Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Biaya Marginal, Fungsi, dan Cara Menghitungnya

Pengertian Biaya Marginal, Fungsi, dan Cara Menghitungnya


A. Pengertian Biaya Marginal (Marginal Cost)

Biaya marginal (marginal cost) adalah biaya tambahan yang harus dikeluarkan oleh pihak perusahaan dalam membuat tiap unit tambahan dari produk usaha yang mampu dihasilkan oleh perusahaan. Biaya marginal mengukur biaya input tambahan yang diperlukan untuk memproduksi tiap unit output berikutnya. Karena biaya tetap tidak berubah ketika ada biaya output, biaya marginal mencerminkan perubahan biaya variabel.

Tujuan utama dari dilakukannya analisa biaya marjinal adalah untuk menentukan dalam titik mana sebuah perusahaan mampu mencapai skala ekonomi, yang merupakan nilai keuntungan yang didapat saat produk menjadi lebih efisien. Hal ini dilakukan untuk bisa memaksimalkan sistem operasional secara menyeluruh.

B. Fungsi Biaya Marginal (Marginal Cost)
Biaya produksi marginal penting bagi bisnis ketika mereka melakukan analisis keuangan karena berbagai alasan di antaranya,
1. Membantu manajemen dengan memusatkan sumber dayanya di mana kelebihan pendapatan marginal atas biaya marginal berada pada titik tertinggi
2. Memungkinkan peningkatan dan penurunan biaya produksi, yang membantu perusahaan mengevaluasi berapa banyak yang mereka bayarkan untuk memproduksi satu item lagi
3. Menganalisis biaya marginal membantu organisasi untuk menentukan kapan mereka dapat mencapai keunggulan biaya yang diperoleh dari produksi yang efisien untuk mengoptimalkan keseluruhan operasi dan produksi overall
4. Dapat membantu organisasi menurunkan biaya keseluruhan untuk memproduksi lini produk
5. Organisasi dapat menentukan apakah mereka harus melanjutkan produksi tambahan atau menaikkan harga suatu produk tergantung pada kerugian yang terjadi

C. Cara Menghitung Biaya Marginal (Marginal Cost)
Rumus:
Biaya Marjinal = (Perubahan biaya) / (Perubahan kuantitas)

1. Tentukan Perubahan Kuantitas
Saat akan menghitung biaya marginal, Anda perlu tahu besaran total dari biaya yang diperlukan untuk proses produksi suatu unit produk yang bisa dihasilkan oleh perusahaan. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan titik di mana biaya tetap akan berubah.

2. Hitung Perubahan Biaya
Setelah Anda tahu perubahan kuantitas produksi, langkah selanjutnya adalah menghitung perubahan biaya. Perubahan biaya didapat dari jumlah pengurangan total biaya produksi lama dan biaya produksi yang baru. Jumlah total biaya produksi ini didapat dari jumlah biaya tetap dan biaya variabel.

3. Hitung Biaya Marginal
Langkah terakhir adalah menghitung biaya marginal. Menghitung biaya marginal dilakukan untuk tahu berapa kenaikan biaya yang diperlukan. Biaya marginal didapatkan dari membagi biaya produksi dengan perubahan kuantitas.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Biaya Marginal, Fungsi, dan Cara Menghitungnya"