Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Biaya Dibayar Dimuka dan Contohnya

Pengertian Biaya Dibayar Dimuka dan Contohnya


A. Pengertian Biaya Dibayar Dimuka (Prepaid Expenses)

Biaya dibayar di muka (prepaid expenses) adalah suatu beban yang belum menjadi kewajiban perusahaan untuk membayarnya pada periode saat ini, namun perusahaan sudah membayar terlebih dahulu. Dengan kata lain, perusahaan telah melakukan pembayaran tunai tetapi belum mengakuinya sebagai beban dalam laporan laba rugi.

Menurut Otoritas Jasa Keuangan (OJK), biaya dibayar di muka adalah pengeluaran yang dibayarkan untuk keperluan dalam tahun buku mendatang, seperti pembayaran sewa, royalti, dan premi asuransi; pengeluaran tersebut belum merupakan biaya dalam tahun buku berjalan (prepaid expenses).

Karena jumlah yang dibayarkan tersebut belum merupakan beban perusahaan untuk periode yang bersangkutan, maka jumlah yang telah dibayarkan tersebut merupakan uang muka dan termasuk dalam Aktiva Lancar. Setiap kali Anda membayar sesuatu sebelum menggunakannya, Anda harus mencatatnya melalui entri biaya dibayar di muka.

Adapun terdapat contoh perusahaan yang melakukan beban dibayar di muka yaitu seperti peralatan kantor yang disewa atau perlindungan asuransi yang memberikan manfaat terus menerus dari waktu ke waktu. Namun barang atau jasa semacam ini tidak dapat langsung dibebankan segera karena biayanya tidak akan sejalan dengan manfaat yang timbul seiring waktu dari penggunaan aset.

Biaya dibayar di muka hanya diakui dalam laporan laba rugi saat perusahaan mengonsumsi produk atau jasa.

B. Contoh Biaya Dibayar Dimuka (Prepaid Expenses)
Individu dan bisnis sama-sama pernah melakukan pembayaran di muka. Dalam bisnis kecil, ada sejumlah pembelian yang dapat Anda lakukan yang dianggap sebagai biaya dibayar di muka. Berikut  menunjukkan contoh-contoh pengeluaran dibayar di muka secara umum di antaranya,
1. Sewa (membayar ruang komersial sebelum menggunakannya)
2. Polis asuransi bisnis kecil
3. Peralatan yang Anda bayar sebelum digunakan
4. Gaji (kecuali jika Anda menunggak gaji)
5. Taksiran pajak
6. Beberapa tagihan utilitas
7. Beban bunga
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Biaya Dibayar Dimuka dan Contohnya"