Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Economic Order Quantity, Faktor, Klasifikasi, Rumus, Langkah, dan Manfaatnya

Pengertian Economic Order Quantity, Faktor, Klasifikasi, Rumus, Langkah, dan Manfaatnya


A. Pengertian Economic Order Quantity (EOQ)

Economic Order Quantity (EOQ) adalah upaya untuk mengatur jumlah stok supaya biaya yang perlu dikeluarkan oleh perusahaan menjadi seefisien mungkin dan menjaga agar persediaan stok tetap stabil. EOQ merupakan cara perhitungan stock barang agar perusahaan terhindar dari penumpukan stock barang.

Menaruh barang di gudang juga membutuhkan biaya pemeliharaan. Semakin banyak barang yang ada, maka biaya yang dibutuhkan pun lebih tinggi. Penumpukan stock yang terjadi karena terlalu lama barang disimpan digudang tentunya akan berakibat kualitas barang yang berkurang bagi konsumen.

Dalam economic order quantity ada dua faktor yang harus kita perhatikan untuk penyimpanan barang terdiri dari faktor risiko dan biaya, biasanya biaya didapat dari biaya jaminan barang, biaya asuransi atau biaya tenaga karyawan dan risiko didapat dari barang yang rusak bahkan sampai barang hilang yang merugikan perusahaan.

EOQ membantu menghitung jumlah pesanan yang optimal untuk menghemat uang untuk biaya logistik dan pergudangan. Dengan menghitung EOQ, Anda dapat membuat keputusan yang lebih baik tentang berapa banyak produk yang akan dipesan dalam jangka waktu tertentu.

Metode ini ditemukan oleh seorang ahli bernama Wilson. Oleh sebab itu, kerangka kerja atau metode kerja ini dikenal dengan nama Wilson Formula atau Wilson EOQ.

B. Faktor Economic Order Quantity (EOQ)
Terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan dalam menghitung economic order quantity (EOQ). Rumus EOQ terdiri dari tiga variabel di antaranya biaya penyimpanan, permintaan, dan biaya pesanan.
1. Biaya penyimpanan (H)
Biaya penyimpanan (juga dikenal sebagai biaya tercatat) mengacu pada total biaya penyimpanan persediaan. Meminimalkan biaya persediaan adalah strategi manajemen rantai pasokan yang penting.

Berapa banyak yang Anda keluarkan untuk menyimpan dan menyimpan inventaris, per unit, per tahun? Untuk menghitung EOQ dengan benar, Anda harus terlebih dahulu menentukan biaya penyimpanan Anda. Untuk melakukannya, Anda dapat merujuk ke rumus sederhana di bawah ini:
(Biaya Penyimpanan + Gaji Karyawan + Biaya Peluang + Biaya Depresiasi) / Total Nilai Persediaan Tahunan = Biaya Penyimpanan / Penyimpanan Persediaan

2. Permintaan tahunan (D)
Berapa banyak permintaan yang Anda dapatkan untuk suatu produk setiap tahun? Dengan melihat data pesanan historis, Anda dapat menentukan berapa banyak produk yang Anda jual dari tahun ke tahun.

3. Biaya pemesanan (S)
Juga disebut sebagai ‘biaya penyiapan’, berapa biaya pesanan per pembelian? Ini dilakukan dengan basis per pesanan dan termasuk biaya pengiriman dan penanganan.

Faktor lain yang dapat mengoptimalkan penyimpanan persediaan hal-hal seperti tren musiman atau penjualan besar juga dapat memengaruhi keakuratan inventaris. Selain EOQ, ada beberapa cara lain untuk mengoptimalkan inventaris di antaranya,
1. Reorder points
Alih-alih memeriksa tingkat inventaris secara manual untuk memesan ulang produk, Anda dapat menyetel poin pemesanan ulang otomatis yang secara otomatis melakukan pemesanan setelah tingkat persediaan Anda mencapai ambang tertentu.

2. Pengukuran stok pengaman
Ada kalanya permintaan dapat meningkat secara tiba-tiba atau ada masalah dengan pemasok yang dapat menghalangi Anda untuk memiliki persediaan yang cukup. Stok pengaman hanyalah persediaan tambahan di luar permintaan yang diharapkan.

Safety stock juga sering digunakan saat permintaan produk atau layanan yang tinggi seperti liburan atau saat promosi besar-besaran atau flash sale.

3. Pelacakan inventori secara real time
Pantau tingkat stok Anda dengan mudah dan ketahui di mana produk disimpan di gudang Anda dengan melacak inventori secara real-time.

Dengan begitu, Anda tahu berapa banyak produk yang dapat dikirim sekarang, membuat keputusan pemesanan inventaris yang lebih cepat, dan mengomunikasikan penundaan apa pun dari barang yang stoknya habis dengan cepat.

C. Klasifikasi Biaya Economic Order Quantity (EOQ)
EOQ berhubungan dengan 2 faktor yang mempengaruhi, biaya penyimpanan dan biaya pemesanan
1. Biaya pemesanan
Biaya pemesanan merupakan dana yang digunakan untuk memesan sejumlah barang yang dibutuhkan. Pemesanan barang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan baik untuk bahan baku, produk setengah jadi maupun produk yang jadi.

