Pengertian Mark Down, Rumus, dan Contohnya

Pengertian Mark Down
Mark Down

A. Pengertian Mark Down
Mark down adalah upaya yang dilakukan dalam penurunan harga jual. Hal ini merupakan sebuah reduksi dari harga ritel awal atau disebut sebagai penurunan margin. Adapun dasar pikiran yang digunakan adalah bahwa sebuah harga yang rendah tidak diharapkan dapat meningkat.

Harga yang telah ditentukan dari mark down ini tidak dapat dikatakan sebagai penyebab peritel rugi. Peritel tetap mendapatkan sebuah keuntungan meskipun hanya sedikit. Oleh karena itu, keuntungan ini tidak sesuai dengan apa yang telah diharapkan sebelumnya oleh pebisnis.

Kegiatan mark down biasanya dilakukan jika akhir tahun atau pada waktu cuci gudang. Di mana hal tersebut dijadikan sebagai sebuah alasan untuk melakukan penjualan besar besaran pada barang sisa. Meskipun modal yang digunakan bisa saja tidak kembali, peritel sudah mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan sebuah barang.

Mark down juga dikatakan sebagai diskriminasi dari harga tingkatan kedua. Karena hal tersebut memang sebenarnya sebuah ritel sudah membebankan harga. Di mana harga yang dibebankan tersebut tentu berbeda dan kemudian ditawarkan kepada konsumen dengan harga yang berbeda pula. Hal tersebut disebabkan karena terjadinya kegiatan tawar menawar oleh konsumen.

B. Rumus Mark Down
Rumus untuk perhitungan Harga Markdown adalah :
Nilai (Rp) Markdown  = Harga asli x %pengurangan harga
Harga Jual Baru setelah di Markdown = Harga asli – Harga Markdown
Nilai Markdown = Harga awal – Harga baru
Total Markdown = (Harga awal – harga baru) x Jumlah terjual
Persen Markdown = Nilai (Rp) Markdown  : Nilai (Rp) Penjualan Bersih
Nilai (Rp) Penjualan Bersih = Harga Retail x Jumlah terjual

C. Contoh Markdown
Supplier berkeinginan mendiskon 25% harga barang A pada akhir minggu yang sebelumnya seharga Rp 56.000. Retailer setuju akan hal tersebut dan mensuplai 24 buah barang A. Pada masa penurunan harga tersebut (akhir minggu), retailer berhasil menjual 18 buah barang A. Sedangkan sisa barang yang tidak terjual akhirnya dijual dengan potongan harga kedua yaitu 33% atau 1/3 harga awal.
Langkah 1 : Menghitung Nilai (Rp) Markdown
Nilai Markdown Barang A  = Harga asli x %pengurangan harga
= Rp 56.000 x 25% = Rp 14.000
Langkah 2 : Menghitung Harga Jual Baru
Harga Jual Baru barang A = Harga asli – Harga Markdown
= Rp 56.000 - Rp 14.000 = Rp 42.000
Langkah 3 : Menghitung Total Markdown (seharusnya jika terjual semua)
Total Markdown Barang A = (Harga awal – Harga baru) x Jumlah Barang
= (Rp 56.000 – Rp 42.000) x 24 = Rp 336.000
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Mark Down, Rumus, dan Contohnya"