan kesadaran diri (self awareness), potensi, bakat, keterampilan, dan kemampuannya. Self development tentunya diperlukan karena di setiap sudut kehidupan kita diharuskan untuk maju dan berkembang, bahkan dari hal kecil sekalipun.

Self development bertujuan agar kualitas hidup dan pribadi menjadi lebih maju. Self Development merupakan salah satu kunci dalam mengembangkan kualitas hidup dan diri individu. Dengan kata lain, individu yang menerapkan self development pada dirinya akan berusaha untuk memperbaiki, mengubah, dan mengembangkan diri, baik itu kualitas pribadi maupun hidupnya.

B. Manfaat Self Development
Terdapat beberapa alasan self development penting untuk diupayakan di antaranya,
1. Membantu Mengenal Diri Sendiri
Dari perspektif self awareness, pengembangan diri dapat membuka wawasan luas terkait cara untuk memahami diri sendiri. Praktiknya melibatkan pemikiran aspek dari dalam karakter kita yang ingin diperbaiki. Dengan begitu kita jadi bisa memegang kendali sepenuhnya atas progres tersebut.

2. Dapat Mengambil Keputusan dengan Lebih Baik
Menjadi orang dewasa berarti memiliki tujuan hidup sendiri. Dan pada saat itu lah segala sesuatunya akan sangat bergantung pada diri kita. Setiap pilihan, tantangan, dan masalah akan mengandalkan berbagai macam pertimbangan yang kita ukur secara mandiri dengan sedemikian rupa.

Keputusan yang diambil tentu memiliki konsekuensi. Untuk menghindari konsekuensi yang negatif, kita tidak hanya memerlukan kemampuan pengambilan keputusan yang baik, tapi juga kepercayaan diri saat melakukannya. Kedua hal ini berasal dari kejelasan dan kesadaran diri yang merupakan dampak dari self development.

3. Menjaga Kesehatan Mental
Salah satu manfaat terbesar dari self development adalah dampak positifnya terhadap kesehatan mental. Pengembangan diri memperkenalkan kita pada cara-cara baru dalam memandang banyak hal. Hal ini akan membantu memperluas pola pikir dan mengembangkan kemampuan untuk merespons peristiwa atau keadaan dengan lebih baik.

Selain itu praktik pengenalan diri sendiri dalam self development juga memungkinkan untuk menangani pikiran dan emosi dengan lebih efektif. Misalnya seperti memahami alasan di balik munculnya emosi tertentu dan mempelajari tentang bagaimana mengatasi hal tersebut seiring berjalannya waktu.

Sebaliknya, seseorang yang tidak memiliki kesadaran diri dan fokus pada self development akan kesulitan dalam memegang kendali atas reaksi mereka yang dapat menyebabkan rasa stress dan cemas yang berlebihan.

4. Mengatasi Kelemahan Sekaligus Mengasah Skill yang Sudah Ada
Setiap orang pasti punya kekuatan dan kelemahannya masing-masing. Ini hal yang wajar. Alih-alih malu dan menutupi kelemahan tersebut, pengembangan diri yang baik justru akan melihat suatu kelemahan sebagai area untuk melakukan perbaikan, bukan sebagai hambatan yang bisa menghentikan kita dalam menggapai berbagai pencapaian hidup.

Tidak hanya mengatasi kelemahan, self development juga bermanfaat dalam hal mengasah kemampuan yang sebelumnya memang sudah dimiliki. Bagaimanapun juga belajar dan tumbuh adalah bagian dari self development, sehingga sangat membantu untuk mempertajam keterampilan dengan berfokus pada perbaikan kelemahan tadi.

5. Menambah Keharmonisan Hubungan
Saat memperbaiki diri sendiri, secara otomatis kita juga akan meningkatkan keharmonisan hubungan dengan orang-orang yang ada di sekitar. Misalnya, jika sifat pemarah selalu menjadi penyebab kerenggangan dengan orang terkasih, mengatasi aspek kepribadian secara sadar akan memungkinkan kita untuk dapat meredakan amarah dan menjadi lebih tenang.

Tidak cuma dalam hubungan pribadi, perubahan positif ini juga akan tercermin dalam hubungan profesional dengan kolega di kantor. Kunci penting untuk memerangi berbagai macam konflik dan membangun hubungan yang bermakna dimulai dengan melihat ke dalam diri sendiri dan melakukan pengembangan diri terlebih dahulu.

