Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sales Representative, Tugas, dan Skillnya

Pengertian Sales Representative, Tugas, dan Skillnya


A. Pengertian Sales Representative

Sales representative adalah seorang profesional dalam perusahaan yang bertugas untuk menjual produk atau jasa ke pebisnis, organisasi, atau pemerintah. Sales representative menjual produk non teknis, artinya baik penjual atau pembeli tidak memerlukan pengetahuan khusus terkait produk dalam transaksi jual belinya. Mereka menjual kepada pihak yang nantinya akan menjual produk atau jasa kembali kepada konsumen.

Mereka yang memegang jabatan sales representative lebih menyasar konsumen atau klien-klien besar yang berasal dari perusahaan atau industri lain, organisasi hingga lembaga pemerintahan. Karenanya, mereka yang diberikan tanggung jawab sebagai sales representative ini diwajibkan menguasai skill komunikasi dan negosiasi yang mumpuni serta attitude yang baik.

Sales representative tak hanya bertugas untuk menjual atau menawarkan produk dari perusahaan mereka ke pelanggan. Namun juga sebagai orang yang menjembatani kerja sama antar pihak perusahaan dengan klien. Jika seorang sales representative ini memiliki etika yang buruk, nama baik perusahaan tempatnya bekerjalah yang akan dipertaruhkan. Akibatnya, hal ini dapat menghambat terjadinya penjualan atau kerja sama dengan klien-klien besar tersebut.

B. Tugas Sales Representative
Lebih detailnya tugas seorang sales representative berbeda sesuai kebutuhan di tiap perusahaan. Tetapi pada umumnya tugas-tugas tersebut di antaranya,
1. Menjual produk perusahaan
Tugas utama seorang sales representative adalah menjual barang/jasa yang perusahaan punya. Tidak sebatas itu saja, mereka juga bertugas menemukan klien potensial sampai menjaga hubungan jangka panjang dengan klien. Biasanya sales representative memiliki target penjualan yang sudah ditentukan perusahaan dan harus dipenuhi dalam periode tertentu.

Sales representative harus sigap membantu dan menyelesaikan masalah yang dihadapi klien berhubungan dengan semua transaksi. Karena itu, mereka juga harus berperan sebagai customer support untuk memastikan kepuasan klien.
 
2. Menguasai product knowledge dengan baik
Seorang sales representative akan kesulitan menawarkan apalagi menjual produknya tanpa product knowledge (pengetahuan produk) yang baik. Sebelum akhirnya deal dengan klien, sales representative harus mempresentasikan produk/jasa yang ditawarkan secara jelas dan detail.
 
Pengetahuan yang mendalam tentang produk mulai dari latar belakang, tujuan dibuatnya produk, komposisi bahan, kegunaan, kelebihan sampai ketahanan produk harus sudah ada di luar kepala. Kalau hubungan yang baik sudah di jalin, saat sales representative mempresentasikan produknya ke klien akan jadi lebih mudah mencapai kesepakatan yang menguntungkan.
 
3. Mengurus segala keperluan administratif yang dibutuhkan klien
Tanggung jawab selanjutnya yakni mengurus kebutuhan terkait administrasi klien. Kamu harus memastikan semua dokumen dan informasi yang diperlukan tersedia, agar proses jual beli berjalan dengan lancar.
 
4. Menjaga citra perusahaan
Dalam Bahasa Inggris, representative diartikan sebagai perwakilan. Artinya, sales representative juga berperan sebagai brand image yang membawa nama baik perusahaan. Peran sebagai brand image ini nggak sebatas di lingkup pekerjaan aja, melainkan juga di lingkungan sosial lain yang lebih luas. Karena itu attitude positif dibutuhkan sebagai kualifikasi untuk posisi ini, jangan sampai sikap buruk yang ditunjukkan juga ikut mencoreng nama baik perusahaan.
 
5. Update dengan perkembangan dan tren pasar
Tanggung jawab umum lainnya dari seorang sales representative adalah mengamati dan mengikuti perkembangan pasar. Sales representative harus peka akan tren dan kebutuhan konsumen. Kita tahu kebutuhan masyarakat sifatnya dinamis atau terus berubah, inovasi produk selalu dibutuhkan agar perusahaan bisa menjawab kebutuhan tersebut.

C. Skill Sales Representative
Beberapa skill yang dibutuhkan oleh orang-orang dengan jabatan yang satu ini di antaranya,
1. Skill komunikasi yang baik
Seperti yang telah disinggung di awal, seorang sales harus memiliki kemampuan komunikasi dan negosiasi yang bagus. Hal ini akan memudahkan mereka dalam membuat penawaran dan melakukan prospek terhadap klien yang dituju.

2. Harus mau mendengarkan
Selain skill komunikasi, sales representative juga dituntut untuk memiliki kemampuan mendengarkan yang baik. Entah itu berupa pertanyaan atau keluhan dari klien maupun pelanggan. Dengan demikian, sales tersebut dapat mengetahui kira-kira produk seperti apa yang sebenarnya banyak dibutuhkan oleh konsumennya.

3. Kemampuan membantu permasalahan pelanggan
Masih berhubungan dengan poin yang sebelumnya, mereka yang menjabat profesi sales harus memiliki kesabaran dan kemampuan untuk membantu permasalahan setiap pelanggan. Respons yang diberikan pun harus secara ramah agar klien atau konsumen nyaman untuk berkomunikasi.

4. Attitude yang baik
Karena sales akan mewakili perusahaan dalam bertemu dengan klien atau pelanggan, maka sangat diwajibkan bagi mereka untuk memiliki etika yang baik dalam bekerja. Baik secara lisan maupun perlakuan, seorang sales harus benar-benar bisa memberikan image yang positif terhadap konsumen.

5. Bersikap gigih
Tidak semua klien yang diprospek berakhir sesuai dengan apa yang diinginkan. Beberapa di antaranya mungkin tampak memberikan respons yang di luar ekspektasi. Namun demikian, seorang sales dilarang untuk mudah menyerah. Mereka harus memiliki sikap yang gigih dalam dirinya dan mau terus mencoba. Sebab, bisa jadi transaksi penjualan baru terjalin pada prospek klien yang ke-2, ke-3, ke-4 atau seterusnya.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 3. Interaksi Sosial dalam Dinamika Kehidupan Sosial (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas X. Bab 2. Hubungan Sosial (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.1 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Materi Ujian Nasional Kompetensi Interaksi Sosial
6. Materi Ringkas Interaksi Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Sales Representative, Tugas, dan Skillnya"