Pengertian Anuitas, Jenis, Rumus, dan Contohnya

Pengertian Anuitas
Anuitas

A. Pengertian Anuitas
Anuitas adalah metode perhitungan suku bunga modifikasi dari metode perhitungan bunga efektif. Anuitas ditujukan untuk mempermudah nasabah dalam membayar jumlah angsuran tiap periode karena besar pembayarannya tetap. Umumnya anuitas dimanfaatkan dalam perhitungan bunga atas pinjaman dan bunga atas investasi jangka panjang.

Menurut ilmu ekonomi, anuitas merupakan teori keuangan yang berupa serangkaian penerimaan dan pembayaran tetap yang dilakukan secara berkala dalam suatu periode yang ditentukan. Anuitas terkait dengan perhitungan bunga, yaitu terdapat bunga flat dan efektif. Hal ini dilakukan untuk mempermudah kreditur membayar sejumlah angsuran setiap periodenya, misalnya dalam setiap bulan atau tahunnya.

B. Jenis Anuitas
Pembayaran cicilan pada kredit ataupun pinjaman ini biasanya sudah ditentukan pada waktu yang sama setiap bulannya selama masa berlangsung pada waktu kredit tersebut, jadi bisa di awal ataupun pada akhir periode. Hal ini sama dengan penerimaan imbal hasil investasi.

Maka berdasarkan waktu pembayarannya, anuitas bisa dibedakan menjadi empat jenis di antaranya,
1. Anuitas biasa (ordinary annuity), adalah suatu jenis anuitas yang mana pembayaran ataupun penerimaan berkala dalam jangka waktu tertentu terjadi pada akhir waktu periode. Contohnya, pembayaran hipotek.
2. Anuitas jatuh tempo (due annuity), adalah suatu jenis anuitas yang mana pembayaran ataupun penerimaannya berkala dalam kurun waktu tertentu yang terjadi pada awal waktu periode.
3. Anuitas tangguhan (deferred annuity), adalah suatu jenis anuitas atau penerimaan secara berkala dalam jangka waktu tertentu terjadi atau dilakukan setelah beberapa waktu periode yang sudah berjalan. Sehingga, pembayaran ataupun penerimaannya bisa ditangguhkan.
4. Anuitas langsung (immediate annuity), adalah suatu anuitas yang penerimaan atau pembayarannya dilakukan secara berkala dalam kurun waktu tertentu terjadi ataupun dilakukan secara langsung tanpa adanya penundaan dalam suatu periode.

C. Rumus Bunga Anuitas
Rumus perhitungan yang dilakukan dalam menghitung suku bunga anuitas sebagai berikut,
Anuitas = SP X i x (30/360)

Keterangan:
SP = Saldo pokok pinjaman bulan sebelumnya
i = Suku bunga per tahun
30 = Jumlah hari dalam sebulan
360 = Jumlah hari dalam setahun

D. Contoh Anuitas
1. Anuitas langsung. Salah satu contoh anuitas langsung adalah ketika Anda membeli mobil dengan cara kredit. Karena pembayaran dan penerimaannya tetap, Anda bisa melakukannya tanpa ada penundaan periode
2. Anuitas sederhana. Contoh anuitas sederhana digunakan dalam pembayaran hipotek
3. Anuitas tertangguh. Anuitas tertangguh biasanya digunakan dalam pembayaran bunga pinjaman atau penerimaan bunga deposito
4. Anuitas jatuh tempo. Contoh paling umum dari anuitas jatuh tempo adalah ketika Anda membeli produk asuransi. Anda akan diminta untuk membayar premi di awal periode sebelum bisa mendapatkan manfaat klaim dari produk asuransi yang Anda beli. Selain asuransi, pembayaran sewa juga biasanya menggunakan anuitas jatuh tempo.
 

Dari berbagai sumber

Download

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pengertian Anuitas, Jenis, Rumus, dan Contohnya"