Pengertian Tenaga Kerja Tidak Langsung, Contoh, dan Perbedaannya dengan Tenaga Kerja Langsung

Pengertian Tenaga Kerja Tidak Langsung
Tenaga Kerja Tidak Langsung

A. Pengertian Tenaga Kerja Tidak Langsung
Tenaga kerja tidak langsung (indirect labor costs)  mengacu pada karyawan yang mengerjakan tugas yang berkontribusi pada kinerja perusahaan di luar menghasilkan produk dan layanan. Mereka bekerja di berbagai bidang seperti departemen administrasi, akuntansi, dan teknik.

B. Contoh Tenaga Kerja Tidak Langsung
1. Manajer produksi
Manajer produksi mengawasi staf karyawan untuk memastikan semua aspek proyek tepat waktu. Mereka memberikan instruksi dan harapan yang jelas kepada karyawan tentang proses produksi dan langkah-langkah yang mereka butuhkan untuk menyelesaikan tugas mereka.

Mereka dapat memberi tahu karyawan tentang penyesuaian ruang lingkup proyek jika pelanggan mengomunikasikannya kepada mereka.

2. Keamanan
Seorang penjaga keamanan memastikan ruang kerja aman bagi karyawan untuk melakukan tugas mereka. Mereka dapat berpatroli di sekitar gedung untuk mengidentifikasi aktivitas mencurigakan dan jika itu menimbulkan ancaman bagi karyawan. Mereka mungkin bekerja shift pagi atau sore untuk mengawasi gedung selama 24 jam.

3. Pemasaran
Karyawan pemasaran mempromosikan produk dan layanan perusahaan setelah diluncurkan ke publik. Mereka memproduksi dan mempublikasikan konten di halaman media sosial perusahaan mereka, dan mereka mengoptimalkannya sehingga pengguna dapat menemukannya di halaman hasil mesin pencari (SERP).

Profesional pemasaran memantau kinerja keterlibatan untuk melihat apakah mereka menjangkau audiens target mereka dan membuat penyesuaian pada strategi pemasaran perusahaan mereka berdasarkan hasil yang mereka kumpulkan.

4. Sumber daya manusia
Karyawan sumber daya manusia merekrut, mewawancarai, dan mempekerjakan karyawan untuk berbagai departemen. Mereka menentukan struktur penggajian dan tunjangan yang tepat untuk memberi kompensasi kepada karyawan dan berkoordinasi dengan manajemen tentang praktik terbaik untuk melatih dan mengembangkan kinerja karyawan. Sumber daya manusia dapat memperbarui buku pegangan karyawan untuk mencerminkan kebijakan perusahaan.

C. Perbedaan Tenaga Kerja Tidak Langsung dan Langsung
Tenaga kerja langsung adalah biaya yang terkait dengan produksi produk dan jasa. Perusahaan menghitung biaya tenaga kerja langsung dengan jam kerja yang dibutuhkan untuk menciptakan produk bagi pelanggan. Tenaga kerja tidak langsung bukan merupakan bagian dari proses produksi, dan hanya dibebankan sebagai biaya bagi karyawan yang membantu di area lain dalam organisasi.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Tenaga Kerja Tidak Langsung, Contoh, dan Perbedaannya dengan Tenaga Kerja Langsung"