Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perdagangan Bebas: Pengertian, Keuntungan, dan Kelemahannya

Perdagangan Bebas: Pengertian, Keuntungan, dan Kelemahannya


A. Pengertian Perdagangan Bebas (Free Trade)

Perdagangan bebas (free trade) adalah kebijakan di mana pemerintah tidak melakukan diskriminasi terhadap impor atau ekspor. Sederhananya,  perdagangan bebas adalah kondisi tidak adanya kebijakan pemerintah dalam membatasi ekspor dan impor barang atau jasa. Meski begitu hampir tidak ada tempat di dunia ini yang 100% menerapkan perdagangan bebas.

Setiap negara memiliki seperangkat pajak yang kompleks atas barang-barang asing (disebut tarif), batasan jumlah barang yang dapat dibawa masuk (disebut kuota) dan pembatasan langsung untuk mengimpor barang-barang tertentu. Ketika orang berbicara tentang ‘perdagangan bebas’, mereka berbicara tentang penghapusan, atau pengurangan beberapa pembatasan ini.

Seperti yang dicontohkan oleh Area Ekonomi Eropa/Uni Eropa dan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara, yang telah mendirikan pasar terbuka dengan sangat sedikit pembatasan perdagangan. Sebagian besar negara-negara saat ini adalah anggota dari perjanjian perdagangan multilateral Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).

Namun, sebagian besar pemerintah masih memberlakukan beberapa kebijakan proteksionis yang dimaksudkan untuk mendukung kerja lokal, seperti penerapan tarif impor atau subsidi untuk ekspor. Pemerintah juga dapat membatasi perdagangan bebas untuk membatasi ekspor sumber daya alam. Hambatan lain yang dapat menghambat perdagangan termasuk kuota impor, pajak, dan hambatan non-tarif seperti undang-undang peraturan.

B. Keuntungan Perdagangan Bebas (Free Trade)
1. Perdagangan Bebas merangsang pertumbuhan ekonomi
Bahkan ketika pembatasan terbatas seperti tarif diterapkan, semua negara yang terlibat cenderung untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang lebih besar. Misalnya, Kantor Perwakilan Perdagangan AS memperkirakan bahwa menjadi penandatanganan NAFTA (Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara) meningkatkan pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat sebesar 5% per tahun.

2. Membantu konsumen
Pembatasan perdagangan seperti tarif dan kuota diterapkan untuk melindungi bisnis dan industri lokal. Ketika pembatasan perdagangan dihapus, konsumen cenderung melihat harga yang lebih rendah karena lebih banyak produk yang diimpor dari negara-negara dengan biaya tenaga kerja yang lebih rendah tersedia di tingkat lokal.

3. Meningkatkan investasi asing
Ketika tidak dihadapkan dengan pembatasan perdagangan, investor asing cenderung untuk menuangkan uang ke bisnis lokal membantu mereka berkembang dan bersaing. Selain itu, banyak negara berkembang dan terisolasi diuntungkan oleh masuknya uang dari investor A.S.

4. Mengurangi pengeluaran pemerintah
Pemerintah sering mensubsidi industri lokal, seperti pertanian, untuk kehilangan pendapatan karena kuota ekspor. Setelah kuota dicabut, pendapatan pajak pemerintah dapat digunakan untuk tujuan lain.

5. Mendorong transfer teknologi
Selain keahlian manusia, bisnis dalam negeri mendapatkan akses ke teknologi terbaru yang dikembangkan oleh mitra multinasional mereka.

C. Kelemahan Perdagangan Bebas (Free Trade)
1. Menyebabkan hilangnya pekerjaan melalui outsourcing
Tarif cenderung mencegah outsourcing pekerjaan dengan menjaga harga produk pada tingkat kompetitif. Bebas tarif, produk yang diimpor dari luar negeri dengan biaya upah lebih rendah, lebih murah. Walaupun ini mungkin terlihat baik bagi konsumen, hal itu menyulitkan perusahaan lokal untuk bersaing, memaksa mereka untuk mengurangi tenaga kerja mereka. Memang, salah satu keberatan utama NAFTA adalah bahwa ia mengalihdayakan pekerjaan Amerika ke Meksiko.

2. Mendorong pencurian kekayaan intelektual
Banyak pemerintah asing, terutama yang di negara-negara berkembang, sering gagal untuk menganggap serius hak kekayaan intelektual. Tanpa perlindungan hukum paten, perusahaan sering kali memiliki inovasi dan teknologi baru dicuri, memaksa mereka untuk bersaing dengan produk palsu buatan dalam negeri dengan harga lebih rendah.

3. Memungkinkan kondisi kerja yang buruk
Demikian pula, pemerintah di negara berkembang jarang memiliki undang-undang untuk mengatur dan memastikan kondisi kerja yang aman dan adil. Karena perdagangan bebas sebagian tergantung pada kurangnya pembatasan pemerintah, perempuan dan anak-anak sering dipaksa untuk bekerja di pabrik-pabrik yang melakukan pekerjaan berat di bawah kondisi kerja yang seperti budak.

4. Dapat membahayakan lingkungan
Negara-negara berkembang hanya memiliki sedikit, jika ada undang-undang perlindungan lingkungan. Karena banyak peluang perdagangan bebas melibatkan ekspor sumber daya alam seperti kayu atau bijih besi, penebangan habis hutan dan penambangan strip tanpa reklamasi sering kali merusak lingkungan setempat.

5. Mengurangi pendapatan
Karena tingginya tingkat persaingan yang didorong oleh perdagangan bebas yang tidak dibatasi, bisnis yang terlibat akhirnya mengalami penurunan pendapatan. Bisnis kecil di negara-negara kecil adalah yang paling rentan terhadap efek ini.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Perdagangan Bebas: Pengertian, Keuntungan, dan Kelemahannya"