Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Kinerja Keuangan, Fungsi, Tujuan, dan Manfaatnya

Pengertian Kinerja Keuangan, Fungsi, Tujuan, dan Manfaatnya


A. Pengertian Kinerja Keuangan

Kinerja keuangan adalah sebuah laporan mengenai kajian keuangan suatu perusahaan yang didapatkan dalam sebuah periode tertentu dengan maksud untuk mengetahui alur keuangan sebuah perusahaan. Kinerja keuangan merupakan suatu usaha formal yang dilakukan untuk kemudian mengevaluasi efisien serta juga efektivitas dari aktivitas atau kegiatan perusahaan.

Kinerja keuangan merupakan hal terpenting dalam sebuah dunia usaha terkait perusahaan, baik bagi internal maupun eksternal. Dalam membahas sebuah penilaian tentang kinerja suatu perusahaan maka, laporan tentang keuangan menjadi salah satu kunci yang tidak dapat dilupakan.

Keuangan sebuah perusahaan menjadi tolok ukur bagaimana suatu perusahaan dapat bertahan ke depannya. Seluruh data mengenai keuangan akan dihadirkan dalam sebuah laporan kinerja. Mulai dari uang masuk dan laporan uang keluar. Sehingga seluruh pergerakan keuangan dapat dipantau dengan jelas.

Kinerja Keuangan Menurut Para Ahli
1. Jumingan (2006:239), kinerja keuangan adalah suatu gambaran dari keadaan atau situasi keuangan perusahaan di dalam suatu periode tertentu baik itu yang kemudian menyangkut aspek dari penghimpunan dana atau pun juga penyaluran dana, serta juga pada umumnya diukur dengan menggunakan atau memakai indikator kecukupan modal, profitabilitas serta juga likuiditas.
2. Sutrisno (2009:53), kinerja keuangan merupakan suatu prestasi yang telah atau sudah diraih oleh suatu perusahaan pada periode tertentu yakni sebagai cerminan di dalam tingkat kesehatan perusahaan tersebut.
3. Fahmi (2011:2), kinerja keuangan adalah suatu analisis yang kemudian dilakukan untuk dapat atau bisa melihat atau menggambarkan bahwa sudah sejauh manakah suatu perusahaan tersebut di dalam melaksanakan dengan memakai aturan dari pelaksanaan keuangan yang baik serta juga benar.
4. Mulyadi (2007:2), kinerja keuangan sebagai penentuan secara periodik efektivitas operasional di suatu organisasi serta karyawannya itu dengan berdasarkan standar, sasaran, serta juga  kriteria yang ditetapkan sebelumnya.
5. Sawir (2005:1), kinerja keuangan adalah situasi atau kondisi yang mencerminkan keadaan atau situasi keuangan suatu perusahaan dengan berdasarkan standar, sasaran, serta kriteria yang ditetapkan.

B. Fungsi Kinerja Keuangan
Fungsi dari kinerja keuangan dalam sebuah bisnis adalah sebagai bahan acuan untuk mengetahui sejauh mana perusahaan tersebut mencapai target prestasinya. Sehingga dalam dunia bisnis akan diketahui sejauh mana dan selama berapa periode sebuah perusahaan dapat mempertahankan stabilitasnya.

Selain sebagai alat untuk mengetahui stabilitas perusahaan, tentunya laporan keuangan akan menjadikan perusahaan mengetahui kontribusi setiap unit kelolaan bisnisnya. Dengan begitu maka unit-unit yang kurang dalam berkontribusi akan mendapat evaluasi.

Dalam dunia bisnis tentunya laporan keuangan akan membeberkan beberapa data untuk menentukan strategi perusahaan ke depannya. Contohnya seperti bagaimana perusahaan akan  menghadapi tahun selanjutnya dengan dana yang tersedia. Dan dengan segala detail kas keluar dan masuk maka akan terlihat dengan jelas penentuan strategi bisnis selanjutnya.

Lalu fungsi umum yang terakhir dari laporan keuangan dalam dunia bisnis adalah sebagai acuan kebijaksanaan untuk penanaman modal. Sehingga dapat diketahui dengan jelas berapa minimal modal yang harus ditanamkan untuk memberikan efisiensi dalam produktivitas sebuah perusahaan.

C. Tujuan Kinerja Keuangan
Terdapat beberapa tujuan kinerja keuangan menurut Munawir (2012:31) di antaranya,
1. Mengetahui Tingkat Likuiditas. Likuiditas menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangan yang harus segera dilunasi pada saat ditagih.
2. Mengetahui Tingkat Solvabilitas. Solvabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban keuangan baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek.
3. Mengetahui Tingkat Rentabilitas. Rentabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memperoleh laba selama periode tertentu.
4. Mengetahui Tingkat Stabilitas. Stabilitas menunjukkan kemampuan perusahaan dalam menjalankan usahanya dengan stabil yang diukur dengan mempertimbangkan kemampuan perusahaan untuk membayar atau melunasi setiap hutang dan beban bunga tepat pada waktunya.

D. Manfaat Kinerja Keuangan
Terdapat beberapa manfaat kinerja keuangan bagi sebuah perusahaan di antaranya,
1. Untuk mengetahui sejauh mana perkembangan perusahaan yang sudah di capai dalam setiap periode tertentu.
2. Digunakan sebagai dasar perencanaan untuk perusahaan di masa yang akan datang.
3. Dapat digunakan  untuk menilai kontribusi suatu bagian dalam mencapai tujuan perusahaan secara keseluruhan.
4. Dapat melihat kinerja perusahaan secara keseluruhan.
5. Sebagai penentuan penanaman modal agar dapat meningkatkan daya produksi suatu perusahaan.
6. Memberi arahan dalam membuat keputusan dan kegiatan perusahaan pada umumnya dan divisi perusahaan pada khususnya
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Kinerja Keuangan, Fungsi, Tujuan, dan Manfaatnya"