Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Cost Center, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, dan Contohnya

Pengertian Cost Center, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, dan Contohnya


A. Pengertian Cost Center (Pusat Biaya)

Cost center (pusat biaya) adalah departemen atau divisi yang berbeda dalam kerangka perusahaan. Cost center secara tidak langsung berkontribusi pada keuntungan organisasi. Cost center seringkali merupakan peran administratif, layanan, dan dukungan.

Departemen-departemen ini tidak terlibat dalam produksi secara langsung. Namun mereka dapat membantu dalam produksi atau terkait dengan fungsi lain seperti penjualan, pemasaran, sumber daya manusia, penelitian, pengembangan, dan lain-lain.

B. Fungsi Cost Center (Pusat Biaya)
Cost center pada akuntansi biaya ini sangat penting dalam setiap divisi karena menambah nilai perusahaan, oleh karena itu adapun beberapa fungsinya di antaranya,
1. Menjalankan Penelitian & Pengembangan. Dalam divisi research and development berguna untuk mencari solusi inovatif bagi setiap masalah konsumen bahkan membuat inovasi produk baru.
2. Melakukan Tugas-Tugas Administratif. Pada bagian ini tentunya termasuk pada sumber daya manusia, staf akuntansi, dan staf kantor lainnya. Biasanya tugasnya melaporkan anggaran, penggajian, dan aktivitas perusahaan secara akurat. Bahkan harus menyelesaikan tanggung jawab administrasi lainnya.
3. Menjalankan Strategi Bisnis & Analisis Data. Setiap divisi strategi pasar dan analisis data ini dapat membantu pebisnis untuk memahami tren dan perubahan minat konsumen. Sehingga adanya departemen ini bisa memberikan informasi yang Anda butuhkan sebagai bahan evaluasi dan strategi di masa mendatang.
4. Membantu Merawat Peralatan & Bangunan. Bagian divisi TI, karyawan kebersihan, dan staf pemeliharaan, tentunya berfungsi untuk membantu serta memastikan alat kinerja operasional perusahaan secara normal, bersih, hingga aman. Sehingga adanya bagian ini dapat membantu divisi lain tetap sehat dan nyaman serta menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.
5. Meningkatkan Pengalaman Konsumen. Adanya divisi layanan ini membantu konsumen untuk menyelesaikan penemuan produk, keluhan, garansi, hingga kebijakan perusahaan. Selain itu pelayanan ini dapat membangun loyalitas dan menciptakan kepercayaan konsumen kepada perusahaan.

C. Cara Kerja Cost Center (Pusat Biaya)
Cost center diberikan kategori mereka sendiri dalam buku besar sehingga tim akuntansi manajerial dapat melacak biaya mereka dan mengalokasikan sumber daya. Pusat biaya harus memiliki manajer yang bertanggung jawab atas anggaran departemen serta semua orang yang ditugaskan ke pusat biaya.

Berikut daftar cara kerja cost center di antaranya,
1. Mereka membantu departemen keuangan dan akuntansi memahami bisnis Anda
Departemen keuangan dan akuntansi akan menetapkan pusat biaya berdasarkan kebutuhan bisnis Anda dan bagaimana Anda membelanjakan uang Anda. Mereka dapat memiliki perspektif kebutuhan penganggaran yang lebih luas daripada manajer pusat biaya individu dan dapat membantu menyusun alokasi sumber daya agar lebih efisien dari waktu ke waktu.

2. Mereka dengan jelas mendefinisikan proses cost center
Cost center harus dibuat dengan seperangkat parameter yang mencakup ruang lingkup pekerjaan mereka dan detail tentang mengelola vendor, akun, dan produk. Anda harus jelas tentang prosedur pesanan pembelian Anda, vendor apa yang disetujui untuk dipesan dan bagaimana faktur ditangani.

3. Mereka mendefinisikan tanggung jawab manajemen
Manajer pusat biaya harus bertanggung jawab untuk mengelola anggaran pusat biaya. Tanggung jawab ini harus dicantumkan dalam tujuan pengelolaan mereka. Anda harus menghindari menugaskan manajer beberapa pusat biaya, kecuali ada alasan yang sangat bagus. Manajer pusat biaya juga harus memiliki gagasan yang jelas tentang tujuan utama pusat biaya sehingga mereka dapat mengelola anggaran yang diberikan secara efektif.

