Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Financial Planner, Tugas, Tipe, dan Manfaatnya

Pengertian Financial Planner, Tugas, Tipe, dan Manfaatnya


A. Pengertian Financial Planner

Finansial planner adalah seseorang atau lembaga yang telah memenuhi persyaratan untuk membantu klien dalam mencapai tujuan finansialnya. Finansial planner juga dapat diartikan sebagai seseorang yang fokus dalam merencanakan finansial untuk membantu kliennya dalam mencapai tujuan akhir.

Finansial planner bertugas dalam memberikan konsultasi pada klien untuk menganalisa tujuan, toleransi risiko, kehidupan, tahapan, serta jenis investasi yang sesuai. Dari hasil analisa tersebut, financial planner   akan memberikan perencanaan program yang mampu membantu kliennya dalam mencapai tujuan finansialnya.

Termasuk di dalamnya merencanakan strategi investasi, pajak, tabungan pensiun, pengeluaran kecil dan besar, serta perencanaan tempat tinggal. Pada umumnya, mereka akan memberikan perencanaan keuangan secara umum. Tapi, ada juga yang memang mempunyai spesialisasi pada bidang tertentu, seperti perencanaan pada dana investasi dan juga pensiun.

B. Tugas Financial Planner
Beberapa tahap yang harus dijalankan oleh seorang perencana keuangan di antaranya,
1. Menetapkan Tujuan Keuangan
Pada tahap ini, seorang perencana keuangan akan membantu kliennya untuk menentukan dan menetapkan rencana keuangannya dengan baik. Sehingga hasil yang akan dicapai terhadap rencana keuangan akan semakin baik dan terorganisir.

2. Mengumpulkan Data yang Relevan
Seorang perencana keuangan harus mengumpulkan data-data yang relevan terkait data keuangan nasabah, mulai dari asset yang dimiliki, kewajiban yang ditanggung, dan sebagainya. Dalam hal ini, nasabah juga harus terbuka kepada perencana keuangan untuk menyampaikan data yang lengkap agar dapat digunakan sebagai bahan dalam merencanakan keuangan dengan baik dan tepat.

3. Analisa Data
Perencana keuangan akan melakukan analisa terhadap data-data yang sudah didapatkan untuk dapat merencanakan keuangan dengan baik serta dengan melihat kondisi keuangan nasabah.

4. Mengembangkan Rencana untuk Mencapai Target
Seorang perencana keuangan juga harus dapat mengembangkan target keuangan yang diinginkan nasabah. Perencanaan keuangan juga harus disusun sesuai dengan kondisi nasabah dengan baik dan tepat.

Rencana keuangan yang dikembangkan juga harus spesifik dan sesuai target. Selain itu, perencana keuangan juga dapat merekomendasikan produk keuangan kepada nasabah yang nantinya dapat mencapai tujuan keuangannya.

5. Menerapkan Rencana
Rencana keuangan yang sudah disusun dengan matang harus dijalankan dengan baik pula. Dalam hal ini, seorang perencana keuangan harus dapat mengawasi dan membantu jalannya rencana keuangan yang dilakukan oleh nasabah agar sesuai dengan yang diharapkan.

6. Memonitor Rencana
Memonitor suatu rencana keuangan merupakan tahap terakhir yang dapat dilakukan oleh seorang perencana keuangan. Hal tersebut dapat dilakukan dengan melakukan evaluasi bulanan atau tergantung kesepakatan dengan nasabah terkait perencana keuangan yang sudah berjalan. Dengan begitu, perencana keuangan yang sudah berjalan dapat dikoreksi agar berjalan lebih baik ke depannya serta mencapai tujuan yang diharapkan.

C. Tipe Financial Planner
Terdapat tiga tipe financial planner menurut Nerd Wallet di antaranya,
1. Robo-advisors
Jika ingin membuat perencanaan keuangan yang sederhana, Anda bisa mengandalkan robo-advisors. Robo-advisors adalah financial planner yang dikelola secara otomatis menggunakan algoritma komputer. Perencanaan akan disesuaikan dengan tujuan keuangan yang Anda input. Biasanya, biaya yang dibutuhkan untuk robo-advisor lebih rendah daripada tipe financial planner lainnya.

2. In-person financial planners
Tipe financial planner selanjutnya adalah in-person financial planners. Anda bisa memilih tipe financial planner yang satu ini jika membutuhkan perencanaan keuangan yang lebih rumit atau dalam jangka panjang. Alasannya, in-planner financial planner dapat memberikan perencanaan yang lebih sesuai dengan kondisi sesungguhnya.

3. Online financial planning services
Online financial planning services adalah gabungan antara financial planner robot dan manusia. Anda akan mendapat perencanaan keuangan yang dihasilkan oleh algoritma komputer. Namun, Anda juga bisa berkonsultasi dengan seorang financial planner melalui telepon, email, atau video call.

D. Manfaat Financial Planner
Terdapat banyak sekali alasan kenapa Anda harus segera merencanakan keuangan Anda di antaranya,
1. Melindungi Anda dan keluarga dari beragam kemungkinan dan risiko yang akan berdampak langsung pada kondisi finansial Anda.
2. Dengan menetapkan skala prioritas dan kemampuan Anda, mak Anda akan semakin bijang dalam berutang. Sehingga beban utang pun bisa berkurang.
3. Ketika usia Anda sudah tidak produktif lagi dan kebutuhan hidup harus terus jalan, maka Anda bisa mengandalkan keuangan yang sudah terencana dari jauh-jauh hari.
4. Membayar segala biaya keperluan anak dimasa depan. Salah saru persiapan yang harus Anda persiapkan adalah biaya pernikahan anak Anda. Jika Anda mampu menyiapkannya dari sekarang, maka Anda tidak perlu khawatir dan kebingungan lagi nantinya.
5. Mampu mempersiapkan segala biaya sekolah anak hingga tingkat sarjana. Beberapa dari Anda mungkin tidak akan ada yang mengira bahwa biaya sekolah anak saat ini sangat mahal. Jika Anda tidak bisa menyiapkannya dari sekarang, maka Anda pastinya akan kesulitan.
6. Membeli kendaraan dan rumah. Hampir sebagian besaran dari kita pasti ingin mempunyai rumah yang diidam-damkan, pun sama halnya dengan kendaraan. Dengan memiliki perencanaan keuangan yang tepat, maka Anda bisa memenuhi keinginan Anda tanpa harus membebani keluarga Anda.
7. Mewariskan berbagai bentuk kesejahteraan pada generasi Anda berikutnya adalah kebanggaan tersendiri. Warisan terbaik yang bisa Anda berikan pada generasi Anda tidak hanya harta, namun bisa juga keberhasilan dalam membawa anak Anda pada jenjang pendidikan yang terbaik.
8. Mewariskan berbagai kesejahteraan kepada generasi Anda berikutnya. Tentunya akan menjadi kebanggaan tersendiri ketika Anda bisa meninggalkan yang terbaik selama hidup untuk anak cucu Anda. Warisan yang terbaik bukan hanya berupa harta, tapi juga keberhasilan dalam membawa anak ke jenjang pendidikan terbaik.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Financial Planner, Tugas, Tipe, dan Manfaatnya"