Pengertian Deplesi, Perbedaan, Tujuan, Metode, dan Manfaatnya

Pengertian Deplesi
Deplesi

A. Pengertian Deplesi
Deplesi adalah penyusutan aset karena pengurangan biaya (cost) akibat pengelolaan sumber daya menjadi bahan baku atau persediaan. Misalnya penurunan pada nilai pada barang tambang dan juga hutan kayu. Jadi, penyusutan pada suatu aset terjadi secara alami. Menghitung deplesi bisa dilakukan dengan cara mengurangkan dan juga menjumlahkan dari total aset yang diambil dari nilai cadangan sumber daya alam.

B. Perbedaan Deplesi dan Depresiasi
Meskipun deplesi dan depresiasi sama-sama digunakan untuk metode penyusutan aset tetap dalam perhitungan akuntansi, namun ada perbedaan yang menonjol dari kedua metode penyusutan tersebut. Dari bentuk aktivanya, deplesi dipakai untuk aktiva tetap yang tidak dapat diganti langsung setelah habis digunakan.

Sementara depresiasi  bisa dipakai untuk aktiva tetap yang dapat diperbaharui jika sudah habis manfaatnya. Dari bentuk perolehannya, deplesi berdasarkan pengakuan langsung dari sumber daya alam yang dijual. Sementara depresiasi hanya mengalokasikan harga perolehan aset tetap dalam penghasilan periode bersangkutan.

C. Tujuan Perhitungan Deplesi
Beberapa tujuan dari perhitungan dari deplesi di antaranya,
1. Untuk bisa mengetahui seluruh stok sumber daya setelah dimanfaatkan ataupun karena kerusakan
2. Memaksimalkan pemanfaatan suatu sumber daya.
3. Mencegah dan juga mengurangi kelangkaan sumber daya.

D. Metode Perhitungan Deplesi
Dalam metode perhitungan depresiasi terdapat beberapa metode yang dipilih dalam perhitungan penyusutannya. Deplesi sendiri memiliki beberapa aspek yang perlu diperhatikan untuk melakukan perhitungan penyusutan di antaranya,
1. Harga perolehan aktiva. Bila terdapat sumber daya alam, harga perolehannya adalah pengeluaran yang dimulai sejak memperoleh izin hingga sumber daya alam tersebut bisa diambil hasil alamnya. Bila pengeluaran tersebut memang sangat kecil, maka dilakukanlah penilaian terhadap sumber daya alam tersebut.
2. Taksiran nilai pada sisa jika sumber daya alam sudah selesai dieksploitasi
3. Taksiran hasil yang secara ekonomis bisa dieksploitasi dengan baik.
4. Deplesi bisa dihitung dari setiap unit pada hasil sumber daya alam.

E. Manfaat Mengetahui Nilai Deplesi
Menghitung berbagai macam deplesi sumber daya alam seperti halnya tambang emas, minyak, batu bara, dll. memiliki berbagai manfaat yang penting. Di antaranya adalah untuk bisa mendapatkan sisa sumber daya alam yang ada, dan juga memaksimalkan penggunaannya. Penghitungan seperti ini juga dilakukan agar mencegah kelangkaan sumber daya alam.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Deplesi, Perbedaan, Tujuan, Metode, dan Manfaatnya"