Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kredit Tanpa Agunan: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Kredit Tanpa Agunan atau KTA
Kredit Tanpa Agunan atau KTA

A. Pengertian Kredit Tanpa Agunan (KTA)
Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah pinjaman dana tunai pribadi yang diberikan oleh Bank kepada debitur tanpa adanya jaminan atau agunan atas pinjaman tersebut. Kredit Tanpa Agunan tidak memerlukan jaminan aset seperti rumah atau mobil. Sebagai gantinya, pemberi pinjaman (kreditur) membuat keputusan persetujuan berdasarkan kelayakan kredit Anda, yang mencakup hal-hal seperti riwayat kredit, pendapatan, dan hutang berjalan.

Namun, periode pelunasan KTA ini lebih pendek dibandingkan dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Pada umumnya di Indonesia jangka waktu yang diberikan oleh Bank untuk pelunasan berkisar antara 3 sampai dengan 5 tahun dengan minimal pinjaman sebesar 5 juta rupiah hingga maksimumnya 300 juta rupiah.

B. Manfaat Kredit Tanpa Agunan (KTA)
Anda dapat menggunakan Kredit Tanpa Agunan (KTA) untuk memenuhi hampir semua biaya, meskipun beberapa pemberi pinjaman memiliki batasan dalam menggunakannya untuk hal-hal seperti investasi dan biaya kuliah.

KTA bekerja paling baik ketika digunakan untuk satu pengeluaran atau acara tertentu yang akan membantu Anda mencapai tujuan, seperti mengkonsolidasikan sejumlah utang menjadi pinjaman tunggal dengan tingkat bunga yang lebih rendah atau menyelesaikan perbaikan rumah yang akan meningkatkan nilai properti rumah Anda.

C. Kelebihan dan Kekurangan dari Kredit Tanpa Agunan (KTA)
1. Kelebihan KTA
a. Berharap untuk mendapatkan uang lebih cepat dengan pinjaman tanpa jaminan (agunan) daripada dengan pinjaman dengan agunan, yang mungkin memerlukan dokumen tambahan seperti bukti kepemilikan untuk mobil.
b. Pemberi pinjaman online yang menawarkan pinjaman pribadi tanpa jaminan menyediakan dana secepat hari yang sama saat Anda mengajukan pengajuan KTA.
c. Tidak seperti pinjaman dengan agunan, kreditur tidak dapat menyita properti Anda jika Anda berhenti melakukan pembayaran atau gagal bayar. Hanya saja konsekuensinya adalah memberi pengaruh negatif pada catatan kredit Anda.
d. Peminjam dengan skor kredit yang sangat baik (menurut data IDI historis) dapat memenuhi syarat untuk mendapat bunga serendah yang ada pada pinjaman beragunan. Tingkat persentase tahunan untuk pinjaman online tanpa jaminan mulai sekitar 6%.

2. Kekurangan KTA
a. Bagi Kreditur atau pemberi pinjaman, pinjaman tanpa agunan (KTA) lebih berisiko dan oleh karena itu mereka biasanya memberikan tingkat bunga yang lebih tinggi, terutama untuk peminjam dengan riwayat kredit yang buruk. Jumlah pinjaman yang tersedia juga mungkin lebih kecil daripada pinjaman dengan agunan.
b. Masih ada konsekuensi untuk gagal dalam pengajuan pinjaman tanpa jaminan: Skor kredit Anda akan menderita, saldo pinjaman yang belum dibayar dapat dijual ke agen penagih utang (debt collector / mendorong panggilan penagihan dari perusahaan yang tidak dikenal), dan Anda dapat dikejar dalam upaya mereka untuk menagih hutang.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 4. Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.4 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)  

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Bila kau tak tahan lelahnya belajar, maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” _Imam Syafi’i

Post a Comment for "Kredit Tanpa Agunan: Pengertian, Manfaat, Kelebihan, dan Kekurangannya"