Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sustainable Development Goals, Latar Belakang, dan Tujuannya

Pengertian Sustainable Development Goals, Latar Belakang, dan Tujuannya


A. Pengertian Sustainable Development Goals (SDGs)

Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan adalah konsep pembangunan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup generasi sekarang dan masa depan masyarakat di seluruh dunia, tanpa menggunakan sumber daya alam di luar daya dukung dan daya tampung bumi.

SDGs merupakan rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia, termasuk Indonesia, yang bertujuan untuk memberantas kemiskinan, mengurangi ketimpangan, dan melindungi lingkungan. Tujuan Pembangunan Berkelanjutan mencakup 17 tujuan dan 169 target, yang diharapkan dapat dicapai pada tahun 2030.

SDGs diterbitkan pada tanggal 21 Oktober 2015 menggantikan program sebelumnya yaitu MDGs (Millennium Development Goals) sebagai tujuan pembangunan bersama sampai tahun 2030 yang disepakati oleh banyak negara dalam forum resolusi PBB. Jadi kerangka pembangunan yang berkaitan dengan perubahan situasi dunia yang sebelumnya menggunakan konsep MGDs sekarang diganti dengan SDGs.

B. Latar Belakang Sustainable Development Goals (SDGs)
Konsep tujuan pembangunan berkelanjutan dikemukakan pada Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Pembangunan Berkelanjutan pada tahun 2012. Konsep ini menetapkan serangkaian tujuan yang dapat diterapkan secara universal yang dapat diterapkan ketika menyeimbangkan tiga dimensi pembangunan berkelanjutan di antaranya,
1. Lingkungan
2. Masyarakat
3. Ekonomi

Agenda 2030 terdiri dari 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SGD) atau tujuan global, yang akan memberikan panduan untuk kebijakan dan pendanaan untuk 15 tahun ke depan (2030). Untuk mengubah persyaratan ini menjadi tindakan nyata, para pemimpin dunia bertemu di Markas Besar PBB di New York pada 25 September 2015 dan meluncurkan Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan.

Sasaran tersebut dirumuskan pada 19 Juli 2014 dan diserahkan kepada Sidang Umum PBB oleh Open Working Group on Sustainable Development Goals. Dalam proposal tersebut terdapat 17 tujuan dan 169 capaian yang mencakup isu-isu pembangunan berkelanjutan.

Langkah-langkah ini termasuk mengurangi kemiskinan dan kelaparan, meningkatkan kesehatan dan pendidikan, membangun kota yang lebih berkelanjutan, mengatasi perubahan iklim, dan melindungi hutan dan lautan.

C. Tujuan Sustainable Development Goals (SDGs)
SDGs mempunyai 17 tujuan dengan 169 target, di mana tujuan dan target-target dari SDGs ini bersifat global serta dapat diaplikasikan secara universal yang dipertimbangkan dengan berbagai realitas nasional, kapasitas serta tingkat pembangunan yang berbeda dan menghormati kebijakan serta prioritas nasional.

Tujuan dan target SDGs tidaklah berdiri sendiri, perlu adanya implementasi yang dilakukan secara terpadu. Tujuan dari SDGs (Sustainable Development Goals) yang dikutip dari Litbang Depkes RI di antaranya,
1. Menjamin kehidupan yang sehat serta mendorong kesejahteraan bagi seluruh orang di segala usia.
2. Mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan, meningkatkan gizi, dan mendorong pertanian yang berkelanjutan.
3. Mengakhiri segala bentuk kemiskinan di mana pun.
4. Membangun infrastruktur yang berketahanan, mendorong industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan serta membina inovasi.
5. Menjamin ketersediaan dan pengelolaan air serta sanitasi yang berkelanjutan bagi seluruh orang.
6. Mendorong pertumbuhan ekonomi yang terus-menerus, inklusif, dan berkelanjutan, serta kesempatan kerja penuh, produktif dan pekerjaan yang layak bagi semua orang.
7. Menjamin akses energi yang terjangkau, terjamin, berkelanjutan serta modern bagi semua orang.
8. Menjamin pendidikan yang inklusif dan berkeadilan serta mendorong kesempatan belajar seumur hidup bagi setiap orang.
9. Menjadikan kota dan pemukiman manusia inklusif, berketahanan, aman dan berkelanjutan.
10. Menjamin kesetaraan gender serta memberdayakan seluruh perempuan.
11. Mendorong masyarakat yang damai dan inklusif untuk pembangunan berkelanjutan, menyediakan akses keadilan bagi semua orang, serta membangun institusi yang efektif, akuntabel, dan inklusif di seluruh tingkatan.
12. Mengambil tindakan segera untuk memerangi perubahan iklim serta dampaknya.
13. Mengurangi kesenjangan di dalam dan di antara negara.
14. Menjamin pola produksi dan konsumsi yang berkelanjutan.
15. Melestarikan dan menggunakan samudera, lautan dan sumber daya laut secara berkelanjutan untuk pembangunan berkelanjutan.
16. Memperkuat perangkat-perangkat implementasi (means of implementation) dan merevitalisasi kemitraan global untuk pembangunan berkelanjutan.
17. Melindungi, memperbarui, dan mendorong pemakaian ekosistem daratan yang berkelanjutan, mengelola hutan secara berkelanjutan, memerangi penggurunan, menghentikan dan memulihkan degradasi tanah, serta menghentikan kerugian keanekaragaman hayati.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.1 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.2 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013) 
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.3 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum 2013) 
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3. Ketimpangan Sosial (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.1 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.2 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 3.3 Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Kurikulum Revisi 2016)  

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Sustainable Development Goals, Latar Belakang, dan Tujuannya"