Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Vestibule Training, Kelebihan, dan Kekurangannya

Pengertian Vestibule Training, Kelebihan, dan Kekurangannya

A. Pengertian Vestibule Training

Vestibule training adalah sebuah aktivitas pelatihan yang dilakukan oleh perusahaan pada karyawan barunya untuk terbiasa menghadapi situasi serta alur kerja dalam perusahaan tersebut. Vestibule training juga sering disebut sebagai salah satu pelatihan yang berupa simulasi operasional dalam bisnis. Di mana memang pelatihan ini akan melibatkan karyawan baru secara langsung dengan proses pekerjaan.

Mereka yang terpilih sebagai karyawan baru di perusahaan tersebut akan diminta untuk belajar mengoperasikan alat atau mesin dalam perusahaan, mengikuti SOP yang berlaku dan masih banyak lagi lainnya. Nantinya, setiap karyawan baru akan langsung diajak untuk menghadapi tugas atau tanggung jawab mereka selama bekerja di kantor tersebut.

Umumnya, pelatihan ini berjalan dalam jangka waktu beberapa hari, minggu atau bahkan juga sampai berbulan-bulan. Selama masa orientasi pelatihan tersebut, karyawan baru dituntut untuk dapat mengikuti alur kerja sesuai dengan yang diminta. Maka dari itu, saat pelatihan ini dijalankan, para karyawan baru harus benar-benar memperhatikan penjelasan serta urutan dari workflow yang berlaku.

Tujuan dari diadakannya pelatihan seperti ini adalah agar setiap kandidat karyawan baru tidak akan kaget pada saat mereka benar-benar akan diterjunkan ke dalam posisi yang sebelumnya sudah mereka pilih. Kemudian jika pelatihan ini berhasil dilalui, setiap karyawan tersebut diminta untuk beradaptasi atau menyesuaikan diri dengan workflow yang sudah berlaku dalam perusahaan serta memahami secara menyeluruh perihal teknisnya.

B. Kelebihan dan Kekurangan Vestibule Training
1. Kelebihan Vestibule Training
Keuntungan utama dalam vestibule training adalah mendapatkan tenaga kerja yang terampil, siap kerja, dan handal. Maka kegiatan operasional pun dapat berjalan lancar tanpa hambatan.  Keuntungan lain yang dapat dirasakan perusahaan di antaranya,
a. Memberikan pelatihan kepada banyak orang dalam waktu yang sama
b. Karyawan tidak perlu khawatir akan melakukan kesalahan di proses produksi, karena tahapan pelatihan ini merupakan latihan dan karyawan diharapkan lebih berkonsentrasi.
c. Proses produksi yang sesungguhnya  tidak akan terganggu karena pelatihan dan simulasi dilakukan di ruangan terpisah
d. Karyawan lebih mudah beradaptasi dan mengurangi kegugupan saat mengalami kerja yang sesungguhnya.
 
2. Kekurangan Vestibule Training
Meskipun memiliki beberapa kelebihan, pelatihan vestibule  tetap memiliki kekurangan. Aspek utama yang dirasakan perusahaan adalah biaya untuk pelatihan yang tergolong mahal. Kekurangan lainnya dari pelatihan vestibule di antaranya,
a. Biaya pelatihan yang mahal, karena perusahaan harus menyediakan pelatih yang kompeten, ruangan,  duplikasi mesin, peralatan, dan lainnya yang benar-benar serupa dengan lokasi kerja
b. Pelatihan vestibule memakan waktu karena seluruh pengaturan harus dibuat sebelum memberikan pelatihan kepada karyawan
c. Dibutuhkan kesabaran sampai karyawan benar-benar paham bagaimana cara bekerja yang baik, khususnya bagi karyawan yang berstatus sebagai fresh graduate.

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Vestibule Training, Kelebihan, dan Kekurangannya"