Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Incremental Cost, Faktor, Contoh, dan Keuntungannya

Pengertian Incremental Cost, Faktor, Contoh, dan Keuntungannya


A. Pengertian Incremental Cost

Incremental cost (biaya tambahan) adalah suatu keputusan atas biaya tambahan yang dikeluarkan perusahaan jika memproduksi sejumlah unit tambahan. Dalam cost accounting, biaya ini bisa mempengaruhi harga produk, halnya peningkatan biaya produksi per unit, serta terjadinya kenaikan harga untuk mempertahankan suatu laba pada investasi sehingga menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Akan tetapi apabila biaya produksi per unit menurun, maka perusahaan dapat mengurangi harga produk maupun harga pokok penjualan. Dengan begitu perusahaan bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak atas penjualan unitnya. Dalam berbisnis, incremental cost merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan, karena memengaruhi pengeluaran biaya dalam pengembangan bisnis.

B. Faktor yang Memengaruhi Incremental Cost
Terdapat beberapa hal lain yang juga perlu mempertimbangkan nilai incremental cost di antaranya,
1. Adanya perubahan lini produk
2. Perlunya mempekerjakan tenaga kerja tambahan
3. Penambahan mesin baru atau mengganti yang sudah ada
4. Peralihan saluran distribusi

Perhitungannya pun tak jauh berbeda, yaitu dengan menghitung total biaya yang diperlukan untuk penambahan dikurangi biaya saat ini. Hasilnya kemudian dijadikan pertimbangan penetapan harga baru untuk menutupi incremental cost yang diperlukan.

C. Contoh Incremental Cost
Ketika sebuah perusahaan membuat dan menerapkan keputusan manajerial mengenai produksi barang atau jasa, biaya tambahan yang timbul dari keputusan ini adalah biaya tambahannya. Biaya tambahan mungkin timbul dari:
1. Mengubah lini produk
2. Mengubah tingkat keluaran produk
3. Membeli bahan tambahan atau baru
4. Mempekerjakan tenaga kerja ekstra
5. Menambah mesin baru atau mengganti yang sudah ada
6. Beralih saluran distribusi
7. Biaya overhead variabel

Untuk menghitung biaya tambahan, Anda hanya dapat menghitung semua biaya eksplisit periode sekarang, biaya peluang implisit, dan implikasi biaya masa depan yang timbul dari keputusan Anda untuk meningkatkan output. Anda akan mengecualikan biaya yang harus Anda keluarkan bahkan jika Anda tidak memutuskan untuk meningkatkan output.

D. Keuntungan Analisis Incremental Cost
Incremental value membantu suatu perusahaan untuk lebih efisien dan hemat dalam melakukan pengeluaran. Ini juga membantu pengambilan keputusan antara memproduksi sendiri atau dengan membeli dari pihak lain.

Analisis yang dilakukan juga dapat membuat perusahaan dapat memaksimalkan produksi yang dilakukan, tapi tetap menghasilkan keuntungan yang diharapkan. Tak jarang, suatu perusahaan manufaktur mendapatkan tambahan pesanan di waktu tertentu.

Melalui perhitungan incremental cost, maka akan mempermudah perusahaan mengambil keputusan, apakah permintaan tambahan pesanan tersebut perlu dilakukan atau tidak. Karena perhitungan ini akan memengaruhi harga yang akan ditawarkan dari produk tersebut. Paling tidak, keuntungan yang didapatkan harus bisa menutupi biaya tersebut.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Incremental Cost, Faktor, Contoh, dan Keuntungannya"