Pengertian Neraca Percobaan, Fungsi, Metode, Manfaat, dan Kelebihannya

Pengertian Neraca Percobaan atau trial balance
Neraca Percobaan

A. Pengertian Neraca Percobaan
Neraca percobaan (trial balance) atau neraca saldo adalah laporan pembukuan di mana saldo semua akun buku besar organisasi terdaftar dalam kolom akun kredit dan debit terpisah. Saldo biasanya terdaftar untuk mencapai nilai yang sama dalam total akun kredit dan debit. Setiap penyimpangan dari nilai yang diharapkan membantu mendeteksi kesalahan dalam pelaksanaan akuntansi.

Neraca saldo itu sendiri bukanlah laporan keuangan, tetapi terdiri dari semua informasi yang diperlukan untuk membuat tiga laporan keuangan utama yaitu laporan arus kas, neraca, dan laporan laba rugi. Dalam Siklus akuntansi, menyiapkan neraca saldo dilakukan tepat setelah memposting entri jurnal ke akun buku besar, dan tepat sebelum menyiapkan laporan keuangan.

B. Fungsi Neraca Percobaan
Fungsi dari neraca saldo yaitu untuk memastikan bahwa semua entri yang dimasukkan ke dalam buku besar telah sesuai dan selalu seimbang. Neraca saldo akan mencantumkan saldo akhir di setiap akun yang terdapat pada buku besar umum dan jumlah total dari sisi debit dan sisi kredit harus selalu cocok dan seimbang.

Secara umum, fungsi dari neraca saldo percobaan di antaranya,
1. Untuk menyajikan data kepada pemilik usaha atau perusahaan mengenai daftar konsolidasi semua saldo buku besar.
2. Merupakan metode terpendek untuk memverifikasi mengenai keakuratan data entri hitung yang dibuat dalam buku besar.
3. Jumlah total sisi atau kolom debit harus sama dengan total sisi atau kolom kredit, kalau tidak sama, berarti terjadi kesalahan yang terdapat dalam beberapa akun atau pencatatan dalam jurnal.
4. Membantu dalam persiapan pembuatan laporan keuangan akhir seperti: Laporan arus kas, laporan laba rugi, dan neraca.

C. Metode Neraca Percobaan
1. Metode Total
Metode total atau bisa disebut sebagai metode neraca saldo kotor. Dengan melakukan metode ini, semua akun pada buku besar di jumlahkan dan total sisi debit dan kredit dibawa ke neraca saldo.  

Dalam metode ini tentunya akan menghemat waktu karena waktu yang digunakan untuk menyeimbangkan akun disimpan dan setiap saldo percobaan dapat disiapkan ketika semua akun telah dijumlahkan.  Namun metode total ini tidak dipergunakan secara umum, dikarenakan tidak dapat membantu dalam penyusunan akun akhir.

2. Metode Saldo
Metode saldo sering digunakan oleh setiap perusahaan, dikarenakan menyusun laporan neraca percobaan disusun berdasarkan saldo akun besar. Halnya dengan metode neraca adalah hal yang pertama-tama dilakukan pada akun buku besar ialah penjumlahan dan juga diseimbangkan. Sehingga saldo yang dihasilkan ditransfer ke neraca percobaan.

Dalam metode ini juga sering dikenal sebagai metode neraca saldo bersih. Tentunya di dalam metode ini saldo mengacu pada perbedaan total sisi debit dan kredit dari setiap akun buku besar. Penyeimbangan akun buku besar menyiratkan penghitungan sisi debit dan kredit dari akun tertentu dengan menempatkan saldo di sisi di mana jumlahnya kurang.

3. Metode Total dan Saldo
Metode ini sering dikenal sebagai salah satu sebuah metode gabungan, sesuai dengan namanya, metode total dan saldo ini merupakan kombinasi dari dua metode yang dibahas di atas. Di dalam metode ini juga terdapat pernyataan berisi kolom untuk total maupun saldo.

