Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sustainable Business, Triple Bottom Line, Tujuan, Karakteristik, dan Contohnya

Pengertian Sustainable Business, Triple Bottom Line, Tujuan, Karakteristik, dan Contohnya


A. Pengertian Sustainable Business (Bisnis Berkelanjutan)

Sustainable Business (bisnis berkelanjutan) adalah usaha bisnis untuk meminimalisir dampak negatif bagi lingkungan maupun sosial agar generasi penerus nanti memiliki sumber daya yang memadai untuk memenuhi kebutuhannya. “Sustainable” memiliki arti keseimbangan atau keberlanjutan.

Dalam konteks bisnis yang “berkelanjutan”, melibatkan pemeliharaan proses dan tindakan perusahaan dari waktu ke waktu. Perusahaan yang berkelanjutan mengacu pada perusahaan yang dapat mencapai tujuan bisnis jangka panjang dan menambah nilai dengan memasukkan aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan ke dalam strategi bisnisnya.

B. Triple Bottom Line
Triple Bottom Line diperkenalkan pertama kali oleh John Elkington pada tahun 1997. Triple Bottom Line memecah fokus perusahaan menjadi 3, keuangan dalam segi ekonomi, tanggung jawab sosial, dan tanggung jawab lingkungan.

Triple Bottom Line bertujuan untuk menjaga kesinambungan bisnis dengan memecah fokus perusahaan menjadi 3 unsur yaitu, keuntungan, manusia, dan planet sehingga perusahaan tetap mendapat keuntungan dan sosial lingkungan tetap terjaga.
1. Keuntungan = Profit/uang
Setiap bisnis ingin menghasilkan keuntungan, sehingga fokus kegiatan bisnis adalah mengejar keuntungan. Kegiatan yang dilakukan untuk mencari keuntungan adalah meningkatkan produktivitas dan meningkatkan efisiensi dengan mengorbankan biaya.

Peningkatan produktivitas juga dapat dicapai dengan perbaikan manajemen kerja, misalnya dengan menyederhanakan proses, mengurangi aktivitas yang tidak efisien, serta menghemat proses dan waktu servis. Efektivitas biaya dapat dicapai dengan menggunakan bahan seefisien mungkin dan mengurangi biaya sebanyak mungkin.

2. Orang-orang dalam Lingkup Sosial
Orang atau masyarakat adalah pemangku kepentingan yang sangat penting dalam menjalankan bisnis. Dukungan masyarakat sangat dibutuhkan untuk kelangsungan usaha dan perkembangan usaha. Oleh karena itu, perlu adanya janji untuk saling memberi manfaat kepada masyarakat dan yakin bahwa kegiatan komersial yang dilakukan akan berdampak pada masyarakat. Hal itu juga harus diperhatikan untuk membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

3. Lingkungan
Lingkungan sangat erat kaitannya dengan semua aspek kehidupan manusia. Misalnya air minum dan udara yang kita hirup. Sayangnya, banyak dari kita yang masih kurang peduli terhadap lingkungan karena belum merasakan manfaatnya secara langsung.

Pemikiran ini harus berubah. Perlindungan dan pemeliharaan lingkungan sangat erat kaitannya dengan kelangsungan bisnis. Dalam lingkungan yang terpelihara dengan baik, akan ada manfaat yang sangat besar, antara lain menjaga kesehatan, kenyamanan, dan ketersediaan sumber daya.

C. Tujuan Sustainable Business
Strategi ini memastikan bahwa perusahaan dapat beroperasi untuk generasi mendatang dan perusahaan yang berkelanjutan akan menjadi perusahaan global. Namun di sisi lain, untuk mentransformasikan strategi menjadi bisnis yang berkelanjutan, ada beberapa tantangan yang harus dihadapi.

Pertama, diperlukan perubahan mendasar, terutama dalam pemikiran dan manajemen bisnis, agar menjadi bisnis yang berkelanjutan dengan memperhatikan faktor ekonomi, sosial dan lingkungan. Tantangan kedua terletak pada para pemimpin yang akan ditunjuk untuk mengelola perubahan tersebut.

D. Karakteristik Sustainable Business
1. Radical Resource Productivity
Perusahaan mengurangi atau bahkan meninggalkan penggunaan sumber daya alam dalam proses produksinya. Perusahaan menghilangkan ketergantungan pada energi atau sumber daya yang tidak dapat diperbarui

2. Investment In Natural Capital
Perusahaan menjalankan dan menggunakan energi atau sumber daya untuk kebutuhan bisnis namun ikut memulihkan atau menjaga lingkungan dan sosial

3. Ecological Redesign
Perusahaan menggunakan sistem closed-loop production yaitu dengan mendaur ulang limbah hasil produksi menjadi sumber daya yang dapat digunakan lagi untuk kegiatan produksi

4. Service and Flow Economy
Perusahaan tidak lagi menjual produk, namun menyewakannya. Ketika produk sudah usang atau daya gunanya berkurang maka perusahaan akan mendaur ulangnya. Hal ini dapat mengurangi limbah barang rusak yang tidak digunakan oleh suatu perusahaan.

5. Responsible consumption
Perusahaan mempromosikan produknya dengan mengedukasi konsumen agar lebih bijak dalam membeli produk yang benar-benar mereka butuhkan sehingga dapat mengurangi terjadinya konsumen asal beli yang membuat produk terbuat sia-sia.

E. Contoh Sustainable Business
Berikut daftar penerima Sustainable Business Award: Winners of Sustainability Categories yang dikutip dari merdeka.com di antaranya,
1. Best, Strategy & Sustainability Management: Holcim. Special Recognition, Strategy & Sustainability Management: Bayer Indonesia.
2. Best Workforce: Vale Indonesia. Special Recognition, Workforce: Trakindo Utama.
3. Best Sustainability in the Community: Corteva Agriscience, melalui Program Benih Hibrida. Special Recognition, Sustainability in the Community: United Tractors
4. Best Energy Management: PT Pertamina. Special Recognition, Energy Management: Ispat Indo
5. Best Water Management: PT Multi Bintang. Special Recognition, Water Management: Asia Pulp and Paper (APP)
6. Best Waste and Material Productivity: PT Multi Bintang. Special Recognition, Waste and Material Productivity: Kreskros
7. Best Supply Chain Management: H&M Indonesia. Special Recognition, Supply Chain Management dPT Astra International.
8. Best Land Use and Biodiversity: Rimba Makmur. Special Recognition, Land Use and Biodiversity diterima oleh Chevron Indonesia.
9. Best Business Responsibility & Ethics: Vale Indonesia. Special Recognition, Business Responsibility & Ethics: APRIL Group
10. Best Stakeholder Engagement & Materiality: PT Asia Pulp and Paper (APP). Special Recognition, Stakeholder Engagement & Materiality: PT Pertamina
11. Best UN SDGs: APRIL Group. Special Recognition, UN SDGs: PT Pertamina
12. Best Cooling Efficiency Award: Ispat. Special Recognition Cooling Efficiency: Nestle Indonesia dan United Tractors.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 4. Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.4 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)  

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Sustainable Business, Triple Bottom Line, Tujuan, Karakteristik, dan Contohnya"