Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Cash Flow Forecast, Fungsi, Manfaat, Langkah, dan Keuntungannya

Pengertian Cash Flow Forecast, Fungsi, Manfaat, Langkah, dan Keuntungannya


A. Pengertian Cash Flow Forecast

Cash flow forecast adalah perkiraan atau estimasi atau prediksi pada arus kas di suatu perusahaan. Cash flow berarti arus kas, sementara forecast adalah perkiraan atau estimasi. Perkiraan arus kas dilakukan perusahaan agar dapat memperkirakan arus kas di masa yang akan datang.

Perkiraan arus kas dibutuhkan demi mempertahankan kondisi keuangan perusahaan dari waktu ke waktu. Cash flow forecast sangat berarti pengaruhnya pada besarnya laba ditahan karena akan digunakan untuk membayar hutang perusahaan, modal cadangan dan bahkan untuk membiayai operasional perusahaan.

B. Fungsi Cash Flow Forecast
Cash flow forecast yang merupakan perkiraan mengenai arus kas perusahaan memang perlu dilakukan. Perkiraan ini tidak lain bertujuan untuk melakukan perencanaan yang matang. Tentunya perencanaan ini meliputi segala hal yang berkaitan dengan keuangan perusahaan. Sebab jika perkiraan arus kas ini tidaklah dilakukan maka bisa saja keuangan perusahaan akan menjadi kacau.

Bahkan bisa saja perusahaan mengalami kemunduran dan berujung pada kebangkrutan. Tentu saja hal ini tidak diinginkan oleh perusahaan mana pun. karena itu sudah seharusnya setiap perusahaan membuat perkiraan arus kas yang bisa dijadikan sebagai acuan rencana untuk ke depannya. Dengan adanya perkiraan arus kas ini maka pengelolaan perusahaan diharapkan agar dapat dilakukan dengan langkah dan upaya yang tepat.

C. Manfaat Cashflow Forecast
Dengan perkiraan arus kas yang disiapkan dengan matang, dalam hal ini proyeksi arus kas, Anda dapat melihat bulan mana yang kemungkinan besar akan mengalami surplus tunai, dan bulan mana yang dapat menghasilkan defisit. Hal ini penting dilakukan karena sejumlah alasan di antaranya,
1. Membantu mengidentifikasi masalah potensial
Kurangnya uang tunai dapat menjadi masalah besar bagi usaha kecil, tetapi memiliki perkiraan yang akurat dapat membantu Anda menemukan potensi kegagalan beberapa bulan sebelumnya, sehingga Anda dapat mencegah atau mengurangi dampaknya. Dengan mengetahui apa yang akan terjadi, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi dampak kekurangan arus kas.

Anda bisa meningkatkan penagihan utang, membuat faktur lebih awal, merundingkan persyaratan yang lebih baik dari pemasok, melakukan rekonstruksi pembiayaan ulang utang, atau menarik garis kredit dari bank Anda. Anda juga akan memastikan, memiliki uang tunai untuk membayar tagihan dan melakukan pembayaran gaji.

2. Membantu bisnis tetap untung
Jika Anda memiliki perkiraan defisit kas melalui pencatatan cashflow forecast, maka hal ini mungkin akan mempengaruhi kemampuan Anda untuk mendanai proyek pemasaran, pertumbuhan perusahaan, dan membayar karyawan yang membantu dalam mencapai kesuksesan.

3. Membantu memberi keyakinan pada pihak bank
Saat ingin mengajukan pendanaan, pastinya kreditur ingin melihat perkiraan keuangan Anda untuk menentukan kemampuan masa depan perusahaan dalam membayar pinjaman kembali. Perkiraan arus kas Anda harus berisi perkiraan pendapatan tunai Anda untuk jangka waktu yang Anda kumpulkan, bukan kredit, dan pengeluaran tunai Anda per bulan.

Dengan merekonsiliasi dua angka ini (ekstrak pengeluaran dari pendapatan tunai) Anda akan memiliki beberapa asumsi untuk dimainkan. Membuat estimasi arus kas suatu usaha memang bukan pekerjaan yang mudah, di mana Anda harus menghitung pengeluaran investasi dan arus kas masuk bersih pertahun setelah sebuah usaha dijalankan.

Karena banyaknya variabel yang terdapat di dalamnya, serta individu yang terlibat di dalamnya, membuat cashflow forecast menjadi rumit sehingga kesalahan dalam estimasi menjadi tidak terhindarkan. Untuk itu perlu adanya kerja sama antara bagian keuangan dengan bagian-bagian lainnya dalam sebuah bisnis untuk menghindari adanya bias dalam peramalan.

