Pengertian Barang Illith dan Contohnya

Pengertian Barang Illith dan Contohnya
Barang Illith

A. Pengertian Barang Illith
Barang illith adalah barang yang jika jumlahnya terbatas akan dapat memenuhi kebutuhan manusia. Namun akan menjadi bencana ketika jumlahnya sangat banyak atau berlimpah. Demikian, barang ini perlu dibatasi pemakaiannya sesuai dengan yang dibutuhkan saja.

Barang illith termasuk barang pemuas kebutuhan manusia yang jika jumlahnya sangat berlimpah justru akan dapat memberikan dampak buruk bagi kehidupan manusia itu sendiri.

B. Contoh Barang Illith
Meskipun tampak membingungkan, tetapi dengan memberikan contoh, istilah barang illith ini akan sangat mudah dipahami.
Dan berikut ini adalah dua contoh dari barang illith tersebut:
1. Api
Misalnya pemanfaatan api. Api sangat dibutuhkan oleh manusia untuk berbagai aktivitas. Tetapi jumlahnya tentu hanya sebatas yang dibutuhkan saja. Jika api justru berjumlah banyak, maka manusia sendiri yang akan mengalami kerugian. Oleh sebab itu pemakaian api harus dibatasi dan disesuaikan dengan kebutuhan kita saja.

2. Air
Air termasuk barang yang bisa masuk ke semua kategori barang. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, secara alami air adalah barang bebas, tetapi ketika berupa air bersih PDAM maka menjadi barang ekonomi. Air juga bisa digolongkan barang illith karena penggunaannya terbatas dan jika berlebihan justru menyebabkan bencana banjir.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Barang Illith dan Contohnya"