Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Fiscal Year, Persyaratan, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya

Pengertian Fiscal Year, Persyaratan, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya


A. Pengertian Fiscal Year

Fiscal year (tahun fiskal) adalah periode satu tahun di mana organisasi mengukur kinerja keuangannya. Biasanya digunakan oleh perusahaan dan pemerintah untuk melacak apakah mereka memenuhi tujuan anggaran mereka dan menyiapkan laporan keuangan yang termasuk dalam periode ini.

Tahun fiskal dapat dimulai pada 1 Januari dan berakhir pada 31 Desember, tidak semua tahun fiskal sesuai dengan tahun kalender. Tahun fiskal penting bagi perusahaan yang diperdagangkan secara publik dan investor mereka karena itu mencakup pendapatan yang memungkinkan perbandingan tahun-ke-tahun.

Fiscal Year Menurut Para Ahli
Otoritas Jasa Keuangan (OJK), fiscal year (tahun fiskal) adalah jangka waktu selama 12 bulan berturut-turut sebagai dasar penyelenggaraan dan penutupan buku dan suatu badan usaha untuk menetapkan hasil usaha, keadaan keuangan, rencana kerja, dan anggaran; tahun ini tidak perlu bersamaan waktunya dengan tahun kalender atau tahun takwim (fiscal year).

B. Persyaratan Umum Fiscal Year
IRS menetapkan pedoman yang harus diikuti perusahaan untuk tahun fiskal di antaranya,
1. Perusahaan dengan tahun buku yang berbeda harus mengajukan pada tanggal 15 bulan keempat setelah berakhirnya tahun buku. Misalnya, jika tahun fiskal perusahaan berakhir pada hari terakhir bulan Juni, maka mereka harus mengajukan pajak sebelum 15 Oktober.
2. Bisnis dapat mengajukan pengembalian pajak penghasilan pertama mereka, yang mengamati tahun fiskal mereka setelah mereka mendapatkan izin melalu IRS atau memenuhi kriteria di bawah Formulir 1128 yang mengizinkan perubahan pada tahun pajak perusahaan.
3. Bisnis dapat mengubah tahun fiskal mereka kembali ke tahun kalender sesuai keinginan.

C. Tujuan Fiscal Year
Mungkin banyak yang bertanya, kenapa periode fiskal atau tahun fiskal itu berakhir selain 31 Desember. Salah satu alasan adanya tahun fiskal adalah bertepatan dengan tahun bisnis biasa beroperasi. Berikut beberapa alasan mengapa perlu ada tahun fiskal atau periode fiskal di antaranya,
1. Mendukung Siklus Bisnis
Bisnis seperti akademisi atau sekolah, mungkin biasanya menerima pemasukan ketika tahun ajaran baru sekolah. Dengan fiscal year atau periode fiskal, sekolah bisa lebih mudah melacak penerimaan keuangan dari SPP para siswa yang tepat jatuh tempo di awal tahun ajaran baru.

Bagi bisnis akademis atau sekolah, manfaat tahun fiskal adalah mengetahui seberapa besar sumber daya yang perlu dikeluarkan untuk mendukung operasional sekolah.

2. Menguntungkan Bagi Bisnis Musiman
Sejumlah usaha yang mungkin hanya hadir selama musim-musim tertentu juga menerapkan periode fiskal atau tahun fiskal. Jadi, mereka bisa memperhitungkan penjualan yang terjadi selama tahun baru.

Misalnya, pada saat musim liburan, penjualan meningkat. Maka itu, bagi toko-toko retail atau toko musiman, periode fiskal atau tahun fiskal adalah bermanfaat untuk mendorong penjualan selama musim-musim tertentu.

3. Efisiensi Biaya Akuntansi
Dengan fiscal year atau periode fiskal, perusahaan atau organisasi mampu menekan anggaran akuntansi serta mengatasi permasalahan ekonomi usahanya.

