Pengertian Permintaan Laten

Pengertian Permintaan Laten
Permintaan Laten

Permintaan laten (latent demand) adalah salah satu keadaan permintaan di mana konsumen memiliki kebutuhan yang kuat untuk produk atau layanan, tetapi saat ini, tidak dapat dipenuhi karena kurangnya pasokan atau ketersediaan.

Keadaan permintaan laten ini terlihat ketika sebagian besar konsumen mempunyai kebutuhan yang kuat akan sesuatu yang tidak ada dalam bentuk barang atau jasa yang nyata. Demikian, sebagian besar produk baru adalah hasil dari permintaan laten.

Permintaan laten ini sebenarnya memberikan kesempatan pada manajer untuk mengembangkan produk atau jasa yang dibutuhkan oleh konsumen. Misalnya banyak perokok yang menghendaki rokok-rokok kesayangannya itu tidak mengandung nikotin yang dapat merusak kesehatan.

Dengan mengetahui hal ini, perusahaan dapat memasang filter pada produk rokoknya. Dalam hal ini manajer pemasaran mempunyai tugas untuk mengembangkan permintaan agar supaya tidak terjadi permintaan laten. Tugas ini disebut developmental marketing.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Permintaan Laten"