Ketika kita berusaha untuk menjadi orang yang mandiri dan memiliki citra yang positif, maka secara alami akan membawa kita ke dalam hubungan yang sehat.

C. Cara Melakukan Self Development
Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan dalam pengembangan diri di antaranya,
1. Kenali Diri, Apa saja Kekuatan dan Kelemahan yang Dimiliki
Hal yang paling utama yang bisa kita lakukan dalam pengembangan diri adalah mengenali kekuatan dan kelemahan yang ada pada diri kita sendiri dengan baik. Tidak ada satu orang pun yang dapat mengenal diri kita lebih baik daripada diri kita sendiri.
 
2. Mengenal Tujuan Hidup dengan Pasti
Cara selanjutnya adalah mengetahui secara pasti tentang apa saja yang ingin kita raih di dalam kehidupan ini. Dengan kata lain, tujuan hidup yang terarah adalah hal yang sangat perlu kita pikirkan. Tujuan hidup yang terarah akan membimbing kita dalam mengambil langkah-langkah yang benar sampai kita bisa meraih tujuan hidup yang diinginkan.
 
3. Tidak Pernah Berhenti Belajar
Belajar adalah proses tiada akhir. Meskipun kita sudah tidak duduk di bangku sekolah lagi, tapi bukan berarti proses belajar akan terhenti. Para individu yang tidak pernah berhenti belajar adalah orang-orang yang selalu melakukan pengembangan diri atau self-development. Kualitas diri mereka tidak pernah menurun, bahkan selalu meningkat.

Belajar merupakan salah satu cara utama agar kita bisa menjadi seorang yang mampu melakukan pengembangan diri atau self-development. Karena ketika kita melakukan proses pengembangan diri atau self-development, akan ada serangkaian hal baru yang perlu kita pelajari.
 
4. Rajin Membaca Buku Sebanyak Mungkin
Jika pada poin sebelumnya kita tidak boleh berhenti belajar, maka membaca buku adalah salah satu bagian terpenting dalam proses belajar yang juga perlu kita terapkan. Membaca buku akan membantu kita untuk terus mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.
 
Hal-hal yang tidak kita ketahui sebelumnya akan kita ketahui dan pahami ketika kita sudah membaca sebuah buku. Bahkan, hal-hal yang sebelumnya mungkin sudah kita ketahui, kita akan lebih memahaminya karena buku.
 
Buku-buku yang ditulis oleh orang-orang sukses adalah salah satu cara terbaik untuk mempelajari kesuksesan mereka. Kita bisa menjadikan buku-buku mereka sebagai mentor, karena pengajaran dan kata-kata motivasi mereka ada di dalam buku tersebut.

5. Belajar dari Sang Ahli
Jika kita masih merasa kurang percaya diri dan kurang maksimal dalam melakukan pengembangan diri atau self-development, maka satu-satunya cara untuk menjadi seorang yang ahli dalam pengembangan diri adalah belajar langsung dari para ahlinya.
 
6. Tidak Bergantung pada Satu Sumber Penghasilan
Ketika kita memiliki pekerjaan lain di luar kantor atau yang bisa disebut sebagai part-time, maka kemampuan kita akan semakin banyak dan berkembang. Kita bukan hanya bekerja dan mempelajari hal-hal baru di dalam kantor dari jam 8 pagi sampai 5 sore, namun kita juga mencoba hal-hal baru lainnya pada pekerjaan paruh waktu kita.

7. Jaga Kesehatan Mental dan Fisik Secara Teratur
Dari semuanya, kita tidak akan bisa melakukan pengembangan diri jika tidak menjaga kesehatan mental dan fisik kita dengan baik. Oleh karena itu, pastikan bahwa kita semua selalu menjaga kesehatan mental dan fisik secara teratur.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Nilai dan Norma Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 4. Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian (KTSP)
3. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 5. Perilaku Menyimpang (KTSP)
4. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 6. Pengendalian Sosial (KTSP)
5. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.1 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.2 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) 
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Nilai dan Norma Sosial
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Sosialisasi
11. Materi Ujian Nasional Kompetensi Penyimpangan dan Pengendalian Sosial  
12. Materi Ringkas Nilai dan Norma Sosial
13. Materi Ringkas Sosialisasi
14. Materi Ringkas Penyimpangan dan Pengendalian Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Self Development: Pengertian, Manfaat, dan Cara Melakukannya"