Neraca percobaan merupakan salah satu langkah dari proses akuntansi, di mana ketika akun diposting di buku besar, pernyataan tersebut disiapkan untuk menunjukkan saldo debit dan kredit. Hal tersebut disiapkan dengan mendaftar semua akun setelah itu memasukkannya ke kolam masing-masing, dan jumlah yang terdapat dalam debit dan kredit juga harus sesuai dengan neraca saldo.

D. Manfaat Neraca Percobaan
1. Kemudahan penyesuaian posting
Neraca Percobaan yang dihitung menawarkan kenyamanan yang signifikan terkait keakuratan dan karenanya penyesuaian pasca TB dapat terpengaruh.

2. Memudahkan Audit
Trial Balance memberikan daftar semua buku besar dengan saldo. Untuk tujuan audit, neraca saldo dianalisis. Misalnya jika sifat akun adalah debit, tetapi memiliki saldo kredit, maka seluruh buku besar akan diperiksa. Jadi neraca saldo juga merupakan alat penting bagi auditor.

3. Mendefinisikan kredibilitas
Trial Balance juga digunakan oleh Bank dan lembaga pemberi pinjaman untuk memahami kapasitas pinjaman bisnis dan kredibilitas.

Terlepas dari banyak manfaat saldo Percobaan, sangat penting untuk memahami bahwa Saldo Percobaan yang dihitung tidak memastikan tidak ada kesalahan. Jika ada kesalahan offset, Neraca Percobaan akan menghitung meskipun ada kesalahan.

Neraca percobaan dapat melacak ketidakakuratan matematis dari buku besar. Namun, ada sejumlah kesalahan yang tidak dapat dideteksi oleh laporan ini:
a. Kesalahan kelalaian: Transaksi tidak dimasukkan ke dalam sistem.
b. Kesalahan entri awal: Transaksi entri ganda mencakup jumlah yang salah di kedua sisi.
c. Kesalahan pembalikan: Ketika transaksi entri ganda dimasukkan dengan jumlah yang benar, tetapi akun yang akan didebet dikreditkan dan akun yang akan dikreditkan didebit.
d. Kesalahan prinsip: Transaksi yang dimasukkan melanggar prinsip dasar akuntansi. Misalnya, jumlah yang dimasukkan benar dan sisi yang sesuai dipilih, tetapi jenis akun salah (misalnya, akun pengeluaran, bukan akun kewajiban).
e. Kesalahan komisi: Jumlah transaksi benar, tetapi akun yang didebit atau dikreditkan salah. Mirip dengan kesalahan prinsip yang dijelaskan di atas, tetapi kesalahan komisi biasanya merupakan akibat dari pengawasan, sedangkan kesalahan prinsip adalah konsekuensi dari kurangnya pengetahuan tentang prinsip akuntansi.

E. Kelebihan Menggunakan Neraca Percobaan
1. Akurasi aritmatika
Mengingat sifat sistem entri ganda, setiap transaksi akan menghasilkan dua entri yang sifatnya sama dan berlawanan. Karenanya, sangat penting untuk memastikan semua total buku besar debit akan cocok dengan total buku besar kredit. Karena neraca percobaan mencantumkan semua akun pada tanggal tertentu, total debit saldo percobaan harus sesuai dengan total kredit. Oleh karena itu Neraca Percobaan adalah indikator akurasi Aritmatika dari pembukuan akun.

2. Memberi pemandangan luas tentang keuangan usaha
Neraca percobaan adalah lembar ringkasan yang mencantumkan semua tepian dan saldo. Oleh karena itu, ia memberikan pandangan luas tentang transaksi akuntansi suatu organisasi.

3. Prasyarat untuk penyusunan Laporan Keuangan
Suatu organisasi perlu mengetahui untung rugi dan posisi keuangan pada akhir tahun. Dan dengan demikian untuk menyusun laporan keuangan, Trial Balance merupakan prasyarat. Semua pemangku kepentingan juga membutuhkan informasi ini. Ini adalah langkah pertama menuju penutupan akun untuk periode tertentu.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Neraca Percobaan, Fungsi, Metode, Manfaat, dan Kelebihannya"