Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Paid Vacation dan Manfaatnya

Pengertian Paid Vacation dan Manfaatnya


A. Pengertian Paid Vacation

Paid vacation adalah liburan dengan tetap memberikan gaji bulanan, atau fasilitas liburan yang disediakan perusahaan dengan tetap memberikan gaji bulanan, atau bisa juga diartikan sebagai fasilitas liburan bagi karyawan dengan pembiayaan dari perusahaan. Di Indonesia sendiri fasilitas paid vacation memang masih jarang ditemui pada banyak perusahaan.

Tampaknya kebijakan tersebut merupakan kebijakan yang tidak populer diterapkan oleh HR perusahaan Indonesia. Ada banyak hal yang membuat kebijakan paid vacation jarang dibuat, yang paling umum adalah karena biaya yang di keluarkan cukup tinggi dan dapat merugikan perusahaan. Sementara perusahaan besar yang berada di luar negeri, kebijakan paid vacation telah mulai dipertimbangkan untuk dijalankan.

B. Manfaat Paid Vacation
Sebenarnya paid vacation itu tidak membuat rugi bagi perusahaan, melainkan akan ada manfaat yang bisa didapatkan di antaranya,
1. Kehidupan Kerja yang Lebih Baik dan Seimbang
Memberikan jatah liburan dengan tetap memberikan pembayaran gaji per bulannya dipercaya dapat membuat kehidupan kerja karyawan dan lingkarannya menjadi lebih baik juga seimbang. Menawarkan peraturan seperti ini secara tak langsung menawarkan cara dalam memperbaiki kehidupan karyawan yang mungkin jenuh dengan deadline pekerjaan.

Selain itu, tak kalah pentingnya perusahaan akan merasakan karyawan bakal lebih produktif dalam bekerja. Karyawan juga bakal timbul rasa memiliki yang besar pada perusahaan, karena dianggapnya perusahaan sudah memberikan sarana mereka untuk bahagia dan memiliki hidup yang layak serta seimbang antara pekerjaan dan keluarga atau kehidupan lainnya.

2. Menarik Minat Para Kandidat Karyawan
Memberikan jatah liburan berbayar bisa bermanfaat bagi branding perusahaan. Oleh masyarakat, perusahaan akan dianggap sebagai tempat bekerja yang murah hati dan menghargai keseimbangan dalam lingkup kehidupan kerja serta kehidupan pribadi.

Perusahaan akan dianggap peduli dengan kesejahteraan hidup karyawan dan secara tak langsung menarik banyak peminat untuk bergabung menjadi karyawan dan bagian besar dari lingkungan kerja yang positif dalam perusahaan.

3. Menumbuhkan Loyalitas yang Positif Bagi Perusahaan
Menerapkan peraturan berlibur sambil tetap digaji dipercaya dapat membangun loyalitas yang positif bagi perusahaan. Seperti disebutkan di atas, karyawan yang bekerja di perusahaan dengan peraturan ini dipercaya lebih bahagia dan mencintai perusahaannya. Hal ini karena karyawan merasa perusahaan adalah bagian dari hidupnya, perusahaan dianggap memiliki langkah-langkah konkret untuk menyejahterakan karyawannya.

4. Meningkatkan Produktivitas Karyawan
Seperti disebutkan oleh Huffington Post, 72 persen dari praktisi HR percaya bahwa karyawan yang mendapat jatah liburan yang layak akan lebih produktif dalam bekerja. Liburan membantu mencegah kelelahan yang dialami karyawan dalam bekerja dan kembali meningkatkan gairah dalam bekerja.

Menerapkan peraturan membayar gaji meski sang karyawan berlibur, dipercaya akan meningkatkan angka statistik produktivitas karyawan sendiri. Karyawan akan lebih bahagia berlimpah karena perusahaan dianggap menghargai hak mereka dan memiliki rencana atau strategi konkret untuk menyejahterakan mereka.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 2. Modernisasi dan Globalisasi (KTSP)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2. Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum 2013)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.1 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.2 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.3 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 2.4 Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Ujian Nasional Kompetensi Globalisasi dan Dampaknya       
11. Materi Ringkas Globalisasi dan Dampaknya

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Paid Vacation dan Manfaatnya"