Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Biaya Total, Cara Menghitung, Keuntungan, dan Kerugiannya

Pengertian Biaya Total, Cara Menghitung, Keuntungan, dan Kerugiannya


A. Pengertian Biaya Total

Biaya Total (Total Cost) adalah keseluruhan biaya yang diperlukan dalam produksi. Dengan kata lain, biaya total merupakan total biaya yang dikeluarkan, baik eksplisit maupun implisit, pada sumber daya untuk memperoleh tingkat output tertentu.

Biaya total (total cost) merupakan salah satu informasi penting yang harus diketahui oleh produsen. Produsen dalam berbisnis harus mencari laba. Untuk mendapatkan laba/profit, produsen harus tahu berapa biaya total untuk produksi barang dan berapa perkiraan pendapatan yang diterima.
 
B. Cara Menghitung Biaya Total
Rumus biaya total digunakan untuk menggabungkan biaya variabel dan biaya tetap dari penyediaan barang untuk menentukan total. Rumusnya adalah:
Biaya total = (Biaya tetap rata-rata x biaya variabel rata-rata) x Jumlah unit yang diproduksi

Untuk menggunakan rumus ini, Anda harus mengetahui angka-angka untuk biaya tetap dan biaya variabel Anda. Biaya tetap adalah biaya bisnis yang tetap sama terlepas dari jumlah unit yang diproduksi. Biaya variabel adalah biaya yang akan meningkat atau menurun tergantung pada jumlah barang yang diproduksi atau pelanggan yang membutuhkan layanan.

Hal ini dapat berubah sesuai dengan faktor lain, misalnya kenaikan harga bahan atau kenaikan biaya pemanas selama musim dingin.

C. Keuntungan Menggunakan Penghitungan Biaya Total
Keuntungan utama menggunakan rumus total cost adalah memberikan metrik yang jelas dan mudah dipahami yang dapat diukur dan dilacak untuk menilai profitabilitas bisnis. Ini dapat dibandingkan dari waktu ke waktu untuk menentukan apakah perlu meninjau harga atau menghasilkan lebih banyak penjualan untuk meningkatkan keuntungan.

Melacak total cost setiap lini produk juga dapat menjadi alat pembanding yang berguna untuk mengevaluasi kinerja bisnis dan untuk menentukan posisi pasarnya dibandingkan dengan pesaing.

Jika sebuah organisasi menemukan bahwa total cost per produk lebih rendah dari harga konsumen pesaing, maka mereka dapat meninjau proses mereka untuk mengidentifikasi cara menurunkan biaya total agar tetap sejalan dengan harga satuan yang akan ditanggung pasar.

Sebagai alat internal untuk melacak profitabilitas, total cost  juga dapat memberikan gambaran umum tentang kinerja lini atau rentang produk tertentu. Ini dapat berguna saat bernegosiasi dengan pemasok atau elemen outsourcing produksi, karena memberikan transparansi kepada pemasok eksternal dengan membuat margin mereka jelas.

D. Kerugian Menggunakan Penghitungan Biaya Total
Bisnis yang memiliki jumlah produk atau jasa yang terbatas, khususnya di mana terdapat perbedaan yang jelas antara metode manufaktur atau persediaan yang dibutuhkan, harus menemukan perhitungan total cost yang relatif sederhana.

Untuk bisnis dengan beberapa produk atau layanan berbeda yang tersedia, menghitung total cost bisa sangat rumit. Semakin banyak biaya yang perlu dimasukkan dan semakin tinggi jumlah barang yang diproduksi, semakin sulit untuk mengalokasikan biaya secara efektif untuk menghitung total.

Fakta bahwa biaya tetap diturunkan dari rumus yang mengharuskan biaya variabel untuk dihitung menambah lapisan kerumitan lainnya. Dalam bisnis di mana biaya persediaan dapat bervariasi secara konstan atau di mana harga berubah secara musiman, elemen biaya variabel dari rumus dalam mencari nilai total cost perlu disesuaikan secara konstan.

Menggunakan total cost sebagai alat prakiraan atau forecasting bergantung pada kenaikan dan penurunan yang dapat diprediksi dalam biaya setiap elemen proses, tetapi biaya bahan dan utilitas dapat bervariasi dengan cara yang tidak terduga.

Ini juga berarti bahwa strategi penetapan harga berdasarkan biaya total bergantung pada kemampuan untuk menyesuaikan harga secara konstan yang tidak selalu memungkinkan bagi organisasi di mana struktur penetapan harga yang dinamis tidak dapat diterapkan.

Semakin besar organisasi dan semakin luas jangkauan produk, semakin banyak angka yang terlibat dalam menghitung total cost. Jika salah satu dari elemen tersebut berubah, maka perhitungan perlu dilakukan kembali dan ini mungkin cara yang kurang efektif.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Biaya Total, Cara Menghitung, Keuntungan, dan Kerugiannya"