Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Angel Investor, Jenis, dan Keunggulannya

Pengertian Angel Investor, Jenis, dan Keunggulannya


A. Pengertian Angel Investor

Angel investor adalah orang yang memiliki dana yang cukup untuk memberikan dukungan keuangan kepada perusahaan kecil halnya perusahaan rintisan (startup). Angel investor biasanya akan meminta imbalan untuk mendapatkan kepemilikan saham dari startup tersebut.

Angel investor ini seringkali berasal dari orang-orang terdekat seperti keluarga atau bahkan sesama teman pengusaha. Angel investor juga biasa dikenal sebagai malaikat bisnis, pemodal malaikat, atau bahkan pemodal mulia.

Hal ini berbeda dengan venture capital yang hanya memberikan investasi dana satu kali kepada startup untuk dapat melalui masa-masa sulitnya. Umumnya, angel investor lebih berfokus membantu startup dalam pembangunannya daripada mengutamakan keuntungan yang mungkin didapatkan.

Meskipun risiko mereka terdengar sangat tinggi, keuntungan yang akan mereka dapatkan tentu sangat menggiurkan.

B. Jenis-Jenis Angel Investor
Seperti yang sudah dijelaskan di atas, investor ini bisa saja berupa orang-orang terdekat di antaranya,
1. Keluarga dan teman dekat
Keluarga dan teman merupakan salah satu angel investor yang menguntungkan bagi startup. Tidak heran jika jenis ini merupakan pilihan utama bagi orang-orang yang ingin membangun startup dari nol.

Tidak semua orang dapat membangun startup hingga berhasil. Tak dapat dipungkiri bahwa ada yang mengalami kegagalan di tengah perjalanan. Keluarga atau teman dekat tentu lebih memahami keadaan tersebut dibandingkan dengan orang-orang profesional lainnya.

2. Orang-orang kaya
Orang-orang kaya jelas bukan orang yang Anda kenal secara dekat. Mungkin Anda kenal dengan sosok seperti ini dalam event tertentu atau pertemuan lainnya. Misalnya, dokter, pebisnis sukses, dan lain-lain yang memiliki kekayaan bersih tinggi dan bersedia untuk berinvestasi ke perusahaan kecil seperti startup.

3. Grup/jaringan
Angel investor juga tergabung di dalam sebuah jaringan atau grup. Di Indonesia sendiri sudah ada yaitu Angel Investment Network Indonesia (ANGIN). Lewat ANGIN, wirausaha kecil seperti startup dapat mengajukan pendanaan dengan hanya mengisi kuesioner dan mengikuti tahapan-tahapan yang berlaku.

C. Keunggulan Angel Investor
1. Bisa Mengenal Calon Investor Lebih Dekat
Terdapat beberapa faktor yang tidak boleh Anda lupakan dalam berbisnis, yakni faktor koneksi. Keunggulan mempunyai pinjaman dari investasi modal angel investor adalah setiap calon investor dan calon pebisnis bisa memiliki hubungan yang lebih erat. Karena nantinya mereka akan secara langsung berhadapan tanpa adanya batasan perantara.

Sehingga, kedua belah pihak nantinya bisa saling memahami setiap potensi bisnis yang ada dan juga bersedia untuk saling berkomitmen dalam mengembangkan bisnis.

2. Memahami Minat Khusus dari Calon Investor
Umumnya, proses peminjaman akan lebih mudah bila para investor mempunyai minat tertentu terhadap jenis usaha yang ingin dibangun.

Contohnya, si investor mungkin mempunyai ketertarikan dalam bidang bisnis restoran bertemakan tertentu, tapi tidak mempunyai ide ataupun keahlian untuk membuat restoran tersebut, sehingga dirinya lebih tertarik untuk menjadi investor saja.

3. Tidak Membebani dengan Adanya Bunga
Umumnya, investor pribadi tidak akan memberikan beban pinjaman dana bunga yang besar, seperti kredit yang diberikan oleh bank. Sehingga, mereka tidak akan dipusingkan dengan adanya biaya tambahan, karena adanya bunga yang lebih besar.

4. Memiliki Persyaratan yang Lebih Fleksibel
Biasanya, bank dan lembaga keuangan lainnya mempunyai persyaratan yang memang cukup ketat dalam hal peminjaman dan juga pembayaran. Namun, investor pribadi bisa melakukan diskusi dengan calon peminjam agar bisa menetapkan keputusan pembayaran bisa disepakati oleh kedua belah pihak.

Tapi, perlu digaris bawahi bahwa faktor kepercayaan adalah yang sangat penting dalam melakukan perjanjian antar investor pribadi dan debiturnya.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 4. Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.4 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)  

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Cobalah Untuk Menjadi Orang Baik __Abraham Maslow

Post a Comment for "Pengertian Angel Investor, Jenis, dan Keunggulannya"