Pengertian Anggaran Statis dan Variansnya

Pengertian Anggaran Statis atau Static Budget dan Variansnya
Anggaran Statis

A. Pengertian Anggaran Statis (Static Budget)
Anggaran statis (static budget) adalah jenis anggaran yang mengantisipasi jumlah tetap dalam penjualan, pendapatan, dan pengeluaran. Anggaran statis tetap dalam catatan keuangan perusahaan terlepas dari fluktuasi volume pendapatan.

Menggunakan static budget dapat memungkinkan perusahaan untuk mengalokasikan uang ke sumber daya yang mereka harapkan tetap sama selama periode yang ditentukan. Misalnya, sebuah bisnis dapat menetapkan static budgeting untuk pengeluaran seperti pembayaran sewa atau utilitas, karena pengeluaran ini biasanya sama dari periode ke periode.

Selain itu, anggaran statis dapat memungkinkan perusahaan untuk memantau dan meninjau penjualan dan pendapatannya bersama dengan pengeluarannya. Ini dapat membantu organisasi menentukan kesehatan dan kinerja keuangannya secara keseluruhan.

Saat perusahaan membandingkan static budgeting saat ini dengan periode sebelumnya, ia dapat memastikan anggaran tetap sesuai dengan anggarannya dan melacak kinerjanya terhadap sasaran jangka panjang.

B. Varians Anggaran Statis
Varians anggaran statis adalah hasil yang diperoleh perusahaan ketika membandingkan static budget  di awal periode dengan hasil di akhir periode. Perbedaan antara anggaran dapat menjadi alat yang efektif untuk digunakan bisnis untuk membandingkan dengan hasil aktual atau anggaran operasional pada akhir periode tertentu.

Misalnya, sebuah bisnis mungkin menggunakan static budget untuk membandingkan tujuan pendapatan pada awal periode anggaran dengan pendapatan aktual pada akhir periode. Hasilnya, atau “variasi anggaran”, dapat memberikan wawasan kepada manajer keuangan bisnis tentang kinerja pendapatannya secara keseluruhan.

Selain itu, varians anggaran statis dapat digunakan untuk membandingkan static budget dengan salah satu jenis metode anggaran lainnya untuk membantu perusahaan mengembangkan keseluruhan rencana anggarannya dengan lebih baik.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Anggaran Statis dan Variansnya"