Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Harga Pasar: Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhinya

Harga Pasar: Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhinya


A. Pengertian Harga Pasar (Market Price)

Harga pasar (market price) adalah harga ekonomi dari suatu barang atau jasa yang ditawarkan di pasaran. Harga pasar sering disebut juga sebagai harga keseimbangan atau ekuilibrium. Teori ekonomi berpendapat bahwa harga pasar bertemu pada titik di mana kekuatan penawaran dan permintaan bertemu. Perbedaan pada sisi penawaran atau sisi permintaan dapat menyebabkan harga pasar untuk suatu barang atau jasa dievaluasi kembali dan diubah.

Demikian, terdapat dua elemen yang mendasari terbentuknya harga pasar, yakni permintaan dan penawaran. Permintaan dapat dimaknai sebagai kesediaan konsumen untuk membayar produk atau jasa di tingkat harga tertentu. Sejumlah variabel dasar permintaan terdiri dari keinginan, kemampuan membayar atau keterjangkauan, dan kesediaan konsumen untuk membayar.

Sementara itu, penawaran merupakan ketersediaan produk atau jasa yang ditawarkan pada berbagai tingkat harga dan waktu tertentu. Lazimnya, saat harga komoditas naik, permintaan turun. Sebaliknya, ketika harga komoditas turun, permintaan pun naik.

B. Faktor Yang Mempengaruhi Harga Pasar
Meskipun prinsip harga pasar pada akhirnya bergantung pada penawaran dan permintaan, ada beberapa faktor yang juga dapat mempengaruhi harga pasar. Beberapa hal yang dapat mempengaruhi harga pasar dapat dikendalikan, sementara yang lainnya berada di luar kendali Manusia. Faktor-faktor yang mempengaruhi harga pasar meliputi di antaranya,
1. Bencana alam.
2. Peristiwa dunia.
3. Jumlah upah yang dibayarkan kepada pekerja.
4. Penurunan atau peningkatan lapangan kerja.
5. Penetapan harga barang mewah versus kebutuhan.

Bencana alam atau peristiwa dunia lainnya (misalnya, perang atau serangan) dapat membatasi pasokan untuk produsen. Penurunan pasokan yang diperlukan dapat memperlambat produksi barang atau kemampuan bisnis untuk menawarkan layanan. Dan jika ada defisit dalam produk atau layanan, permintaan bisa meningkat karena keterbatasan.

Pekerjaan dan upah yang dibayarkan kepada pekerja juga dapat mempengaruhi harga ekuilibrium. Penurunan lapangan kerja atau upah dapat menyebabkan konsumen merugi. Dan, konsumen mungkin tidak mampu membayar harga yang sama seperti sebelumnya.

Demikian pula, peningkatan pekerjaan dan upah membuat konsumen mampu membayar lebih banyak, memungkinkan harga pasar yang lebih tinggi untuk barang dan jasa.

Harga pasar barang mewah memiliki keseimbangan yang berbeda dengan kebutuhan pokok, seperti makanan. Dan, produk dan layanan mewah melanggar aturan dasar penawaran dan permintaan. Meski permintaan barang mewah lebih kecil, harganya hampir selalu tinggi. Kelangkaan tidak mempengaruhi harga barang mewah tersebut. Sebaliknya, konsumen bersedia membayar lebih untuk merek nama dan kualitas.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Harga Pasar: Pengertian dan Faktor yang Mempengaruhinya"