D. Langkah Cash Flow Forecast
Adapun beberapa langkah-langkah yang dapat dijadikan sebagai rumus cash flow forecast di antaranya,
1. Tentukan Saldo Minimum Kas Perusahaan. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah menentukan saldo minimun kas dalam perusahaan. Saldo minimum dapat berfungsi sebagai patokan standar terendah pada cash flow perusahaan Anda.
2. Menyusun Perkiraan Penerimaan dan Pengeluaran Kas Perusahaan. Langkah selanjutnya adalah Anda bisa menyusun perkiraan berapa yang menjadi penerimaan kas atau uang masuk dan berapa yang menjadi pengeluaran atau uang keluar dalam cash flow perusahaan.
3. Menyusun Perkiraan Kebutuhan Dana. Anda memulai dengan membuat perkiraan berapa yang menjadi kebutuhan dana dari hutang perusahaan untuk menutupi defisit cash flow dan dapat mengembalikan pinjaman kepada pihak ketiga seperti pihak perbankan atau perantara keuangan.
4. Menyusun Ulang Penerimaan dan Pengeluaran. Dalam menyusun ulang penerimaan dan pengeluaran cash flow perusahaan, dapat Anda lakukan setelah terjadinya transaksi dan budget kas yang final. Sehingga biaya-biaya non cash seperti depresiasi atau amortisasi tidak diperhitungkan karena Anda hanya memperhitungkan transaksi tunai saja.

E. Keuntungan Cash Flow Forecast
1. Mengetahui rencana keuangan
Melalui adanya cash flow forecast maka Anda bisa melakukan perencanaan untuk perusahaan Anda. Perencanaan ini tentunya bisa dilakukan dengan sangat matang sehingga tidak sampai menimbulkan kerugian pada perusahaan di masa mendatang. Perencanaan keuangan perusahaan sebaiknya dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak yang terkait dengannya.

Sebab pada akhirnya perencanaan ini dilakukan dengan maksud untuk memenuhi tujuan keuangan perusahaan dalam jangka panjang. Tentunya perencanaan ini dilakukan dengan mengacu pada kas perusahaan yang telah tersedia dan telah diamati. Dengan melihat kas perusahaan maka perusahaan nantinya dapat menentukan berbagai aktivitas yang akan dilakukan untuk menunjang peningkatan pendapatan pada suatu perusahaan.

2. Memperkirakan kebutuhan dana
Proses operasional perusahaan tentu membutuhkan dana. Oleh karena itu setiap perusahaan perlu melakukan perkiraan dan perhitungan kebutuhan dana. Dengan adanya perkiraan ini maka perusahaan bisa mencari sumber dana sehingga kebutuhan dana perusahaan dapat tercukupi. Berdirinya perusahaan memang membutuhkan dana atau lebih tepatnya modal. Demikian pula proses operasional perusahaan tentu tidak luput dari kebutuhan dana.

Oleh karena itu kebutuhan dana untuk perusahaan perlu diperkirakan dengan tepat. Melakukan perkiraan untuk kebutuhan dana perusahaan juga sebaiknya dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak terkait. Selain itu dalam memperkirakan kebutuhan dana ini diperlukan pula acuan agar perkiraan bisa dilakukan dengan tepat. Salah satu acuan yang bisa digunakan adalah cash flow forecast.

3. Membantu pihak manajemen
maju mundurnya perusahaan pada dasarnya dipengaruhi oleh sistem manajemen yang ada di dalam perusahaan tersebut. Sebab manajemen perusahaan pada dasarnya berkaitan pula dengan sistem pengelolaan perusahaan. Bila manajemen perusahaan baik berarti bisa dikatakan pula bahwa pengelolaan perusahaan dilakukan dengan baik. Untuk mendukung pengelolaan perusahaan yang baik maka tentunya pihak manajemen perlu mengetahui kondisi keuangan perusahaan.

Oleh karena itu pihak manajemen perlu mengetahui laporan keuangan perusahaan secara berkala agar dapat mengikuti perkembangan kondisi keuangan perusahaan. Untuk itu pihak manajemen perlu mengetahui hasil catatan atau laporan mengenai perkiraan arus kas perusahaan. Nantinya pihak manajemen akan merencanakan strategi dalam mengelola perusahaan dengan mengacu pada perkiraan arus kas.

4. Menilai kemampuan usaha
Adanya cash flow forecast sebenarnya juga dapat membantu perusahaan untuk dapat mengetahui dan menilai kemampuannya dalam mengembangkan usaha. Sebab dengan adanya estimasi mengenai arus kas tersebut tentunya perusahaan dapat mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Maka segala hal yang berkaitan dengan keuangan perusahaan dapat dilakukan secara tepat dan tidak sampai menimbulkan kerugian pada perusahaan. Oleh karena itu Anda perlu mencatat hasil perkiraan arus kas.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Cash Flow Forecast, Fungsi, Manfaat, Langkah, dan Keuntungannya"