Pengertian FMCG, Karakteristik, Jenis, dan Industrinya

Pengertian FMCG atau Fast Moving Consumer Goods
FMCG (Fast Moving Consumer Goods)

A. Pengertian FMCG (Fast Moving Consumer Goods)
FMCG (Fast Moving Consumer Goods) atau barang konsumen yang bergerak cepat adalah produk-produk yang dapat terjual secara cepat dengan harga yang relatif murah, dan biasanya merupakan kebutuhan sehari-hari. Meskipun keuntungan penjualan yang didapat dari setiap barangnya kecil, barang-barang ini biasanya dijual dalam kuantitas yang sangat besar sehingga keuntungan totalnya besar.

Barang-barang ini juga disebut barang kemasan konsumen. Selain itu FMCG memiliki umur simpan yang pendek karena permintaan konsumen yang tinggi (misalnya, minuman ringan dan permen) atau karena mudah rusak (misalnya, daging, produk susu, dan makanan yang dipanggang). Barang-barang ini sering dibeli, dikonsumsi dengan cepat, dihargai rendah, dan dijual dalam jumlah besar. Mereka juga memiliki omset yang tinggi ketika mereka berada di rak di toko.

B. Karakteristik Produk FMCG (Fast Moving Consumer Goods)
Merujuk pada barang-barang yang dibeli dan sering dikonsumsi oleh konsumen di keseharian, kita bisa menelaah ciri-ciri barang FMCG di antaranya,
1. Usia simpan yang pendek karena permintaan konsumen yang tinggi, contohnya minuman ringan, sereal, dan permen
2. Mudah rusak apabila dalam penanganannya tidak tepat. Begitu juga apabila waktu penyimpanannya terlalu lama. seperti daging, produk susu, dan makanan yang dipanggang.
3. Barang sering dibeli karena dengan cepat dikonsumsi oleh pembeli.
4. Harga barangnya termasuk kompetitif atau murah.
5. Dijual dalam jumlah besar.
6. Memiliki omset tinggi sebab barang tersebut selalu habis di atas rak toko.

Sementara itu, untuk kategori produk FMCG yaitu jenis barang yang tidak dapat diperbaiki sehingga barangnya memiliki umur simpan yang singkat. Waktu penyimpanan barang ini sendiri umumnya dalam hitungan hari atau tahunan, tergantung kepada jenisnya.

C. Jenis Produk FMCG (Fast Moving Consumer Goods)
Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada banyak jenis produk yang masuk ke dalam kategori FMCG. Perusahaan FMCG di Indonesia biasanya memproduksi di beberapa kategori berikut di antaranya,
1. Makanan olahan (sereal, pasta siap seduh)
2. Minuman (air putih, soda, jus kemasan)
3. Pastry (kue, snack manis)
4. Makanan beku dan segar (buah dan sayuran, french fries beku)
5. Obat-obatan (vitamin dan obat yang bisa dibeli tanpa resep)
6. Alat kebersihan (detergen pel, sabun colek)
7. Kosmetik dan perawatan pribadi (sampo, pasta gigi, sabun mandi)
8. Perlengkapan kantor (alat tulis, staples)

D. Industri Barang FMCG (Fast Moving Consumer Goods)
Karena barang-barang konsumsi yang bergerak cepat memiliki tingkat perputaran yang tinggi, pasar tidak hanya sangat besar, tetapi juga sangat kompetitif. Beberapa perusahaan terbesar dunia bersaing memperebutkan pangsa pasar di industri ini termasuk Tyson Foods, Coca-Cola, Unilever, Procter & Gamble, Nestlé, PepsiCo, dan Danone.

Perusahaan seperti ini perlu memfokuskan upaya mereka pada pemasaran barang-barang konsumen yang bergerak cepat untuk menarik dan menarik konsumen agar membeli produk mereka. Karena itulah pengemasan merupakan faktor yang sangat penting dalam proses produksi. Sistem logistik dan distribusi seringkali membutuhkan kemasan sekunder dan tersier untuk memaksimalkan efisiensi.

Paket unit atau paket utama sangat penting untuk perlindungan produk dan umur simpan, dan juga memberikan informasi dan insentif penjualan kepada konsumen. FCMG dijual dalam jumlah besar, sehingga dianggap sebagai sumber pendapatan yang dapat dikumpulkan. Volume penjualan yang tinggi ini juga mengimbangi margin keuntungan yang rendah pada penjualan individu juga.

Sebagai investasi, saham FMCG umumnya menjanjikan pertumbuhan rendah tetapi merupakan taruhan yang aman dengan margin yang dapat diprediksi , pengembalian yang stabil, dan dividen reguler.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian FMCG, Karakteristik, Jenis, dan Industrinya"