Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Permintaan Efektif dan Faktornya

Pengertian Permintaan Efektif dan Faktornya


A. Pengertian Permintaan Efektif

Permintaan efektif (effective demand) adalah permintaan yang disertai dengan daya beli dan terjadinya transaksi. Dengan kata lain, permintaan efektif merupakan permintaan masyarakat atas pembelian dan penjualan barang atau jasa yang disertai dengan daya beli atau kemampuan membayar. Di bawah permintaan ini, konsumen ingin membeli barang atau jasa yang mampu dibeli oleh konsumen.

B. Faktor Permintaan Efektif
Terdapat enam faktor yang mempengaruhi permintaan di antaranya,
1. Jika harga suatu komoditas menjadi lebih murah maka permintaan akan komoditas tersebut akan meningkat, begitu pula sebaliknya. Tingkat pendapatan dapat dijadikan acuan untuk memeriksa daya beli masyarakat. Semakin tinggi pendapatan, semakin kuat daya belinya. Sebab, permintaan barang juga akan meningkat.
2. Penentu kebutuhan selera masyarakat yang paling nyata adalah selera konsumen. Misalnya, jika seseorang lebih memilih barang bermerek, meski harga naik, permintaan akan barang bermerek akan tetap tinggi.
3. Intensitas permintaan konsumen Faktor ini mempengaruhi jumlah barang yang diminta. Permintaan barang non-darurat akan menyebabkan penurunan permintaan masyarakat akan barang-barang tersebut. Jika permintaan terhadap komoditas tersebut meningkat, yang terjadi justru sebaliknya. Misalnya, dengan meningkatnya curah hujan, maka intensitas permintaan payung akan meningkat.
4. Harga komoditas lain Jika harga suatu komoditas turun untuk mengurangi permintaan komoditas lain, maka kedua komoditas tersebut merupakan komoditas substitusi. Sebaliknya, jika penurunan harga suatu komoditas meningkatkan permintaan akan komoditas lain, maka kedua komoditas tersebut saling melengkapi.
5. Peramalan kondisi masa depan Faktor ini juga akan mempengaruhi permintaan konsumen akan barang dan jasa saat ini. Misalnya, jika konsumen mengharapkan pendapatan yang lebih tinggi bulan depan. Kemudian, konsumen akan rela menghabiskan sebagian dari tabungan mereka saat ini untuk membeli barang.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
6. Materi Ringkas Interaksi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Permintaan Efektif dan Faktornya"