Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Tindakan Ekonomi, Tujuan, Motif, Jenis, dan Contohnya

Pengertian Tindakan Ekonomi, Tujuan, Motif, Jenis, dan Contohnya


A. Pengertian Tindakan Ekonomi

Tindakan ekonomi adalah tindakan yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan fisik manusia agar dapat mencapai suatu kesejahteraan. Tindakan ekonomi terjadi jika tindakan tersebut dilakukan dengan cara mempertimbangkan antara pengorbanan dan hasil  untuk melakukan pilihan yang tepat dalam memenuhi suatu kebutuhan.

Tindakan Ekonomi Menurut Para Ahli
1. Rohmatul Hamidah, tindakan ekonomi yaitu adalah segala upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
2. Rendy Andika, tindakan ekonomi yakni seluruh usaha manusia untuk dapat memenuhi kebutuhan hidup yang jumlahnya tidak terbatas. Tindakan yang dilakukan umumnya selalu dengan pertimbangan yang cukup baik berdasarkan skala prioritas untuk bisa mencapai kemakmuran hidup masing-masing.
3. Subhan El-Hafiz, tindakan ekonomi adalah suatu perbuatan yang dilakukan manusia guna mencapai titik tertentu dalam kesejahteraan. Secara umum tindakan ini dianggap sebagai cara manusia bertahan hidup dengan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

B. Tujuan Tindakan Ekonomi
1. Supaya mampu menganalisis dan kemudian membedakan hal yang menguntungkan dengan hal yang merugikan.
2. Mampu membedakan kualitas dan harga barang dan jasa
3. Mampu menentukan skala prioritas sehingga bisa membedakan barang atau jasa yang dibutuhkan dan yang diinginkan

Demikian tujuan tindakan ekonomi yang merupakan sebuah keputusan yang menentukan cara bertahan. Tujuan dari tindakan sangat penting sebab hal tersebut bisa membuat manusia lebih berhati-hati dan mempertimbangkan sesuatu sebelum mengambil keputusan.

C. Motif Tindakan Ekonomi
Secara umum, terdapat dua motif tindakan ekonomi di antaranya,
1. Motif Intrinsik. Motif intrinsik berasal dari dalam individu. Semua yang dilakukan karena kemauan diri sendiri.
2. Motif Ekstrinsik. Motif ekstrinsik berasal dari luar diri seorang individu. Jadi, yang tindakan dilakukan berdasarkan faktor eksternal.

D. Jenis Tindakan Ekonomi
1. Rasional. Tindakan ekonomi rasional  merupakan tindakan yang didasari dari yang lebih menguntungkan. Oleh karena itu tindakan ekonomi rasional biasanya untuk memperoleh suatu yang kepuasan yang maksimal.
2. Irasional. Tindakan ekonomi adalah suatu tindakan yang dilakukan setiap manusia yang menurut mereka akan menguntungkan namun hasil akhirnya merugikan. Seseorang yang bertindak irasional biasanya tidak mempertimbangkan faktor, biaya, waktu dan tenaga yang dirugikan.

E. Contoh Tindakan Ekonomi
Berikut contoh-contoh dari tindakan ekonomi
1. jika Anda membeli bahan pokok seperti beras di warung, lalu Anda pasti akan membandingkan harganya dengan warung yang lain dengan harga yang lebih murah dan kualitas yang lebih bagus. Dan setelah Anda mengetahui bawah warung sebelah lebih murah dan kualitasnya bagus pasti Anda lebih memilih untuk membeli di warung sebelah.

2. Contoh Tindakan Ekonomi Rasional
Saat ini banyak sekali yang menjual baju dengan persaingan yang ketat dan harga yang relatif lebih murah. Dengan itu Anda bisa memilih dari yang lebih bagus dan lebih murah dari yang lain. Bahkan saat ini Anda sudah bisa berbelanja online yang lebih praktis dan lebih mudah membandingkannya.

3. Contoh Tindakan Ekonomi Irasional
Ada seorang ibu yang ingin membelikan mainan anaknya di toko mainan dan setelah melihat harga mainan tersebut ibu ini mengira mainan ini sudah murah dan langsung membelinya, padahal si ibu ini belum mencoba untuk cek di toko sebelahnya yang ternyata lebih murah.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Tindakan Ekonomi, Tujuan, Motif, Jenis, dan Contohnya"