Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Laporan Realisasi Anggaran, Unsur, dan Manfaatnya

Pengertian Laporan Realisasi Anggaran, Unsur, dan Manfaatnya


A. Pengertian Laporan Realisasi Anggaran (LRA)

Laporan Realisasi Anggaran (LRA) adalah laporan yang menyajikan berbagai informasi tentang realisasi anggaran, belanja, pembiayaan, dan lain sebagainya dengan perbandingan jumlah anggaran dalam satu periode. LRA menyajikan berbagai di antaranya terkait dengan sumber, alokasi, dan juga penggunaan sumber daya keuangan yang umumnya dikelola oleh pemerintah daerah ataupun pusat.

Laporan Realisasi Anggaran menggambarkan perbandingan antara anggaran dan realisasi secara nyata dalam satu periode pelaporan. Halnya perusahaan, menyusun laporan ini dengan tujuan yang kurang lebih sama. Laporan ini dapat menujukan apakah laporan keuangan yang disajikan valid dan sesuai dengan kenyataan di lapangan.

B. Unsur Laporan Realisasi Anggaran (LRA)
Laporan Realisasi Anggaran meliputi beberapa unsur di antaranya,
1. Pendapatan-LRA
Unsur yang pertama adalah pendapatan-LRA atau penerimaan oleh Bendahara Umum Negara/Daerah. Bisa juga oleh entitas pemerintah lainnya yang nantinya menambah Saldo Anggaran Lebih dalam suatu periode tahun anggaran yang dimaksud dan menjadi hak pemerintah, serta tidak perlu dibayar kembali.

2. Belanja
Berikutnya adalah unsur belanja yang meliputi segala pengeluaran yang dilakukan oleh Bendahara Umum Negara/Daerah. Kegiatan belanja ini pada dasarnya mengurangi Saldo Anggaran Lebih dalam suatu periode tahun anggaran bersangkutan. Segala transaksi yang termasuk dalam aktivitas belanja tidak akan diperoleh bayarannya kembali oleh pemerintah.

3. Transfer
Sementara transfer merupakan penerimaan ataupun pengeluaran uang oleh suatu entitas dari dan kepada entitas lainnya. Termasuk di dalamnya dana perimbangan dan dana bagi hasil atas suatu proyek.

4. Pembiayaan
Pembiayaan atau yang sering juga disebut dengan financing merupakan setiap jenis transaksi penerimaan ataupun pengeluaran yang tidak memengaruhi kekayaan bersih suatu entitas. Segala jenis pembiayaan harus dibayar atau akan diterima kembali sesuai periode yang telah ditentukan.

Dalam penganggaran pemerintah, pembiayaan seperti ini bertujuan untuk menutup defisit atau memanfaatkan surplus anggaran. Adapun pengeluaran pembiayaan umumnya digunakan untuk pembayaran kembali pokok utang, pemberian pinjaman kepada entitas lain, hingga penyertaan modal oleh pemerintah.

C. Manfaat Laporan Realisasi Anggaran
Laporan realisasi anggaran menyajikan banyak informasi terkait pendapatan, transfer, belanja, defisit, surplus, serta pembiayaan pada suatu entitas. Informasi ini nantinya bisa dijadikan acuan untuk mengevaluasi berbagai jenis pengambilan keputusan. Antara lain meliputi pengalokasian sumber daya ekonomi, ketaatan entitas pelaporan pada anggaran, dan akuntabilitas.

Demikian, laporan realisasi anggaran mempunyai sejumlah manfaat di antaranya,
1. Menyajikan informasi mengenai alokasi, sumber, dan pemakaian sumber daya ekonomi.
2. Bisa dipakai untuk memprediksi sumber daya ekonomi untuk pendanaan kegiatan pemerintah pusat dan daerah dalam periode berikutnya.
3. Dengan adanya data laporan tersebut bisa dimanfaatkan untuk melakukan evaluasi oleh pihak pengguna laporan terhadap keputusan yang akan dibuat. Di mana keputusan tersebut diambil ketika akan menggunakan sumber daya ekonomi, akuntabilitas, dan ketaatan dalam entitas pelaporan agar proses pengelolaan uang berjalan lancar.
4. Hadirnya laporan realisasi dana tersebut memberikan rincian terhadap catatan kondisi keuangan secara menyeluruh. Sehingga hal ini bisa dijadikan sebagai sumber informasi paling akurat untuk mengetahui efektivitas perolehan pendapatan dan realisasi dari sumber daya ekonomi.
5. Laporan tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk membandingkan pendapatan dari pemakaian anggaran apakah sudah sesuai dengan peraturan UU atau belum. Laporan ini bermanfaat untuk mengambil keputusan soal alokasi sumber daya ekonomi lengkap dengan akuntabilitasnya pada periode mendatang.

Perlu diketahui, laporan realisasi anggaran juga dapat menyajikan informasi terkait berbagai perolehan dan penggunaan sumber daya ekonomi yang sudah dilaksanakan, apakah pemakaian tersebut efektif, efisien, hemat serta sesuai dengan anggaran dan peraturan dalam undang-undang atau tidak.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 4. Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.1 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.2 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.3 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 4.4 Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Kurikulum Revisi 2016)  

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Laporan Realisasi Anggaran, Unsur, dan Manfaatnya"