Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Market Leader, Karakteristik, Strategi, dan Keuntungannya

Pengertian Market Leader, Karakteristik, Strategi, dan Keuntungannya


A. Pengertian Market Leader (Kepemimpinan Pasar)

Market leader (kepemimpinan pasar) adalah kemampuan untuk mempengaruhi atau mengarahkan pasar. Perusahaan yang dapat melakukannya kita sebut sebagai pemimpin pasar yang memiliki pangsa pasar tertinggi, dan sering kali jauh di atas pemain terbesar kedua. Perusahaan dapat menggunakan dominasinya untuk mempengaruhi pasar, baik harga, standar kualitas, maupun praktik terbaik.

Kepemimpinan pasar mempengaruhi arah dan intensitas persaingan di pasar. Pemimpin pasar dianggap sebagai kekuatan dominan dan menentukan harga, strategi dan intensitas promosi, serta biasanya menjadi tolok ukur bagi pesaing dalam mengembangkan strategi.

B. Karakteristik Market Leader (Kepemimpinan Pasar)
Sosok perusahaan yang menjadi market leader memiliki beberapa karakteristik umum di antaranya,
1. Mereka cenderung fokus pada pelanggan dengan berupaya memberikan apa yang dibutuhkan. Termasuk dengan menyajikan setiap inovasi progresif dari waktu ke waktu.
2. Perusahaan yang menjadi pemimpin pasar juga umumnya memiliki visi yang jelas dalam operasional mereka.
3. Mereka juga cenderung lebih fleksibel dan dapat beradaptasi dengan perkembangan zaman. Karena memang dengan cara inilah mereka akan dapat terus mempertahankan posisi penjualan serta mengikuti permintaan pasar.
4. Terakhir, perusahaan ini juga biasanya akan berinvestasi pada pekerjanya. Artinya, mereka akan sangat memperhatikan kesejahteraan karyawan mulai dari memberikan tunjangan dan bonus yang lengkap hingga pelatihan yang dapat mengembangkan potensi masing-masing pekerjanya.

Di samping itu, market leader biasanya (meski tidak selalu) juga mempunyai hal-hal berikut di antaranya,
1. Mempunyai pangsa pasar paling besar di antara kompetitornya. Tentu hal ini adalah mutlak karena tanpa market share yang besar, perusahaan raksasa sebesar apapun tidak dapat disebut sebagai pemimpin pasar.
2. Berikutnya, sosok market leader juga biasanya memiliki pengaruh besar terhadap perubahan harga pasar. Bisa dibilang mereka adalah pemicu yang dapat menyebabkan brand lain mengikuti jejaknya dengan meningkatkan harga atau menurunkannya dan membuat promosi serupa. Dilihat dari segi pemasaran, umumnya perusahaan pemimpin pasar ini juga cukup gencar dalam menjalankannya.
3. Terakhir, market leader sering menjadi sasaran atau target utama bagi brand lain untuk disingkirkan. Sebab setiap langkah ataupun inovasi yang mereka keluarkan seringkali akan diikuti atau ditiru kompetitornya yang lain. Untuk itu, mereka yang berada pada tingkat pemimpin pasar ini harus berhati-hati dan tetap konsisten menjaga kinerja perusahaannya.

C. Strategi Market Leader (Kepemimpinan Pasar)
Tiga strategi umum kepemimpinan pasar di antaranya,
1. Mengembangkan pasar keseluruhan
Dalam hal ini, pemimpin pasar mencoba untuk meningkatkan total permintaan di pasar. Itu mungkin dengan mengidentifikasi penggunaan baru untuk produk. Peningkatan permintaan pasar tidak hanya bermanfaat bagi pemimpin pasar, tetapi juga bagi pesaing secara keseluruhan. Ketika ukuran permintaan pasar meningkat, pemain menikmati potensi penjualan yang lebih tinggi.

2. Memperluas pangsa pasar
Kata kuncinya adalah meningkatkan pangsa pasar. Pemimpin pasar mungkin menggunakan pengembangan produk baru, periklanan, strategi harga, insentif distribusi, merger dan pengambilalihan, serta strategi lainnya secara lebih agresif daripada pesaing. Tujuannya adalah untuk menghasilkan penjualan yang lebih tinggi daripada rata-rata pesaing, baik melalui:
a. Akuisisi lebih banyak pelanggan baru
b. Meningkatkan pembelian berulang
c. Mengalihkan pelanggan dari pesaing

3. Melindungi pangsa pasar
Ini adalah taktik defensif, di mana perusahaan berusaha mempertahankan dominasinya. Kata kuncinya adalah pangsa pasar tidak berubah. Itu mungkin melalui promosi, distribusi, dan pengembangan produk baru secara agresif. Perusahaan bertujuan untuk mempertahankan tingkat pertumbuhan penjualan pada tingkat yang setara dengan pertumbuhan ukuran pasar.

D. Keuntungan Market Leader (Kepemimpinan Pasar)
Menjadi pemimpin pasar menawarkan sejumlah manfaat di antaranya,
1. Keuntungan lebih tinggi
Perusahaan menghasilkan volume penjualan yang lebih tinggi, yang memungkinkannya untuk menurunkan biaya melalui skala ekonomi yang lebih tinggi. Penurunan biaya dapat berasal dari beberapa sumber seperti melalui di antaranya,
a. Penyebaran biaya tetap (seperti biaya sewa mesin) ke lebih banyak output
b. Diskon dari pembelian bahan baku dalam jumlah yang besar
c. Spesialisasi untuk meningkatkan produktivitas

2. Produk perusahaan memiliki posisi yang paling menonjol di saluran distribusi
Distributor atau pengecer suka dengan produk pemimpin pasar karena permintaannya yang tinggi. Mereka tertarik untuk menempatkan produk pemimpin pasar pada rak-rak utama. Mereka juga bersedia untuk mempromosikan merek-merek pemimpin pasar.  

3. Posisi tawar yang lebih kuat terhadap pemasok.
Pemasok suka bekerjasama dengan pemimpin pasar karena dapat menjual input pada volume yang tinggi. Untuk mempertahankan kerjasama, pemasok mungkin akan menawarkan diskon atau persyaratan kredit yang lebih lunak. Bagi pemimpin pasar, penawaran semacam itu menguntungkan karena dapat mengurangi biaya.

4. Menjadi materi utama promosi
Perusahaan dapat menggunakan klaim sebagai pemimpin pasar dalam kampanye iklan dan materi promosi lainnya. Klaim semacam itu membuat konsumen lebih yakin dengan produk perusahaan. Itu pada akhirnya mempengaruhi lebih banyak konsumen untuk membelinya.

5. Menarik lebih banyak talenta
Perusahaan lebih mudah merekrut talenta-talenta terbaik. Orang lebih suka bekerja di perusahaan terbesar dan tersukses. Selain bergengsi, perusahaan mungkin menawarkan jenjang karier dan keamanan pekerjaan yang lebih baik.

6. Akses keuangan yang lebih baik
Pemimpin pasar dianggap memiliki kapasitas keuangan yang lebih baik daripada pesaing. Selain itu, investor atau kreditur menyukai perusahaan dengan pangsa pasar tertinggi karena menganggapnya menghasilkan banyak uang.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Market Leader, Karakteristik, Strategi, dan Keuntungannya"