Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sinking Fund, Fungsi, dan Sinking Fund dalam Perusahaan

Pengertian Sinking Fund, Fungsi, dan Sinking Fund dalam Perusahaan


A. Pengertian Sinking Fund

Sinking fund adalah dana khusus yang disisihkan untuk pengeluaran di masa mendatang, dan penempatannya terpisah dari tabungan. Ke depannya, tabungan ini akan digunakan untuk kepentingan sekunder yang direncanakan seperti pembayaran biaya sekolah, pergi berlibur, membeli mobil atau merenovasi rumah. Dengannya, sinking fund merupakan dana yang dapat digunakan tanpa merasa bersalah, karena memang sengaja ditujukan untuk dana di luar kebutuhan pokok.

B. Fungsi Sinking Fund
Berikut beberapa fungsi dari sinking fund di antaranya,
1. Mempersiapkan Keinginan dalam Jangka Panjang
Agar bisa mencapai setiap keinginan hidup tanpa mengganggu kondisi finansial, Anda bisa mempersiapkan keinginan-keinginan jangka panjang melalui sinking fund.

2. Menghindarkan Diri dari Utang
Tak dapat dipungkiri, saat ini terdapat banyak orang rela berhutang demi memenuhi keinginannya. Padahal terlalu banyak hutang juga tidak baik untuk ketenangan hidup.  Lain kondisinya jika Anda memilih mengalokasikan sinking fund dengan rutin. Meski tidak bisa langsung memenuhi keinginan, Anda tetap dapat mengetahui kapan keinginan tersebut tercapai.

3. Menabung untuk Banyak Keinginan Sekaligus
Jika Anda mempunyai banyak keinginan dan tidak ingin mengganggu kesehatan finansial, mengalokasikan sinking fund adalah salah satu solusinya. Misalnya, Anda sebenarnya bisa menabung Rp 10 juta selama 2 tahun untuk beli rumah. Tapi sebenarnya di saat bersamaan, Anda juga bisa menabung Rp 3 juta dan Rp7 juta selama 4 tahun untuk beli rumah dan mobil pribadi.

4. Jangka Waktu Pencapaian Lebih Jelas
Terakhir, fungsi sinking fund adalah membuat Anda mempunyai jangka waktu pencapaian lebih jelas. Dengan menargetkan suatu keinginan dalam periode tertentu, hal tersebut membantu Anda menyusun anggaran sinking fund. Sehingga Anda akan rajin menyisihkan dana agar mewujudkan keinginan sesuai target waktu.

C. Sinking Fund dalam Perusahaan
Di dalam perusahaan, sinking fund adalah suatu dana yang disisihkan untuk bisa melunasi hutang ataupun obligasi. Sinking fund merupakan suatu dana yang mampu membantu meringankan beban perusahaan saat jatuh tempo pembayaran hutang sudah tiba. Selain itu, perusahaan juga akan sangat diuntungkan dengan adanya dana ini. Sinking fund mampu membantu keamanan untuk investor yang melakukan pendanaan pada suatu perusahaan.

Lebih dari itu, perusahaan juga bisa mendapatkan keuntungan lainnya. Berbagai keuntungan bagi perusahaan yang  menyiapkan sinking fund di antaranya,
1. Risiko Default yang Lebih Rendah
Ketidakmampuan suatu perusahaan dalam membayar hutang yang sudah jatuh tempo adalah salah satu penyebab utama yang membuat perusahaan mengalami kondisi default. Kondisi tersebut tidak hanya bisa merugikan perusahaan, tapi juga bisa merugikan investor jika suatu perusahaan mempunyai sinking fund, maka para investor pun akan sangat merasa aman ketika mengalami kondisi bangkrut atau default.

2. Meningkatkan Kredit Perusahaan
Salah satu keuntungan dari sinking fund adalah mampu menurunkan risiko perusahaan dan menjadikannya sebagai elemen keamanan dari perusahaan yang bersangkutan. Sehingga, kredit perusahaan pun akan meningkat dan tingkat permintaan saham perusahaan pun akan melonjak. Dengan demikian, perusahaan akan lebih mudah dalam mengumpulkan dana untuk waktu yang akan datang.

3. Dampak Finansial Jangka Panjang
Kehadiran sinking fund mampu meningkatkan jumlah kas dan juga keuntungan perusahaan dalam beberapa tahun ke depan. Agar perusahaan mampu mempertahankan performanya tersebut, maka setiap investor pun akan tertarik untuk melakukan pendanaan di perusahaan tersebut.

4. Meringankan Beban Bunga
Melakukan pembayaran hutang dengan menggunakan sinking fund akan mampu memangkas biaya pengeluaran perusahaan dalam membayar bunga. Bunga hutang adalah suatu biaya yang sangat memberatkan beban finansial perusahaan, dan bukan tidak mungkin akan mampu menempatkan perusahaan dalam kondisi yang sangat sulit.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Sinking Fund, Fungsi, dan Sinking Fund dalam Perusahaan"