Pengertian Bunga Tunggal, Cara kerja, dan Perbedaannya dengan Bunga Majemuk

Pengertian Bunga Tunggal
Bunga Tunggal

A. Pengertian Bunga Tunggal
Bunga tunggal adalah bunga yang diberikan berdasarkan perhitungan modal awal, sehingga bunga hanya memiliki satu variasi saja (tetap) dari awal periode sampai akhir periode. Modal awal merupakan modal yang dikeluarkan pada awal waktu usaha dan sebelum dibungakan.

Dengan kata lain, bunga tunggal adalah persentase dari pokok yang ditambahkan ke pokok tersebut secara teratur. Bunga tunggal terjadi ketika pemberi pinjaman memungut bunga hanya atas jumlah yang dipinjamkan.

B. Cara Kerja Bunga Tunggal
Cara kerja bunga tunggal dapat dilihat dari contoh sebagai berikut,
Contoh 1: Anda mengambil pinjaman sebesar 5.000.000 untuk dilunasi selama lima tahun. Bank mengenakan bunga sederhana sebesar 2,8 persen.

Dengan menggunakan rumus i = p x r x t, Anda dapat menghitung jumlah total bunga sederhana yang harus Anda bayarkan: 5.000.000 x .0.28 x 5, yang hasilnya 700.000 Anda akan membayar total  700.000 dalam bentuk bunga tunggal selama 5 tahun.

Contoh 2: Anda menyetor 1.000.000 ke dalam rekening tabungan yang memperoleh bunga sederhana 2,8% setiap bulan. Jumlah bunga bulanan adalah 1.000 x 0,028, yaitu 28.000 Setelah 15 tahun, total bunga sederhana yang masih harus dibayar menjadi 5.040.000 Artinya, 1.000 x 0,028 x 180 (jumlah bulan dalam 15 tahun).

C. Perbedaan Bunga Tunggal dan Bunga Majemuk
Terdapat beberapa perbedaan yang signifikan antara bunga sederhana dan bunga majemuk di antaranya,
1. Bunga tunggal lebih mudah dihitung.
2. Bunga tunggal selalu berjumlah sama karena merupakan persentase dari prinsip. Jumlah bunga majemuk akan berbeda setiap periode akrual karena merupakan persentase dari pokok ditambah bunga yang diperoleh atau diperoleh hingga saat ini.
3. Jumlah pokok akan tetap sama dengan bunga tunggal. Sedangkan untuk bunga majemuk ditambahkan ke pokok, sehingga meningkatkan jumlah pokok.
4. Karena biaya bunga dan jumlah pokok sama setiap periode akrual dengan pinjaman berbunga tunggal, Anda tidak akan dikenakan biaya bunga terutang saat melunasi pinjaman.
5. Bunga tunggal lebih baik untuk pembelian seperti pinjaman mobil karena biaya pinjamannya statis. Bunga majemuk lebih baik untuk investasi atau tabungan karena dana Anda akan tumbuh lebih cepat.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Bunga Tunggal, Cara kerja, dan Perbedaannya dengan Bunga Majemuk"