Biaya pemesanan bisa berubah-ubah dan tidak tergantung pada jumlah barang yang dipesan. Dalam biaya pemesanan, ada 4 faktor yang harus diperhatikan di antaranya,
a. Biaya persiapan
b. Biaya pengiriman atau uang jalan untuk staf yang bertugas dalam melakukan pemesanan
c. Biaya untuk penerimaan barang yang dipesan
d. Biaya untuk penyelesaian pembayaran akan barang yang telah dipesan

2. Biaya penyimpanan
Biaya penyimpanan merupakan biaya yang digunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan penyimpanan barang. Selain menyimpan barang, perusahaan juga membutuhkan dana untuk keperluan investasi barang. Faktor-faktor yang termasuk ke dalam bagian ini di antaranya,
a. Asuransi
b. Pajak
c. Bunga
d. Biaya sewa Gudang
e. Biaya listrik
f. Biaya kerusakan

Perusahaan mengalokasikan sejumlah dana untuk kebutuhan tersebut. Baik biaya pemesanan maupun penyimpanan harus berjalan seimbang agar perusahaan tidak mengalami kerugian. Jika salah satunya membengkak maka akan terjadi masalah.

D. Rumus Economic Order Quantity (EOQ)
Rumus EOQ adalah:
EOQ = akar kuadrat dari: [2SD] / H

S = Biaya penyiapan (per pesanan, umumnya termasuk pengiriman dan penanganan)
D = Tingkat permintaan (jumlah yang terjual per tahun)
H = Biaya penyimpanan (per tahun, per unit)

E. Langkah Menghitung Ecomomic Order Quantity (EOQ)
Dari rumus di atas serta penerapannya, sebenarnya Anda sudah bisa mengetahui langkah apa saja yang perlu dilakukan dalam menghitung Economic Order Quantity.
1. Kumpulkan data
Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengumpulkan semua data yang dibutuhkan di dalam rumus. Data-data tersebut di antaranya,
a. Jumlah barang yang dibutuhkan oleh perusahaan.
b. Biaya pengiriman barang secara keseluruhan
c. Harga satuan barang atau bahan baku yang akan dibeli oleh perusahaan.
d. Biaya penyimpanan barang setelah diterima oleh perusahaan.

Data yang dikumpulkan ini harus akurat. Apabila terjadi kesalahan data, maka perhitungan pun tidak akan tepat. Hal ini akan menyebabkan kesalahan pada seluruh proses selanjutnya.
 
2. Masukkan data ke dalam variabel
Data sudah di tangan, sekarang saatnya untuk memasukkan angka-angka tersebut ke dalam rumus sesuai dengan variabelnya masing-masing. Lakukan perhitungan dengan teliti untuk mendapatkan hasil yang tepat.
 
3. Dapatkan hasilnya
Perhitungan sudah selesai dilakukan dan kini Anda sudah mendapatkan hasilnya di tangan. Gunakan hasil perhitungan tersebut untuk hal-hal yang berkaitan dengan Economic Order Quantity. Cara menghitung Economic Order Quantity memang sangat sederhana. Rumus yang digunakan pun sangat jauh dari kata rumit.

Hal yang terpenting dan perlu Anda perhatikan saat melakukan penghitungan ini adalah jangan sampai salah memasukkan variabel ke tempat yang tidak semestinya.

F. Manfaat Economic Order Quantity (EOQ)
Berikut adalah manfaat utama penghitungan EOQ di antaranya,
1. Minimalkan biaya persediaan
Menyimpan inventori atau persediaan tambahan dapat dengan cepat meningkatkan biaya penyimpanan. Biaya persediaan juga bisa naik tergantung cara Anda memesan, stok yang rusak, dan produk apa yang tidak pernah laku. Jika Anda terus-menerus memesan ulang produk yang memiliki kecepatan rendah, EOQ dapat membantu menentukan jumlah pesanan dalam jangka waktu tertentu.

2. Minimalkan kehabisan stok
EOQ dapat membantu Anda lebih memahami seberapa banyak Anda perlu memesan ulang dan seberapa sering. Dengan menghitung berapa banyak yang Anda butuhkan berdasarkan seberapa banyak Anda menjual dalam jangka waktu tertentu, Anda dapat menghindari kehabisan stok tanpa terlalu banyak persediaan di tangan untuk waktu yang lama.

Anda mungkin terkejut bahwa memesan dalam jumlah yang lebih kecil mungkin lebih hemat biaya untuk bisnis Anda, atau bisa juga sebaliknya – menghitung EOQ dapat membantu menentukannya.

3. Meningkatkan efisiensi keseluruhan
Secara keseluruhan, menghitung EOQ dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik dalam hal menyimpan dan mengelola inventori. Saat ini banyak bisnis yang memesan persediaan berdasarkan “firasat” tentang berapa banyak yang harus dipesan, alih-alih memesan berapa banyak produk yang sebenarnya dibutuhkan.

Menghitung EOQ adalah cara cerdas untuk mengukur dengan lebih baik berapa banyak yang Anda butuhkan berdasarkan variabel biaya penting.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Economic Order Quantity, Faktor, Klasifikasi, Rumus, Langkah, dan Manfaatnya"