Selama periode fiskal sebelum atau sesudah tanggal 31 Desember, perusahaan dapat bernegosiasi dalam menyesuaikan anggaran atau biaya akuntansi. Sehingga, performa laporan kinerja tahun fiskal akan menjadi lebih baik ketika dilihat auditor atau akuntan.

D. Manfaat Fiscal Year
1. Untuk memberikan perhitungan keuangan yang akurat
Ketika tahun fiskal perusahaan berakhir, itu memberi mereka waktu untuk memisahkan aset, kewajiban, dan ekuitas mereka untuk mengetahui berapa banyak mereka dapat membayar dividen kepada pemegang saham dan dimasukkan kembali ke dalam organisasi untuk memperluas pertumbuhannya.

Mereka juga dapat mengetahui kinerja karyawan saat ini untuk melihat apakah mereka memenuhi tujuan jangka pendek dan jangka panjang yang ditetapkan pada awal tahun fiskal. Tinjauan skala penuh atas perencanaan jangka pendek dan jangka panjang mungkin diperlukan agar organisasi berada di jalur yang benar untuk memenuhi sasaran yang ditargetkan.

2. Untuk menguraikan siklus pendapatan
Akhir tahun buku juga merupakan waktu untuk melihat di mana dan kapan sebuah perusahaan mendapat untung. Sebuah organisasi biasanya bertujuan untuk mengetahui pendapatan triwulanannya untuk mengkotak-kotakkan waktu dalam setahun seorang pelanggan membeli suatu produk.

Inilah sebabnya mengapa perusahaan di industri yang berbeda memiliki tahun fiskal yang berbeda. Misalnya, pusat kebugaran memperoleh lebih banyak pendapatan di awal tahun di mana sejumlah besar pelanggan pergi ke gym sementara toko perbaikan rumah tumbuh subur setelah musim dingin dan hujan mereda.

3. Membantu mempersiapkan anggaran perusahaan untuk tahun depan
Ketika perusahaan meninjau kinerja dan tujuan karyawan, mereka harus mengidentifikasi anggaran yang dialokasikan untuk departemen yang mengerjakan proyek yang relevan. Berkomunikasi dengan manajer Anda untuk melihat apakah anggaran yang mereka miliki kondusif bagi mereka untuk sukses.

Pertimbangkan untuk meningkatkan anggaran teknologi Anda untuk merampingkan produksi staf Anda saat ini atau mempekerjakan karyawan magang dan karyawan penuh waktu untuk mendelegasikan tanggung jawab dari karyawan saat ini di dalam departemen.

4. Untuk memaksimalkan peluang untuk promosi
Jika sebuah perusahaan mencapai tujuannya pada akhir tahun, karyawan saat ini dapat dipertimbangkan untuk promosi ke posisi manajerial. Perusahaan juga dapat mengelola kenaikan gaji kepada karyawan tertentu setelah mereka bertemu dengan mereka untuk tinjauan kinerja tahunan.

Seorang karyawan mungkin bertanya tentang kenaikan gaji sebelumnya, jadi penting untuk bersiap jika mereka mengambil inisiatif. Penting juga untuk mengetahui apakah mereka melihat masa depan bekerja untuk organisasi dan apa yang dapat dilakukan perusahaan untuk memenuhi tujuan karier individu mereka.

E. Contoh Fiscal Year
Perusahaan juga dapat mengatur tanggal mulai dan berakhirnya pelaporan keuangan. Berikut adalah daftar contoh tahun fiskal yang dapat dipilih perusahaan.
1. 1 September hingga 31 Agustus (12 bulan)
2. 1 Maret hingga 28 Februari (12 bulan)
3. 1 April s/d 31 Maret (12 bulan)
4. 52 minggu berakhir pada hari Sabtu yang paling dekat dengan 31 Mei Tahun fiskal pemerintah Amerika Serikat berlangsung dari 1 Oktober hingga 30 September.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Fiscal Year, Persyaratan, Tujuan, Manfaat, dan Contohnya"