Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Cost Leadership, Cara, Keuntungan, dan Contohnya

Pengertian Cost Leadership, Cara, Keuntungan, dan Contohnya


A. Pengertian Cost Leadership

Cost leadership strategy (strategi kepemimpinan biaya) adalah strategi perusahaan yang mengedepan struktur biaya yang lebih rendah daripada rata-rata industri. Perusahaan secara agresif mencari fasilitas yang efisien, memangkas biaya dan menggunakan kontrol biaya yang ketat untuk menjadi lebih efisien daripada pesaing.

Cost leadership merupakan salah satu strategi dalam competitive advantage. Strategi ini diteorikan oleh Michael Porter. Dengan biaya produksi yang rendah, laba bersih yang didapat tentu bisa melejit. Inilah yang akan meningkatkan angka penjualan dan market share.

Biaya rendah di sini bukan berarti dengan menghasilkan kualitas rendah. Tujuan dari strategi kepemimpinan biaya adalah untuk mengurangi biaya perusahaan di bawah pesaingnya sementara pada saat yang sama, masih menawarkan nilai yang memadai.

B. Cara Menerapkan Cost Leadership
Cara menekan biaya produksi dapat melalui beberapa langkah berikut di antaranya,
1. Investasi lewat teknologi
Misalnya Anda seorang penjahit boneka. Dengan jahitan tangan, Anda bisa memproduksi tiga boneka dalam sehari. Akan tetapi, saat membeli mesin jahit, Anda bisa memproduksi hingga enam boneka dalam waktu yang sama. Hal Ini tentu menguntungkan karena Anda bisa menjual barang lebih banyak. Dengan alasan ini, biaya produksi per boneka bisa menurun.

2. Perbanyak bahan baku dan produksi
Misalnya pada penjualan boneka, jika ada membeli bahan baku kain secara eceran, harganya tentu cenderung mahal. Hal Ini berbeda saat Anda membeli kain secara grosir. Harga bahan baku akan lebih rendah. Strategi cost leadership ini juga bisa meningkatkan pembuatan boneka yang pada akhirnya, semuanya bisa menekan biaya produksi.

3. Pilih bahan mentah yang murah
Menekan biaya bahan mentah juga bisa mengurangi biaya produksi. Meski memilih harga yang lebih murah, tak berarti kualitasnya turun. Misalnya, Anda ingin membeli bahan baku boneka. Anda memilih benang, dari pada kain. Dengan menenun kain sendiri, biaya produksi boneka menurun. Strategi cost leadership pun bisa tercapai.

4. Fokus pada satu produk
Setelah membaca poin-poin di atas, Anda mungkin berpikir bahwa strategi cost leadership hanya bisa dilakukan oleh perusahaan besar. Padahal, kenyataannya tidak begitu. Dengan memilih fokus pada satu produk saja, bisnis kecil dan menengah bisa menerapkan strategi ini.

C. Keuntungan Cost Leadership
Biaya rendah penting untuk memastikan harga lebih kompetitif dibandingkan dengan pesaing. Ini memungkinkan perusahaan untuk menjadi pemimpin pasar atau setidaknya memiliki pangsa pasar yang besar.

Pemimpin biaya terlindungi dari tekanan kompetitif pesaing karena memiliki biaya terendah. Jika perang harga terjadi, pemimpin berbiaya rendah akan menjadi perusahaan terakhir yang berdiri. Sementara pesaing lain akan terdesak dan tertekan karena margin keuntungan semakin kecil.

Namun, mempertahankan biaya terendah tidak boleh mengesampingkan nilai dan kualitas. Ketika mereka mulai mengesampingkan nilai, pelanggan dapat beralih ke pesaing, terutama ketika pelanggan menanggung biaya peralihan yang rendah.

Selanjutnya, seiring waktu, pesaing mungkin dapat mengalahkan pemimpin biaya dengan menerapkan strategi bisnis yang sama, tetapi lebih efektif.

D. Contoh Cost Leadership
1. Xiaomi. Xiaomi telah berhasil mengurangi ekses di setiap titik produksi dan juga menggunakan strategi pemasaran tanpa iklan yang mahal. Hasilnya, mampu menyediakan produk berkualitas dengan harga murah bagi konsumen.
2. Amazon. Amazon menawarkan nilai maksimum untuk pelanggannya dengan harga terendah dan membungkus bisnisnya di sekitar pelanggan di mana mereka menganggapnya sebagai portal yang dapat diandalkan untuk kebutuhan belanja online mereka.
3. McDonald’s. McDonald’s mempraktikkan pembagian kerja dengan mempekerjakan dan melatih staf yang tidak berpengalaman alih-alih koki terampil dan dengan demikian berhasil memotong sejumlah besar biaya dari gaji karyawannya.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Cost Leadership, Cara, Keuntungan, dan Contohnya"