Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Net Operating Loss, Penyebab, Cara Menghitung, dan Dampaknya

Pengertian Net Operating Loss, Penyebab, Cara Menghitung, dan Dampaknya


A. Pengertian Net Operating Loss (NOL)

Net operating loss (NOL) atau kerugian operasi bersih adalah suatu kondisi dialami oleh suatu perusahaan yang mengalami pendapatan negatif. Saat mengalami kondisi ini maka suatu perusahaan bisa dikatakan mengalami kerugian. Sebab penghasilan atau pendapatan bersih yang diterima tidaklah cukup untuk membiayai pengeluaran termasuk pula pajak yang dikenakan pada perusahaan.

Biasanya perusahaan akan mengambil kerugian operasional bersih tersebut ke tahun pajak saat mengalami laba atau memperoleh keuntungan baik pada tahun sebelumnya maupun pada tahun selanjutnya. Dengan kata lain NOL mampu memperlancar pembayaran pajak pada tahun-tahun baik yaitu dengan menggunakan kredit pajak untuk memfasilitasi tahun-tahun yang buruk.

NOL terjadi ketika individu atau bisnis diperbolehkan memiliki pengurangan pajak dari total pendapatan kena pajak. Hal ini bisa membuat pengurangan pajak beberapa tahun ke depan, beberapa orang yang menyebut apa itu net operating loss dengan kupon. NOL memiliki cara kerja yang berbeda-beda, tergantung pihak yang membayar pajak.

B. Penyebab Net Operating Loss (NOL)
Beberapa hal atau kondisi yang dialami oleh suatu perusahaan bisa saja menyebabkan perusahaan mengalami rugi operasi bersih. Adanya kerugian yang terjadi seperti pada saat perusahaan mengalami kondisi NOL bisa saja disebabkan oleh beberapa hal misalnya seperti adanya biaya operasional untuk pengembangan usaha atau bisnis.

Dalam arti bisnis yang dijalankan bisa saja mengalami kerugian sehingga kerugian ini memicu terjadinya kerugian operasi bersih. Kondisi NOL juga bisa terjadi karena adanya kerugian yang terjadi karena hal yang tidak diduga dan tidak diharapkan.

Misalnya saja bisnis Anda mengalami kerugian karena menjadi korban pencurian atau perampokan sehingga terjadilah kondisi NOL. Atau mungkin bencana alam yang terjadi secara tiba-tiba juga bisa menyebabkan terjadinya NOL.

Selain itu kerugian bisnis atau usaha Anda juga bisa saja mengalami kerugian karena adanya kebutuhan untuk pindah. Pindah lokasi kantor baik dekat maupun jauh sama-sama membutuhkan biaya yang bisa saja cukup besar.

Biaya pindah kantor tidak semudah yang dibayangkan sebelumnya. Sebab ada banyak perlengkapan yang dibutuhkan saat Anda melakukan pindah kantor. Setidaknya seperti biaya transport atau biaya lain-lainnya yang jika dihitung secara lebih rinci ternyata membutuhkan pengeluaran yang cukup besar.

Kerugian bisnis juga bisa saja terjadi karena adanya biaya untuk sewa properti demi menunjang kelangsungan bisnis Anda. Properti yang disewa di sebuah perusahaan umumnya merupakan benda berukuran besar dan tidak bisa dipindahkan. Misalnya saja seperti alat atau mesin fotokopi yang berukuran besar dan tentunya membutuhkan biaya sewa cukup besar.

Tidak hanya itu tetapi bisa saja Anda membutuhkan properti yang cukup besar untuk membiayai properti yang disewa demi kelancaran bisnis Anda. Jika pendapatan yang diterima oleh perusahaan Anda tidak begitu besar maka bisa saja Anda mengalami kerugian sehingga berpotensi terjadinya kondisi NOL.

Oleh karena itu sebenarnya banyak sekali hal yang perlu diperhitungkan dan dipertimbangkan dalam menjalani bisnis agar tidak sampai terjadi kerugian. Sebab pada dasarnya kerugian usaha Anda bisa menyebabkan terjadinya kerugian operasi bersih.

C. Cara Menghitung Net Operating Loss (NOL)
Net operating loss dapat dibawa ke beberapa tahun ke depan. Namun, NOL yang dibawa tidak boleh melebihi 80 persen dari penghasilan kena pajak tahun tertentu. Jika NOL melebihi 80 persen dari penghasilan kena pajak, Anda bisa membawa sisanya ke tahun-tahun mendatang. Namun, NOL tetap harus dikurangkan sesuai dengan urutan terjadinya.

Di Amerika Serikat, tidak semua kondisi mendapatnya pemotongan pajak. Bisnis jual beli, korban dan pencurian dari bencana yang ditetapkan pemerintah federal, dan sewa properti adalah kondisi yang dibolehkan mengklaim NOL.

Berikut cara menghitung NOL individu. Ada seorang laki-laki bernama Andi yang merupakan pemilik toko pernak pernik. Di tahun 2020 ini dia juga bekerja paruh waktu di restoran.
Pendapatan Andi:
Gaji di restoran + bunga tabungan  = 6,000 USD + 200 USD = 6,200 USD
Pengurangan Andi:
Pengurangan toko pernak pernik= pendapatan total – pembelanjaan – pemotongan selain bisnis= 40,000 – 50,000 – 12,000 USD = 22,000 USD
Berdasarkan aturan pajak yang berlaku pada apa itu net operating loss, Andi tidak bisa menggunakan pemotongan selain bisnis, maka:
Pengurangan selain bisnis – pendapatan selain bisnis = 22,000 USD – 200 USD= 11,800 USD
Pengurangan yang sudah disesuaikan:
22,000 USD – 11,800 USD = 10,200 USD.
NOL Andi adalah= pengurangan – pendapatan= 10,200 USD – 6,200 USD = 4,000 USD
Jumlah NOL tersebut bisa BOB bawa ke tahun 2021. Dengan catatan, nilai NOL tersebut tidak melebihi 80 persen total pendapatannya di tahun 2020.

Penghitungan apa itu net operating loss tidaklah sederhana. Meminta arahan dari konsultan pajak atau akuntan adalah langkah yang tepat sebelum mengklaim NOL.

D. Dampak Net Operating Loss (NOL)
Kondisi kerugian operasi bersih sebenarnya tidak pernah diharapkan terjadi pada perusahaan. Sebab kondisi kerugian ini mengindikasikan terjadinya kerugian bisnis sehingga perusahaan Anda bisa mengalami kerugian yang berujung pada kebangkrutan.

Kondisi bangkrut ini tentu menjadi suatu mimpi buruk bagi sebuah perusahaan. Oleh karena itu proses sebuah bisnis dan usaha yang dijalankan sebaiknya dipertimbangkan dengan benar dan matang.

Biaya operasional untuk menjalankan bisnis Anda juga perlu dipikirkan dengan baik sehingga usaha Anda dapat berjalan lancar dan tidak sampai mengalami kendala dan hambatan tertentu. Sebab pada dasarnya kerugian operasional bersih atau NOL bagi suatu perusahaan merupakan jenis kerugian yang berbeda.

Sebab kerugian ini nantinya berhubungan pula dengan pajak perusahaan dan bahkan bisa saja berkaitan dengan pajak individual. Selain itu adanya NOL ini bisa menimbulkan kekacauan pada laporan keuangan dan laporan pajak pada perusahaan terkait.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Net Operating Loss, Penyebab, Cara Menghitung, dan Dampaknya"