4. Mereka menetapkan anggaran
Cost center harus memiliki anggaran yang jelas dan manajer pusat biaya harus melacak pengeluaran mereka. Hal ini memungkinkan manajer pusat biaya dan departemen keuangan dan akuntansi untuk memahami sumber daya apa yang digunakan setiap pusat biaya, bagaimana sumber daya tersebut dialokasikan dalam pusat biaya dan perubahan apa yang perlu dilakukan pada tahun fiskal berikutnya.

5. Mereka menggunakan pemantauan cost center untuk menurunkan biaya
Anda menurunkan biaya Anda dengan melacak pusat biaya Anda untuk inefisiensi personel, pengeluaran berlebihan, dan tantangan mahal lainnya. Data yang Anda kumpulkan dari struktur pusat biaya yang disiplin dapat memandu reorganisasi dan menginformasikan alokasi anggaran di masa mendatang. Mengkomunikasikan teknik dan tujuan manajemen biaya dengan manajer pusat biaya Anda akan sangat membantu.

D. Jenis Cost Center (Pusat Biaya)
Terdapat enam jenis utama cost center dalam sebuah organisasi di antaranya,
1. Cost Center Pribadi. Cost center semacam itu berhubungan dengan orang atau sekelompok orang tertentu. Contohnya termasuk manajer penjualan, manajer rekrutmen, dll.
2. Cost Center Impersonal. Cost center tersebut berhubungan dengan peralatan, mesin, atau bahkan lokasi. Contoh dari pusat biaya tersebut adalah departemen penelitian dan pengembangan.
3. Cost Center Produksi. Pusat biaya yang berhubungan langsung dengan departemen produksi atau membantu kegiatan produksi termasuk dalam kategori ini.
4. Cost Center Layanan. Pusat biaya tersebut memberikan layanan kepada pusat produksi. Beberapa pusat biaya tersebut adalah departemen pengadaan, departemen kontrol kualitas, dan departemen logistik. Selain itu, mereka juga dapat memberikan layanan ke pusat biaya layanan lainnya juga.
5. Cost Center Operasi. Pusat biaya tersebut berkaitan dengan orang atau mesin yang terlibat dalam aktivitas serupa.
6. Cost Center Proses. Pusat biaya tersebut berkaitan dengan proses atau peristiwa tertentu.

E. Contoh Cost Center (Pusat Biaya)
Contoh cost center yang baik adalah departemen sumber daya manusia. Sumber daya manusia tidak menghasilkan pendapatan karena merupakan departemen administrasi, tetapi sangat penting dalam memastikan sebuah organisasi berjalan dengan lancar.

Sumber daya manusia bertanggung jawab untuk memasukkan dan menyimpan informasi karyawan, mengelola keluhan karyawan, menangani penjangkauan karyawan, memproses karyawan baru, memberikan promosi dan memberhentikan karyawan. Sumber daya manusia mungkin juga melakukan tugas perekrutan, pelatihan, dan penggajian.

Inilah yang harus Anda pertimbangkan ketika Anda mengatur pusat biaya sumber daya manusia di antaranya,
1. Tugas departemen sumber daya manusia akan bertanggung jawab untuk
2. Berapa banyak karyawan yang Anda perlukan untuk mengelola tugas yang diberikan?
3. Tingkat pembayaran dan biaya tunjangan untuk setiap posisi di departemen sumber daya manusia Anda
4. Biaya perangkat lunak dan peralatan kantor
5. Vendor yang disetujui untuk perlengkapan kantor dan bahan lainnya
6. Proyeksi biaya pemeliharaan untuk peralatan kantor
7. Anggaran keseluruhan departemen yang diproyeksikan

Manajer sumber daya manusia Anda harus berpengalaman di departemen untuk dapat memandu efisiensi dan membantu staf SDM sesuai kebutuhan. Mereka harus dapat menyeimbangkan kebutuhan karyawan organisasi Anda dengan pengelolaan biaya.

Berikut beberapa contoh lain dari cost center di antaranya,
1. Departemen TI. Departemen ini memastikan bahwa perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan semuanya berfungsi dengan benar, diperbarui dengan benar, dan aman.
2. Manajer proyek. Orang-orang ini merencanakan, menganggarkan, menjadwalkan, dan mengawasi proyek sehingga dapat diselesaikan secara efisien dan benar.
3. Petugas kebersihan. Petugas kebersihan menjaga kebersihan, ketertiban fasilitas sehingga karyawan dapat sehat dan produktif.
4. Departemen layanan pelanggan. Departemen ini menangani keluhan pelanggan, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan mengelola jaminan atau potongan harga yang mungkin tersedia.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Cost Center, Fungsi, Cara Kerja, Jenis, dan Contohnya"