Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Brand Manager, Tanggung Jawab, Skill, dan Persyaratannya

Pengertian Brand Manager, Tanggung Jawab, Skill, dan Persyaratannya


A. Pengertian Brand Manager

Brand manager adalah sebuah posisi yang bertangungjawab terhadap image keseluruhan dari produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Mereka akan melakukan pengawasan dan memantau secara ketat trend pasar serta produk-produk kompetitif di pasar.

Brand manager bertanggung jawab untuk mengawasi seluruh proses kreatif, mengembangkan strategi pemasaran dan periklanan. Ia juga membantu membuat desain dan tata letak untuk konsep dan iklan, mengawasi kegiatan promosi, menganalisis harga dan penjualan. Mengevaluasi bagaimana brand dapat muncul ke basis konsumen yang lebih luas.

B. Tanggung Jawab Brand Manager
Terdapat lima hal yang menjadi tanggung jawab brand manager di antaranya,
1. Melindungi brand
Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk memastikan bahwa semua produk, layanan, dan lini produk yang berada di bawah brand beresonansi dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan.

2. Bekerja sama dengan berbagai bidang dalam perusahaan
Posisi ini bekerja dengan bidang marketing untuk memastikan bahwa setiap aspek dari strategi brand tepat sasaran. Brand manager juga harus berhubungan dengan departemen lain seperti keuangan, komunikasi pemasaran, penjualan, dan pengembangan produk. Hal itu dilakukan untuk memastikan gambaran strategis bisnis dan peluang pasar di masa depan.

3. Berkoordinasi dengan berbagai agensi marketing
Jika perusahaan belum memiliki bidang marketing yang menangani semua aspek, ia bertugas untuk bekerja dengan agensi marketing. Hal ini untuk memastikan agensi tersebut memahami tujuan dan pedoman brand untuk setiap proses pemasaran.

4. Berfokus pada konsumen
Apa reaksi mereka terhadap campaign? Apa yang dibicarakan konsumen di media sosial dan bagaimana orang membicarakan brand tersebut. Bagaimana perusahaan mengelola atau memantau proses ini? Brand manager harus mampu memanfaatkan riset pasar dan memantau tren pasar. Oleh karena itu, memiliki pemahaman tentang target pasar dan juga target pasar potensial adalah hal yang penting.

5. Membuat keputusan bisnis yang penting
Brand manager juga dapat memainkan peran penting dalam tim manajemen saat memberikan umpan balik dan analisis pada aktivitas brand. Misalnya, laba atas investasi apa yang terlihat dari campaign tertentu? Apa yang telah bekerja dengan baik untuk produk spesifik dari merek dan pelajaran apa yang dapat dipelajari dari orang lain? Selain itu, ia juga dapat membantu memberikan masukan ke dalam kegiatan di masa depan serta memberi umpan ke dalam membantu mendukung strategi dan arah perusahaan.

C. Skill Brand Manager
Terdapat empat skill yang harus dimiliki untuk menjadi seorang brand manager di antaranya,
1. Komunikasi
Seorang brand manager bekerja dengan berbagai bidang dan memfasilitasi kerja sama seluruh perusahaan dalam proyek branding. Oleh karena itu, akan lebih mudah jika ia memiliki kemampuan komunikasi yang efektif. Pekerjaan ini juga menuntut kamu menjawab pertanyaan dan mengklarifikasi penugasan dan tujuan untuk memastikan kohesi pesan branding yang dibuat dan dikomunikasikan dengan target pasar tepat sasaran.

2. Strategi kreatif
Brand manager harus mampu menyeimbangkan struktur dengan inovasi ketika mengembangkan strategi kreatif baru untuk memastikan efisiensi dan efektivitas maksimum terhadap strategi yang dikembangkan.

3. Analisis data
Pekerjaan ini menuntut kamu menyajikan upaya branding kepada manajemen tingkat atas yang mencakup data pendukung. Upaya branding sering kali mudah dipahami dalam istilah kualitatif. Akan tetapi, brand manager bertanggung jawab untuk menghitung tingkat konversi dan menyajikannya secara dinamis bersama dengan contoh dunia nyata untuk membuktikan efektivitas strategi.

4. Fleksibilitas
Seorang brand manager harus mampu beradaptasi dengan cepat terhadap evolusi pasar dan tren. Ia harus melakukan ini sambil mempertahankan konsistensi pesan brand. Terlebih, dengan perkembangan tren yang semakin pesat, kamu harus mampu bersikap kompetitif agar dapat bersaing dengan kompetitor.

D. Persyaratan Brand Manager
Persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa menjadi seorang brand manager di antaranya,
1. Memiliki gelar sarjana di bidang pemasaran atau bidang yang terkait.
2. Memiliki pengalaman kerja di bidang project management.
3. Memiliki keahlian untuk mengoperasikan program Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Power Point.
4. Memiliki gelar MBA atau Magister Pemasaran atau bidang terkait.
5. Memiliki pengalaman pada brand marketing yang dikombinasikan dengan marketing innovation.
 

Dari berbagai sumber

Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga  

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
2. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
3. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
4. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial dan Dampaknya (Kurikulum 2013)
5. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 1. Perubahan Sosial (KTSP)
6. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.1 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
7. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.2 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
8. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.3 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
9. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.4 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
10. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.5 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
11. Materi Sosiologi Kelas XII Bab 1.6 Perubahan Sosial dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
12. Materi Ujian Nasional Kompetensi Perubahan Sosial             
13. Materi Ringkas Perubahan Sosial

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani Untuk ilalang yang senang merentang garis-garis fantastik di langit

Post a Comment for "Pengertian Brand Manager, Tanggung Jawab, Skill, dan Persyaratannya"