Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prinsip Ilmu Geografi: Pengertian dan Penjelasannya

Prinsip Ilmu Geografi: Pengertian dan Penjelasannya


Geografi merupakan ilmu yang mengkaji persamaan lokasi dan perbedaan keruangan atas fenomena fisik dan manusia di permukaan Bumi. Ilmu geografi juga memiliki prinsip geografi yang digunakan untuk menjelaskan berbagai fenomena geografi.

Prinsip Geografi adalah dasar untuk mengkaji, menjelaskan, menguraikan, dan menganalisis berbagai fenomena-fenomena geosfer seperti atmosfer, litosfer, biosfer, hidrosfer, dan antroposfer yang ada di dalam suatu wilayah. Pemahaman tentang prinsip dan pendekatan geografi sangat penting dalam belajar geografi.

Prinsip Geografi Menurut Para Ahli
1. Bintarto, prinsip geografi adalah studi yang mempelajari keterkaitan kausal gejala yang ada di permukaan bumi baik yang tampak secara fisik maupun non fisik. Tidak hanya itu saja ternyata, termasuk juga mempelajari beberapa hal seperti mengulas permasalahan hidup, ekologikal, keberhasilan dan proses pembangunan dan ekologikal maupun regional.
2. Alexander & Gibson, prinsip geografi sebagai studi yang mempelajari variasi keruangan yang ada di muka bumi secara keseluruhan. Di mana cabang ilmu ini sebagai ilmu yang menganalisis variasi keruangan yang memiliki keterkaitan dengan variabel keruangan itu sendiri.
3. Mustofa Bisri, prinsip geografi sebagai ilmu yang dibagi-bagi ke dalam beberapa hal misal iklim, flora & fauna, permukaan bumi, dan apapun itu yang ditemukan di permukaan bumi.
4. Harioso Setiyono, prinsip geografi sebagai ilmu yang tidak hanya mempelajari secara fisik muka bumi, tetapi juga mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungan.

Prinsip Ilmu Geografi
Terdapat empat prinsip geografi di mana keempat prinsip ini merupakan dasar untuk menjelaskan, menguraikan, mengkaji, dan menganalisis berbagai fenomena geografi dalam ruang. Secara umum keempat prinsip-prinsip ilmu geografi tersebut di antaranya,
1. Prinsip Distribusi
Prinsip distribusi atau penyebaran merupakan salah satu prinsip ilmu geografi yang paling utama. Fungsi prinsip persebaran ini digunakan untuk menelaah gejala dan fenomena geografi yang tersebar di permukaan bumi secara tidak sama dan tidak merata. Fenomena geografi yang diteliti bisa berupa bentang alam, persebaran penduduk, persebaran sumber daya alam, persebaran curah hujan, tumbuhan, hewan dan manusia.

Tujuan lain penggunaan prinsip penyebaran ini juga dapat mengungkap hubungan antara satu fenomena dengan fenomena yang lainnya secara menyeluruh. Selain itu adanya prinsip distribusi dapat digunakan untuk meramalkan keadaan di masa yang akan datang.

2. Prinsip Interelasi
Fungsi prinsip interelasi ini digunakan untuk menelaah hubungan yang saling terkait antara gejala yang satu dengan gejala geografi yang lain dalam suatu ruang. Tujuan prinsip ini juga berfungsi untuk menguraikan hubungan yang ada di dalam ruangan tersebut antara satu gejala dengan gejala yang lainnya.

Adanya hubungan yang saling terkait antara alam dan manusia menyebabkan dibutuhkannya prinsip keterkaitan atau sebab-akibat ini. Interelasi dapat terjadi antara alam dengan alam, manusia dengan manusia, maupun alam dengan manusia.

3. Prinsip Deskripsi
Prinsip deskripsi atau penggambaran menjadi salah satu prinsip geografi berikutnya. Fungsi prinsip deskripsi digunakan untuk memberikan penjelasan lebih jauh tentang gejala-gejala yang terjadi di muka bumi yang dapat diamati. Prinsip deskripsi ini pada intinya memberikan penjelasan yang lebih mendalam mengenai karakteristik yang spesifik pada gejala-gejala geografi.

Geografi menganut prinsip ini ditujukan untuk menggambarkan fenomena geosfer yang memerlukan deskripsi baik melalui tulisan, tabel, gambar dan grafik yang disajikan melalui fakta, gejala dan masalah sebab-akibat secara kualitatif atau pun kuantitatif.

4. Prinsip Korologi
Prinsip korologi bertujuan untuk menelaah gejala, fakta maupun permasalahan yang ada di suatu tempat yang ditinjau dari persebarannya, interelasinya, interaksinya dan integrasinya dalam ruang tertentu. Prinsip korologi ini merupakan prinsip geografi yang komprehensif karena memadukan prinsip-prinsip lainnya yaitu prinsip distribusi, prinsip interelasi serta prinsip deskripsi dalam satu prinsip yaitu prinsip korologi. Prinsip ini juga termasuk sebagai ciri-ciri geografi modern.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)   
5. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 1. Bentuk-bentuk Struktur Sosial (KTSP)
7. Materi Ujian Nasional Kompetensi Dinamika Struktur Sosial 
8. Materi Sosiologi Kelas XI. Bab 6. Masyarakat Multikultural (KTSP)
9. Materi Ujian Nasional Kompetensi Masyarakat Multikultural
10. Materi Ringkas Struktur Sosial dan Diferensiasi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Prinsip Ilmu Geografi: Pengertian dan Penjelasannya"