Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Biaya Kualitas, Komponen, dan Dasar Pengukurannya

Pengertian Biaya Kualitas, Komponen, dan Dasar Pengukurannya


A. Pengertian Biaya Kualitas (Quality Cost)

Biaya kualitas adalah total biaya yang dikeluarkan untuk mempertahankan kualitas produk yang baik, atau bahkan memperbaiki produk yang cacat. Biaya kualitas juga dapat diartikan sebagai seluruh biaya yang timbul karena perusahaan mempunyai produk atau jasa yang buruk.

Biaya kualitas Buruk dalam bahasa Inggris adalah Cost Of Poor Quality (COPQ), biaya kualitas buruk didefinisikan sebagai biaya yang terkait dengan penyediaan produk atau layanan berkualitas buruk. Umumnya, biaya kualitas ditangani oleh manajemen kualitas lewat sistem informasi manufaktur.

B. Komponen Biaya Kualitas (Quality Cost)
Berikut beberapa komponen biaya kualitas yang bisa di antaranya,
1. Biaya Pencegahan (Prevention Costs)
Adanya biaya ini bertujuan untuk mencegah setiap kesalahan atau masalah yang terjadi atas kualitas produk, biaya ini juga dikategorikan sebagai biaya yang paling murah. Contoh biaya pencegahan ini terdiri dari pelatihan karyawan, proses kontrol, perencanaan kualitas, serta riset pasar. Sehingga perusahaan ini menganggap biaya ini menjadi sebuah investasi.

2. Biaya Penilaian (Appraisal Cost)
Sama dengan biaya sebelumnya, biaya penilaian ini juga dikeluarkan supaya kualitas barang tidak terjadi suatu masalah. Sehingga biaya ini juga termasuk bagian dari inspeksi bahan baku yang bertujuan untuk memeriksa atau menguji produk atas proses pembuatan barang.

3. Biaya Kegagalan Internal (Internal Failure Costs)
Dalam kegagalan biaya internal ini biasanya terjadi ketika adanya produksi barang yang cacat. Nah, biaya ini dikeluarkan karena produk tersebut tidak sesuai dengan standar kualitas. Contohnya seperti perbaikan produk yang rusak, biaya scrap, atau, downtime sebelum pembeli menerima barang tersebut.

4. Biaya Kegagalan Eksternal (External Failure Costs)
Bagi pebisnis tentu akan mengalami kegagalan biaya eksternal, di mana biaya ini dikeluarkan ketika pembeli menerima produk dengan kualitas yang buruk. Maka dari itu biaya ini dikeluarkan sebagai bentuk biaya garansi, biaya penggantian produk, biaya penyelidikan keluhan, atau bahkan biaya ini juga bagian dari biaya kehilangan pelanggan.

C. Dasar Pengukuran Biaya Kualitas (Quality Cost)
Perusahaan menggunakan ukuran biaya kualitas sebagai indikator keberhasilan program perbaikan kualitas, yang dapat dihubungkan dengan ukuran-ukuran biaya lain di antaranya,
1. Biaya kualitas dibandingkan dengan nilai penjualan, semakin rendah nilai yang dihasilkan maka menunjukkan program kualitas semakin sukses.
2. Biaya kualitas dibandingkan dengan keuntungan, semakin rendah nilai yang dihasilkan maka menunjukkan program perbaikan kualitas semakin sukses.
3. Biaya kualitas dibandingkan dengan harga pokok penjualan (cost of goods sold), semakin rendah nilai yang dihasilkan maka menunjukkan program perbaikan kualitas semakin sukses.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Biaya Kualitas, Komponen, dan Dasar Pengukurannya"